No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Apa itu Blog?

Apa itu Blog?Apa itu Blog?

Pertanyaan yang cukup bagus untuk ditanyakan oleh seorang pemula. Apalagi bagi yang belum pernah mengenal blog.

Mendengar namanya saja masih asing. Ya, hal serupa terjadi dengan saya setahun yang lalu.

Waktu itu saya menulis hanya menggunakan media buku. Hingga suatu ketika, salah satu teman saya mengikuti perlomban desain blog. berbekal rasa ingin tahu, saya menanyakan banyak hal mengenai blog kepada teman saya itu. Pada saat itu, saya termotivasi untuk memiliki blog milik sendiri.

Pertanyaan #1: Apa itu Blog?
Apa itu Blog?

Berbekal sebuah pertanyaan yang belum terjawab akhirnya saya browsing menjelajah dunia maya dengan media mozilla firefox, mengetikkan keyword "Apa itu Blog?" pada halaman mesin pencarian google dan sampailah pada halaman pertama google. Banyak blog yang memberikan informasi terkait pengertian blog. Akhirnya saya memutuskan untuk mengunjungi situs wikipedia karena terkenal dengan referensinya yang luas dan berkualitas.

Menurut Wikipedia:
"Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum."
Setelah membaca tulisan di wikipedia saya menyimpulkan bahwa blog merupakan media atau tempat kita menulis di dunia maya. Kita bebas menuliskan apa saja mengenai topik yang kita kuasai dan gemari.

Kemudian, berawal dari situlah saya menggemari aktivitas blogging. Menulis artikel blog, berkunjung ke blog lain. Hal itu sangat menyenangkan.

Pertanyaan #2: Kapan Sih Blog Pertama Kali Dibuat?

Setelah mengetahui definisi blog, saya tergerak untuk mencari tahu lebih banyak lagi mengenai sejarahnya. Ternyata blog pertama kali dikembangkan oleh Pyra Labs. Namun, pada tahun 2002 terjadi pemindahan kepemilikan karena google membelinya sekaligus mempopulerkannya menjadi sebuah situs yang tak asing lagi di telinga kita yakni blogger.com.

Blog yang dahulunya ditujukan hanya untuk dunia kepenulisan pribadi semisal diary harian yang meringkas kisah-kisah kehidupan penulisnya, kini media ini berubah dinamis seiring banyaknya pengembangan yang dilakukan google supaya penulis menjadi lebih nyaman lagi.

Blog bukan halaman berisi tulisan penulisnya saja karena kini karena pengembangan terbuka, pengunjung pun dapat mengomentari tulisan yang dibuat oleh penulisnya.

Pertanyaan#3: Apakah Blog Hanya Menjadi Ruang Personal Semata Yang Membahas Keseharian Penulisnya?

Ternyata kini blog tidak hanya sebagai ruang personal semata, malainkan kini terdapat beragam jenis blog yang menjamur di blogosphere. Mau tahu apa saja jenisnya? Yuk kita simak bersama-sama. :)

1. Traveling Blog
Blog dengan tema ini membahas segala hal tentang travel atau bila diterjemahkan dalam bahasa indonesia "jalan-jalan" So, bagi kamu yang suka traveling, kamu bisa membuat blog dengan tipe travel.

2. Food Blog
Blog ini membahas tentang aneka jenis makanan. Bagi kamu yang memiliki passion dibidang ini, tak ada salahnya membuatnya satu untuk ruang menyalurkan bakat dan berbagi pengalaman memasak dengan pembaca blogmu.

3. Politik Blog
Blog ini seperti dari namanya yakni membahas segala hal mengenai politik.

4. Fashion Blog
Blog ini fokus membahas mengenai fashion atau mode terkini.

5. Personal Blog
Blog jenis ini biasanya berisi mengenai segala hal yang sedang dipikirkan oleh penulisnya. Bisa saja berupa kisah kehidupannya sehari-hari.

6. Random Blog
Blog ini membahas banyak topik didalamnya, topik kesehatan, olahraga, games, tips blog semuanya ada disitu.

7. Niche Blog
Blog jenis yang satu ini fokus pada satu pembahasan. Misalnya blog ini, Daily Blogger Pro, yang membahas mengenai tips-tips ngeblog.

Sebagai penutup, semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk para pembaca Daily Blogger Pro.
Bagaimana pengertian blog dari sudut pandang Anda?