Cara Menentukan Blog Apa Yang Akan Anda Buat


Cara Menentukan Blog Apa Yang Akan Anda BuatBagaimana cara menentukan blog yang akan Anda buat? Menentukan blog yang akan Anda buat merupakan tahap awal dalam dunia blogging.

Bila Anda masih pemula dan belum memiliki blog sama sekali, saya sangat merekomendasikan artikel ini sebagai pilar utama dalam membangun sebuah blog yang sukses.

Mari kita mulai dari nol, Saya akan mengajak Anda untuk mempelajari step by step membangun blog apa yang akan Anda buat dan bila Anda sudah siap, langsung saja ke masalah yang pertama:

1. Menentukan Konten Orisinil atau Copy Paste
Dalam dunia blogging, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan yaitu apakah Anda akan menulis artikel orisinil atau menduplikat artikel dari blog lain. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Bila Anda menulis konten orisinil, maka konten blog Anda nantinya akan mudah dioptimasi dan mesin pencari pun akan menyukai blog Anda karena artikel orisinil itu unik dan hasil buah karya sendiri.

Bila Anda menulis artikel orisinil, maka lambat laun otoritas Anda di mata pembaca dan blogger lain akan meningkat dan bukan tidak mungkin satu atau dua tahun ke depan blog Anda menjadi rujukan utama karena kualitas kontennya yang orisinil.

Hanya saja kesulitan pada blog seperti ini terdapat pada aktifitas menulis konten karena terkadang blogger kehabisan ide.

Beda halnya dengan blog yang isi kontennya berupa hasil copy paste atau menduplikat tulisan dari blog lain. Memang dalam membuat konten Anda tak akan merasakan kesulitan untuk mencari ide menulis karena blog seperti ini aktifitasnya hanya mengcopy paste tulisan blogger lain ke blog Anda.

Namun, blog seperti ini dibenci oleh mesin pencari dan blogger. Kenapa? Karena blog seperti ini melanggar hak cipta. Bahkan bila blog di isi dengan artikel copy paste bukan tidak mungkin blogger lain akan marah kepada Anda dan melaporkan blog Anda ke DMCA agar blog yang melakukan copy paste dibanned atau diblokir dari indeks mesin pencari.

2. Memilih Blog Gado-Gado atau Blog Niche Tertentu
Selanjutnya kita akan membahas topik atau dalam dunia blogging sering kita sebut dengan niche. Niche sendiri merupakan segmentasi pasar yang nantinya akan menuju ke blog Anda. Hanya saja bila Anda salah menentukan niche maka imbasnya adalah cakupan pasar yang sempit dalam hal ini pengunjung. Lantas, apakah pengertian blog niche dan blog gado-gado?
Menentukan Konten Orisinil atau Copy Paste

Blog niche adalah blog yang dibuat secara spesifik untuk membahas topik tertentu dan saling berkaitan satu sama lain. Misalnya saja blog ini, saya memilih niche mengenai blogging, maka topik yang akan saya tulis adalah topik seputar tips blog, seo, cara promosi blog, make money from blog, dan cara mengoptimasinya.

Blog niche memiliki keuntungan yang besar yaitu bila Anda cukup ahli dan menguasai niche yang Anda pilih bukan tidak mungkin kalau pembaca yang berkunjung akan menjadi pengunjung loyal. Manfaat lainnya dari niche blog adalah artikel yang ada di blog saling terkait satu sama lain sehingga bagus untuk optimasi seo.

Berbeda halnya dengan blog gado-gado yang dibuat dengan niche campuran misalnya sebuah blog berisi topik lebih dari satu: teknologi, kesehatan, lifestyle, motivasi, fashion, tips blog. Kelebihan blog ini Anda tidak pelu menguasai bidang tersebut. Namun kekurangannya adalah susah untuk dioptimasi karena artikel di blog tidak terkait satu sama lain dan susah untuk mendapatkan pengunjung loyal.

