7 Tips Teruji Mendapatkan Ide Menulis Blog

Freepik.com
Bagaimana Saya bisa mendapatkan ide untuk menulis? 

Saya baru ngeblog dan bingung mau menulis apa di blog. 

Baik Kamu yang baru pertama kali ngeblog atau malah Kamu sudah lama menekuni aktivitas ini memiliki masalah yang sama yaitu “kebingungan menulis ide topik untuk ditulis di blog
Saya ingin mengajak Kamu membaca artikel ini sekaligus belajar mendapatkan ide menulis. Tulisan ini Saya persembahkan untuk Kamu, bisa jadi 7 tips ini dapat menginspirasi Kamu untuk terus semangat menulis dan berbagi di blogmu. :)

1. Pengalaman Pribadi
Tahukah kamu? Pengalaman pribadimu bisa diubah menjadi blog post. Pengalaman hidup kamu, merupakan salah satu jenis tulisan yang dihargai oleh pembaca. Pengalaman hidupmu bisa dijadikan pelajaran bagi mereka sekaligus meningkatkan personal brandingmu dimata pembaca.

2. Membaca tulisan blog lain
Saya sering mengunjungi blog lain untuk membaca artikel dan bersilaturahmi. Bisa jadi kamu terinspirasi oleh tulisan mereka sehingga kamu tergerak untuk menulis. 

3. Menjawab Pertanyaan
Saya pernah mendapat komentar dari pembaca, kira-kira seperti ini komentarnya:

Alhasil, lahirlah blog post dengan judul “Optimalkan jaringan pembaca blog Anda dengan widget subscribe social media all in one” Dari pertanyaan yang diajukan lewat komentar, kamu bisa menjawabnya dalam bentuk blog post.

4. Membaca buku
Ternyata hobi membaca bisa membantu kamu menemukan ide untuk ditulis di blog. Tentu saja, buku yang kamu baca harus sesuai dengan topik diblogmu. 

5. Review
Bisa jadi kamu mendapat hadiah gadget baru dari orang terdekatmu. Nah, kamu bisa merubah gadget tersebut menjadi artikel berjenis ulasan atau review.

6. How to atau Tutorial
Bila kamu ahli di bidang komputer, copywriting, atau blog kamu bisa merubah keahlianmu menjadi sebuah artikel pilar atau tutorial. Misalnya, tutorial membuat blog, cara memasang alexa rank, cara membuat e-mail di gmail, dan masih banyak lagi.

7. Hobby
Salah satu hoby saya adalah membaca tulisan genre motivasi. Saya pernah membaca tulisan di bukunya Wahyu Aditya yang berjudul sila ke-6, kreatif sampai mati. Dalam buku itu, ada terminologi unik  mengenai otak kadal dan saya berpikir “Bagaimana kalau saya buat artikel mengenai otak kadal tapi dengan versi saya yaitu untuk blogger?” Alhasil, terciptalah sebuah artikel berjudul “Lawan si otak kadal, dan jadilah blogger sukses!

Nah, sekarang Kamu sudah mengetahui cara menemukan ide menulis blog. Sekarang, pilih poin yang sesuai dengan karaktermu dan buatlah menjadi artikel. :)

Apakah Kamu memiliki cara lain dalam menemukan ide menulis blog? Jika Kamu punya, Kamu bisa berbagi tipsnya dengan Saya disini. :) 

29 komentar

avatar

Terimakasih infonya untuk sebuah artikel berisi tips pencetus ide yg hebat. Mudah dipahami dan dimengerti serta gampang utk dipraktekkan.
Sepertinya saya hrs banyak belajar dari blog mas Agung Kharisma nich :)

avatar

terkadang memang sebuah pertanyaan bisa memunculkan ID gila yang tidak terfikir kan sebelum nya , makasih atas motifasi nya mas, sangat meng inspirasi

avatar

Indri: Sama-sama Indri. Semoga tips yang saya tulis diatas bisa bermanfaat yah. :)
Terus semangat menulis ya dri. Blogging is all about writing. :)

avatar

Arie: Your welcome. Ya, saya setuju. Pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung bisa juga kita ubah menjadi artikel. Terus semangat ya kawan :)

avatar

7 Tips teruji diatas kayaknya udah pernah aku jadikan semuanya untuk ide menulis postingan artikel blog, namun beberapa minggu ini aku belum ada ide lagi tuh untuk menulis artikel.Apa karena aktifitas dan kesibukan kerja ya?
Apakah ada tips lainnya ya, Sob?

avatar

wah lengkap sekali gan :) , yang sering inspirasi datang pada waktu kita blogwalking hehe :)

avatar

Keren gan artikelnya, blognya jg bagus

avatar

Yang nomor satu favorit saya mas, Experience is the best teacher. Kebetulan blog baru saya juga belum lama mengudara di dunia maya (www.aditya-web.com). Total sementara baru 5 artikel saja yang saya terbitkan sampai saat saya menulis tulisan ini. 3 dari 5 artikel saya tersebut berasal dari pengalaman saya pribadi mas.

