3 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menonaktifkan Moderasi Komentar di Blog Milikmu

Pernah tidak kamu menemukan blog yang menerapkan moderasi komentar? Saya yakin, kamu pasti pernah atau bahkan tahu blognya. Blogger mana yang tak mau blognya ramai dengan komentar dari pembacanya? Jawabannya pasti semua berkata: "Ya" namun dalam prakteknya tetap ada saja yang menerapkan fitur moderasi komentar, bukannya saya melarang, namun dibalik hal itu semua ada dampak negatif yang akan menciderai hati pembaca atau sahabat bloggermu yang ingin sekedar berinteraksi denganmu. Baiklah, mari kita bahas ke-3 alasan tersebut.
3 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menonaktifkan Moderasi Komentar di Blog Milikmu
3 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menonaktifkan Moderasi Komentar di Blog Milikmu

1. Mematikan budaya berkomentar

Blogger mana coba yang tidak mau blog miliknya menerima banyak komentar? Semuanya pasti mau, termasuk saya juga. Untuk blog ini saya tidak menerapkan moderasi komentar, jadi kamu bebas berinteraksi dengan saya mengenai topik yang dibahas di blog ini. 

Bila kamu ingin membangun sebuah kultur budaya berkomentar, seharusnya kamu pikirkan dahulu baik-baik, kalau moderasi komentar diterapkan sama saja kamu tidak berniat untuk berinteraksi dengan pembaca blogmu, cobalah matikan moderasi komentar sehingga pembaca blogmu mau dengan senang hati meluangkan waktunya untuk berkomentar di blog milikmu.

2. Membuat Pembaca Enggan Berkomentar


Betapa tidak? Blog yang menerapkan moderasi biasanya khawatir dengan dampak seo di blognya karena dewasa ini memang banyak terjadi penyalahgunaan fitur komentar di blog seperti spamming comment. 

Dan tidak hanya itu, untuk memperkuat proteksi maka blogger tersebut menambah capatcha sehingga ia yakin bahwa yang menulis komentar bukanlah robot melainkan manusia. 

Saya pikir hal itu akan membuat pembaca menjadi semakin merasa enggan untuk menulis komentar di blog tersebut.

3. Membuat Pembaca Menunggu Komentarnya Diterbitkan di Blog Tersebut.


Saya pernah melakukan blogwalking dan meninggalkan sebuah komentar di blog tersebut. Seperti yang dibahas dalam artikel ini, blog tersebut pun menerapkan moderasi komentar. 

Setelah saya menuliskan komentar, maka akan ada notifikasi atau pemberitahuan "komentar anda akan muncul setelah dimoderasi.

alhasil saya harus menunggu lama kapan komentar tersebut akan muncul, dan kapan akan dibalas oleh pemilik blog tersebut. Bisa besok, bisa minggu depan, bisa bulan depan atau bahkan tahun depan. 

Dan bagian terburuknya ialah, ketika moderasi komentar diaktifkan, maka pembaca akan lupa di tulisan mana sebelumnya ia meninggalkan komentar dan tentu hal ini merugikan bagi blogger karena mempersulit pembaca blog.

Bukankah blog merupakan tempat umum dimana setiap pembaca memiliki hak untuk berkomentar? Moderasi komentar menurut saya pribadi perlu dinonaktifkan pasalnya ada dampak buruk yang membuat pembaca blog kita sulit berkomentar dan nantinya akan berdampak pada blog kita sendiri.

Jadi, apakah Kamu akan menonaktifkan moderasi komentar blogmu?

14 komentar

avatar

PERTAMAX

sangat bermanfaat sob

avatar

benar sob, selain itu terkadang repot juga jika harus menerbitkan setiap komen yang masuk

avatar

Sependapat, Sob...untuk itulah mengapa diblog aku juga aku nonaktifkan moderasinya, jangan lupa mampir ya di blog aku, dijamin komentar akan lgsg muncul, ahi hi hi....

avatar

Untuk teman2 blogger lain ditunggu ya kehadirannya, yuk main ke t4ku, nggak ada moderasi komentar loh, he he...
Untuk sobat Daily Blogger, nice shared, Sob...sukses selalu blognya!

avatar

awhnymous: terimakasih sudah berkunjung kawan. Oh ya, blog milikmu menggunakan moderasi komentar nggak?

avatar

Arie Gond3s: merepotkan bukan kalau harus menerbitkan setiap komentar yang masuk? bayangkan bila blog kita terdapat 500 komentar masuk pastinya akan cukup melelahkan untuk menerbitkannya. hehe :)

avatar

Kang Sun: Saya juga tidak menerapkan fitur moderasi di blog ini, karena saya pikir fitur moderasi kurang bagus untuk diterapkan di blog ini mengingat banyaknya dampak negatif dari fitur tersebut. :)

avatar

blog-kangsun: Okeh, nanti saya akan mengunjungi blog sobat dan berkomentar disana. :)

avatar

Setuju, Mas. Sejak awal saya juga tidak menggunakan moderasi komentar. Yang paling tidak saya suka biasanya sudah cape ngetik captcha, ditambah lagi menunggu moderasi. :D

avatar

Rasito Rastam: Alhamdulilah ada yang sependapat dengan pandangan saya. sama sih, saya malah kurang suka kotak komentar yang berisi capatcha masalahnya niat kita itu baik yaitu berkomentar namun capatcha tersebut terasa menyusahkan ditambah kalau loading internet sedang tidak bersahabat, pasti gambar yang berisi tulisan acaknya tidak akan muncul.

avatar

Kalau menurut saya sih tergantung situasi dan kondisi untuk memasang moderisasi ini. Kalau kita ngeblog 1 bulan sekali atau 2 minggu sekali, kita perlu mengaktifkan moderisasi ini, soalnya untuk meminimalisasi komentar spam.

Namun, kalau kita ngeblog tiap hari, saya kira tidak perlu pakai moderisasi, karena hanya akan menghabiskan wakt kita untk menyetujui setiap komentar yang mask :)

Yang paling saya benci adalah kode verifikasi capcha :)

avatar

Wahyu Eka Prasetiyarini: sebenarnya semua kembali kepada paradigma blogger masing-masing apakah perlu atau tidak moderasi komentar diterapkan diblog, namun untuk saya yang saat ini masih aktif blogging tiap hari atau setidaknya 2 hari sekali rasanya moderasi komentar belum begitu dibutuhkan, maka dari itu saya menonaktifkan fitur tersebut.

Aha! I agree with you. I dislike capatcha too because it makes me tired. Serasa kita itu kurang diberi keleluasaan untuk berkomentar, memang sih bagus menggunakan capatcha untuk kepentingan minimalisir spam namun bila sahabatnya yang ingin berkomentar tentunya kita akan memberikan yang terbaik dong dan melepas verifikasi capatcha tersebut dari blog.

avatar

Kalau menurut saya tanpa moderasi blog jika blog tersebut nofollow sudah aman sob dari spammers...

avatar

anggi al: Iya memang nofollow gan dan ada lebih baik lagi berjaga-jaga supaya terhindar dari spammer.

Click to comment