3. Pilih Keyword atau pilih label
Semenjak awal membuat blog, sebelumnya Anda harus memilih kata kunci(keyword) apa yang akan Anda isi di blog tersebut. Seperti yang telah saya uraikan pada poin ke-2 tadi, saya telah memilih kata kunci seo, tips blog, promosi blog, make money from blog, dan cara mengoptimasinya. Dengan menentukan kata kunci yang tepat pada label blog yang akan Anda buat, Anda telah melakukan optimasi seo supaya artikel yang akan Anda tulis menjadi lebih terarah.

4. Memilih Nama URL Homepage Blog
Banyak sekali blogger yang baru memulai aktifitas blogging melakukan kesalahan di awal pembuatan blog yaitu salah memilih url homepage(baca: nama blog dan url blog). Saya sarankan buat nama dan url blog yang bagus dan mudah diingat karena akan memudahkan pengunjung untuk kembali lagi ke blog Anda.

Bila Anda membuat blog yang berdomain sama persis dengan kata kunci yang ditarget misalnya jual hp murah online dan Anda menggunakan domain yang sama persis yaitu "www.jualhpmurahonline.com" maka saran saya adalah buatlah konten yang berkualitas karena google telah mengupdate algoritmanya yaitu Algoritma EMD.

5. Memilih Domain Gratis atau Berbayar?
Banyak blogger yang bingung ingin menggunakan domain berbayar atau gratis. Kelebihan domain gratis adalah Anda tidak harus membayar uang sedikitpun.

Berbeda halnya dengan domain berbayar yang menharuskan Anda membayar tiap bulan atau tahun, keuntungannya adalah nama domain blog Anda terkesan lebih professional.

Namun seyogyanya hal itu kembali kepada pribadi masing-masing tiap  orang, bila Anda lebih nyaman dengan domain gratis, tak ada salahnya menggunakan domain tersebut seperti hosting blogger.  Namun bila Anda lebih nyaman dengan domain berbayar tak ada salahnya menggunakan domain berbayar. So, Make a Choose. :)

6. Memilih Membuat Satu atau Banyak Blog
Banyak blogger menekuni aktifitas blogging yang mengelola banyak blog. Namun apakah keuntungan dan kekurangannya? Bila Anda memilih membuat banyak blog, fokus Anda akan terbagi ke banyak blog sehingga bisa membuat Anda harus membagi waktu untuk blog lainnya.

Keuntungan dari membuat banyak blog adalah bila blog tersebut ditujukan untuk bisnis online, maka bisa mendapatkan income yang besar.

Namun kekurangan pada pilihan ini adalah terlalu banyak menyita waktu, harus menulis artikel berkualitas untuk semua blog, harus mempromosikannya satu persatu. Namun, bagi Anda yang baru memulai ke dunia blogging bisa fokus dulu dengan membuat satu blog karena lebih memudahkan dalam mengembangkan dan mengelola blog.

Kesimpulan yang harus digarisbawahi dalam artikel ini supaya lebih mudah memahaminya, saya telah merincikan poin-poin yang harus menjadi fokus utama Anda. Setidaknya ada 5 poin yang dapat membantu Anda untuk membuat blog apa yang akan Anda buat, tanpa panjang lebar mari kita simak poin pertama:

1. Apakah Anda ingin menulis Konten Orisinil atau Konten Duplikat?
2. Apakah Anda ingin membuat Blog Niche atau Blog Gado-Gado?
3. Apakah Kata Kunci dan Sub Topik yang ingin Anda Bangun?
4. Apakah Nama URL Anda Mencirikan Kualitas Kontennya dan SEO Friendly?
5. Apakah Anda ingin menggunakan Domain Gratis atau Berbayar?
6. Apakah Anda ingin membuat satu atau banyak blog?

Semoga artikel yang saya buat ini dapat membantu Anda.

Selamat menekuni aktifitas blogging! :)

Click to comment