Insya Allah itu yang akan saya jadikan sbg personal branding untuk blog saya, walaupun tetap diselingin dengan konten2 yang mungkin sudah banyak beredar pada umumnya namun akan saya bawakan dengan gaya tulisan saya pribadi demi menjaga originalitas konten.

Saya suka dengan artikel anda mas :)

avatar

Thanks gan artikelnya... hehe saya terbantu dengan beberapa tips dari agan...
terkadang memang susah banget buat dapetin ide untuk menulis blog, sehingga akibatnya blog tidak akan terupdate dalam waktu yang cukup lama. hehe.. kalo cuma Konten asal"an mah gampang nulisnya tapi Konten yang di tulis haruslah Konten berkualitas... Saya suka banget sama templatenya gan :)) Salam Blogger... udah saya follback gan.

Cara SEO Blogger

avatar

benar bgt, inspirasi itu memang bisa datang dari mana pun, yg penting siapin aja alat tulis, biar gak keburu ilang inspirasinya :D

http://gardens-tips.blogspot.com/2013/10/tips-resep-membuat-tahu-gejrot-kuliner-khas-cirebon.html

avatar

Kang Sun: Alhamdulilah kalau 7 tips diatas sudah pernah diterapkan untuk menulis ide dan ditulis blog, mas sun sudah bagus. Kalau soal rutinitas kerja sih menurut saya bisa saja kita sedang merasa jenuh. tak ada salahnya beristirahat sejenak dari aktivitas blogging sambil memikirkan apa sih tujuan kita ngeblog? apakah untuk menghasilkan uang dari blog, apakah untuk mendapatkan banyak follower google plus, twitter, facebook, dan blogger follower. Nah, kalau mas sudah menemukan tujuan kenapa mas ngeblog insyaallah bisa termotivasi untuk ngeblog dan menulis ide-ide baru menjadi artikel bermanfaat. Tips lain ya? Baiklah, tak banyak yang bisa saya berikan, namun dari pengalaman pribadi saya setidaknya ada tips lain yang mungkin saja bisa jadi salah satu referensi mas sun atau pembaca blog ini, tips itu antara lain:

1. Mengamati situs sosial media
siapa sih yang nggak tau situs social media semacam facebook dan twitter. bergabunglah dengan grup sesuai niche kamu, dari grup tersebut pasti ada post yang bisa menginspirasi untuk mendapatkan ide baru menulis. Twitter, situs media yang memberikan usernya hanya 140 karakter, biasanya sih ada trending topic disana, kenapa tak coba memanfaatkan trend tersebut dan mengubahnya menjadi artikel blog post.

2. Whats hot?
Google memiliki fitur tersendiri yaitu google trend dimana disana terdapat topik yang sedang hangat diperbincangkan saat ini. Why not make it into your blog post? :)

3. Mengamati situs social bookmarking
tau lintas berita? disana terdapat ribuan tulisan yang bisa menginspirasi ide menulis. silahkan pilih kategori topik yang sesuai dengan blogmu, misal topik mengenai health atau kesehatan. Maka, kamu buka bagian kesehatan dan viola! akan ada banyak tulisan mengenai topik kesehatan disana dan buatlah menjadi blog post.

Semoga saran atau tips dari saya bisa bermanfaat mas. Semangat terus kang sun :)

Intan Sudibjo: Terimakasih. Bener yang mas bilang, terkadang sewaktu blogwalking kita sering mendapatkan ide untuk ditulis di blog. :)

anamsyaifulnews: makasih. :)

Aditya Nugroho: wah, ternyata poin pertama favoritnya mas aditya ya? hehe :)
ya walaupun artikel di blognya baru lima, menurut saya itu merupakan satu
pencapaian awal yang baik. Pandangan saya mengenai konten serupa yang sudah beredar sih, sah-sah saja bila membuat konten yang sudah beredar. selama kita bisa menyentuh tulisan tersebut dengan gaya kita menulis, so terus semangat nulisnya ya mas. Makasih :)

caraseoblogger.com: Terimakasih mas, alhamdulilah artikelnya bisa bermanfaat buat mas. ya saya sependapat dengan mas, kalau nulis konten asal-asalan yang kesannya asal jadi semua orang juga bisa membuatnya. Terimakasih, soal template, saya suka template yang simple, bersih dan sisanya saya modifikasi ulang lewat edit html blogger. :)

Fitriyana [Gardens Tips]: Thanks fit. yups benar, ide itu kalau nggak cepet-cepet kita tangkep dan ditulis yang ada hilang. Rugi kan? So, buat temen-temen blogger diharapkan membawa catatan kecil, karena siapa tau ide tersebut bisa datang ketika kamu tidak sedang di depan komputer. ide bisa datang ketika santai di rumah, jalan-jalan ke taman, dan masih banyak tempat lainnya. :)

