Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar User Friendly

Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar User Friendly
Bagaimana Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar User Friendly? Ini adalah tahap kedua dalam memulai aktifitas blogging.

Jika memang Anda belum terbiasa menulis sebelumnya dan merasa kesulitan itu wajar, Saya pun setahun yang lalu mengalami kesulitan serupa.

Apakah Anda harus pandai menulis untuk dapat menghasilkan tulisan yang berkualitas? Sama sekali tidak. Ungkapan "Saya tidak pandai menulis atau tulisan Saya buruk sekali" bukanlah alasan untuk tidak mampu menulis artikel yang berkualitas.

Artikel ini akan membantu Anda dalam membuat tulisan yang berkualitas yang bukan saja disenangi oleh robot mesin pencari tapi juga akan disenangi pembaca blog Anda dan maka dari itu saya memilih judul tersebut. Bila Anda sudah siap, langsung saja ke cara yang pertama:


1. Memilih Judul Artikel
Memilih judul artikel merupakan poin pertama dalam membuat artikel berkualitas. ungkapan: "Title is What You Get Click!" Ya, judul artikel yang Anda pilihlah yang akan menentukan artikel tersebut dibaca atau tidak. Bila dirasa judul artikel menarik perhatian, maka pembaca blog akan menyukainya dan ini merupakan salah satu optimasi membuat artikel yang berkualitas.

2. Menulis Intro Artikel Tentang Apa Yang Akan Anda Sampaikan
Layaknya menulis sebuah teks narasi, ada bagian pendahuluan, isi, dan penutup. Menulis di blog juga memiliki kesamaan karena keduanya merupakan aktifitas yang sama yaitu menulis. Dengan menulis pendahuluan di awal artikel, Anda telah mengoptimasi artikel tersebut. Buatlah intro yang menarik perhatian supaya pembaca tergerak membaca tulisan Anda.

3. Tulislah Artikel Yang Benar-benar Dibutuhkan Pembaca Blog Anda
Dengan memberikan artikel yang benar-benar dibutuhkan oleh pembaca blog Anda, maka secara tidak langsung Anda telah membuat pembaca blog Anda menghargai dan menyukai Anda. Artikel yang berkualitas juga akan mendorong pembaca blog Anda berpikir bahwa Anda adalah seorang "teman" yang dengan tulus memberikan informasi-informasi yang bermanfaat sekaligus dibutuhkan oleh pembaca blog Anda.

4. Berikanlah Layanan Semaksimal Mungkin
Menulislah dengan hasrat yang menyala-nyala untuk berbagi dengan pembaca blog Anda. Berikanlah layanan semaksimal mungkin kepada pembaca blog Anda misalnya balaslah komentar dan pertanyaan yang masuk ke blog Anda, berikan pembaca blog Anda pilihan karena mungkin saja ada pembaca blog Anda yang lebih nyaman membaca melalui feed. Anda bisa menggunakan layanan feed gratis dari feedburner, dengan memberikan pembaca blog Anda pilihan, maka Anda secara tidak langsung telah menjalin hubungan yang baik dengan pembaca blog Anda.

5. Pergunakan Gambar Untuk Menarik Perhatian Pembaca Blog Anda
Dengan menggunakan gambar di dalam artikel, Anda telah membantu pembaca blog Anda agar lebih mudah memahami tulisan yang Anda buat, bila pembaca tertarik dengan gambar yang Anda berikan pada halaman artikel, maka itu sudah merupakan satu langkah lebih maju dalam membuat artikel berkualitas standar user friendly dan bukan tidak mungkin pembaca blog Anda akan betah berlama-lama menghabiskan waktunya hanya untuk mambaca artikel Anda. Manfaat lainnya dari menggunakan gambar dalam artikel adalah dapat mengoptimasi seo blog Anda karena gambar bisa dioptimasi dengan cara menambahkan alt tag.

6. Berikan Nilai Manfaat Terbesar Yang Bisa Anda Tulis Dalam Satu Artikel
Dengan memberikan manfaat terbesar dalam artikel yang Anda tulis, maka Anda telah membuat hubungan yang erat dan pembaca blog Anda merasa dihargai karena kunjungannya merupakan sebuah keistimewaan yang layak dan patut disambut dengan artikel berkualitas yang Anda berikan dengan setulus hati kepada pembaca blog Anda.

Sebagai penutup, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat memberikan inspirasi untuk menulis artikel yang berkualitas. Happy Blogging! :)

Sudahkah Anda menulis artikel berkualitas yang User Friendly?

2 komentar

avatar

Terima kasih mas Agung, saya jadi tau bagaimana cara menulis artikel yang user friendly, jadi memang lebih baik menulis artikel yang user friendly saja ya, agar pengunjung blog lebih mudah memahami artikel yang kita posting :)

avatar

Dika: Sama-sama mas Dika, semoga bermanfaat ya artikelnya. :)

Click to comment