All: Thanks sudah berkomentar, berkunjung di blog daily blogger pro. You are my best freinds :)

avatar

7 point diatas memang benar sekali adanya. Dan saya sering banget mempraktetkkannya untuk menulis artikel di blog. Tapi yang paling sering adalah pada poin setelah membaca artikel di blog orang lain dan pada point pertanyaan dari sahabat blogger. Terimakasih banyak atas share nya mas. Sangat bermanfaat untuk saya yang masih pemula :)

avatar

Kalo Merujuk Ke No 2 kayaknya pada ujungnya bakal ada Praktek Pengcopasan deh haha (Gue Bangett 2 Tahun lalu :D)

avatar

wahhh Bahaya Nihh ada Master Blogg yang ngaku ngaku Pemula hiihihi

avatar

iya kenyataannya memang begitu kok mas bahwa saya masih pemula, soalnya baru ngeblog awal tahun 2013. Kalau mas ainul udah pasti master, soalnya ngeblog sudah lebih dari 2 tahun. Terlihat dari komentar mas ainul dibawah ini hehe :D

avatar

Wahyu: oh, jadi kamu menerapkan poin ke 2 dan 3. alhamdulilah bisa bermanfaat tulisannya. :)

Ainul: terjadi atau tidaknya plagiasi itu tergantung blogger itu sendiri. bila dia memiliki etika, dia tidak akan copas. tapi mennurut pandangan saya, lebih baik menulis sendiri selagi mampu. kalau bisa sendiri kenapa nggak?

wahyu and ainul: pemula dan master, diantara keduanya terdapat jurang pemisah yang jauh. Bila kita menekuni aktivitas blogging, lambat laun kita juga akan menjadi master di bidang kita. kalau meninjau blog cara-ririn, perkembangannya sudah bagus karena jumlah post yang sudah ditulis cukup banyak. untuk ainul yang sudah ngeblog selama 2 tahun, saya pikir sudah punya banyak pengalaman blogging yang mumpuni. :)

avatar

Kalau udah jadi master, jadi malas mau belajar ya mas. Saya malah lebih suka jadi pemula, sehingga ingin belajar terus agar bisa lebih pintar dari sebelumnya ^^

avatar

Wahyu: Pemula bisa diibaratkan dengan anak kecil yang serba ingin tahu. Kepolosannya akan haus informasilah yang bisa membuat kita terus, terus, dan terus belajar. So, menurut saya pribadi. Bukan kita yang menyebut diri kita master. tapi orang lainlah yang menyebut kita master. Kalau kita puas dengan ilmu yang sekarang kita miliki maka bukan tidak mungkin kita akan tertinggal. :)

avatar

wah, mantap sob penjelasan nya, klo saya biasanya sih yang no 6, setelah baca artikel nya sobat ini saya jadi lebih mudah untuk mencari ide2 untuk menulis artikel, thanks sharing nya sob :)
follback blog saya ya sob, blog nya sobat udh saya follow, hehe :)

dikaeuphrosyne.blogspot.com

avatar

jujur banget sih mas :D

avatar

untuk mendapatkan ide menulis buat saya susah-susah gampang. lebih banyak susahnya ding....hihihi karena saya tidak ada bakat dalam hal tulis menulis.
7 point di atas bisa dijadikan referensi buat blogger pemula seperti saya. sangat membantu sekali :)

avatar

Dika: Oh mas dika suka nulis tentang artikel pilar ya? hehe. membuat artikel how to memang sangat mudah mas dan tentunya sangat bermanfaat untuk pembaca blog kita.

Blognya udah sukses saya follback. :)

Makasih mas dika udah baca artikel "7 Tips Teruji Mendapatkan Ide Menulis Blog"

avatar

Kang Ucup: Kalau kita sering menulis, maka lama kelamaan kita juga bakalan mahir kok mas. semakin kita terbiasa menulis, semakin mahir kita nantinya. Terus semanget nulis di blognya ya mas.

Makasih ya Kang Ucup udah baca artikel "7 Tips Teruji Mendapatkan Ide Menulis Blog"

avatar

Assalamu'alaikum...

hehehe...ide banyak...cuma ga bisa cara menuangkannya dalam tulisan...terkadang apa yang kita tulis itu membuat orang binung....^_^....harus banyak belajar dari buku or baca postingan orang lain seperti kata Kang Agung.

Makasih kang infonya...sangat bermanfaat untuk saya yang pemula ngeblog...

avatar

Maryatul Kibtiyah: Walaikumsalam

Latihan aja mbak, semakin sering latihan nanti juga kita terbiasa.

Okeh sama-sama. :)

avatar

thanks ya infonya soalnya saya baru bwt blog gak tau apa yang harus ditulis

avatar
This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Arthur Henry: Iya sama-sama sob, terus belajar ya sampe bisa jadi pro blogger ya kawan. :)

avatar

Photography: Maaf gan, komentar Anda saya hapus karena ada link aktifnya, mohon dimengerti, terimakasih.

Click to comment