Kunci Sukses Make Money From Blog: Content, Traffic, Pre-selling, dan Monetize (Pilar CTPM)

Kunci Sukses Make Money From Blog: Content, Traffic, Pre-selling, dan Monetize (Pilar CTPM)
Tahukah Kamu apa itu pilar CTPM? Apabila Kamu yang menekuni aktifitas ngeblog untuk menghasilkan uang, beruntunglah karena artikel ini adalah salah satu kunci utama yang banyak diterapkan oleh para blogger professional khususnya di Indonesia.

Aktifitas ngeblog kini di Indonesia sudah seperti trend tersendiri yang semakin berkembang hal itu ditandai dengan banyaknya komunitas blogger di nusantara.

Sekarang ngeblog tidak hanya diakrabi oleh anak muda saja bahkan orangtua, muda, dan anak-anak pun kini memiliki blog. Ngeblog dan dapat uang apa salahnya? Menarik rasanya bila kita bisa menghasilkan uang hanya karena hobi kita yakni blogging. :)

Terus terang saya selalu miris menemui pola pemikiran menyesatkan yang menganggap bahwa make money from blog itu gampang. Kita hanya tinggal membuat blog, daftar ke situs ppc seperti Idblognetwork, kliksaya, lalu memasang iklannya di blog dan uang pun ditangan. :(

Mohon maaf, sayangnya make money from blog itu tidak gampang, susah malah dan penuh perjuangan serta kerja keras.

Memang banyak artikel di internet yang menyajikan cara cepat menghasilkan uang dari blog namun tetap saja, terlalu banyak informasi yang ada kita bingung harus mengikuti tutorial yang mana. Nah, pilar ini diharapkan dapat membantu Kamu untuk dapat menemukan jalan yang tepat dalam meraih impianmu yakni make money from blog.

Pilar CTPM adalah kunci sukses yang bisa Kamu ikuti dengan mudah untuk menghasilkan uang dari blog. Teori yang digagas oleh Ken Evoy, pendiri SiteSell.com dan SiteBuildt, ini bisa Kamu terapkan baik bagi Kamu yang baru menekuni aktifitas ngeblog maupun yang sudah lama menekuni aktifitas blogging.

Pilar CTPM terdiri dari 4 pilar yaitu:

1. Content
Pada pilar pertama ini Kamu diharuskan untuk memperkuat seo on page blog mu khususnya pada penyediaan artikel karena blog tanpa artikel tak bisa memberi banyak manfaat kepada pembacanya. Maka dari itu, hal pertama yang harus Kamu pikirkan adalah bukanlah PROGRAM monetisasi apa yang harus Saya pilih, melainkan KONTEN seperti apa yang harus Saya tulis.

Content first. Monetization later.

2. Traffic
Konten adalah raja, namun konten bukanlah segala-galanya. Dalam dunia blogging, konten yang bernilai tinggi dan bermanfaat tidak cukup sebagai ukuran kesuksesan monetisasi blog. Konten yang bagus, sempurna, tidak dengan serta merta dapat menarik pembaca. Ya, menarik traffic ke blog milikmu adalah langkah kedua yang harus kamu lakukan setelah menulis konten yang bagus.

3. Pre-Selling

Building a blog is all about building relationship

Mana yang kamu pilih: Pemilik blog yang selalu membalas komentar di blog miliknya atau pemilik blog yang acuh tak acuh dan tidak pernah membalas komentar dari pembaca blognya?

Saya tidak tahu jawaban Kamu apa, namun bilamana Saya diizinkan untuk memilih, maka Saya akan memilih pemilik blog yang pertama. Kenapa? Barangkali bukan karena konten artikel mereka lebih baik, namun lebih karena mereka melayani dengan hati. Mereka melayani dengan kehangatan dan ketulusan dalam merespon komentar dari pembacanya sehingga pembaca merasa dihargai. :)

4. dan Monetize
C-T-P- Sekarang M! Ya, Monetize. Bila Kamu sudah mencapai tahap ini, berarti Kamu sudah membuat konten yang bermanfaat, dan dibutuhkan pembaca blogmu, Kamu juga telah mendatangkan traffic ke blog milikmu, serta Kamu juga sudah melakukan Pre-Selling dengan membangun kepercayaan dan kredibilitas di mata pembaca blogmu. Nah, sekaranglah saatnya untuk merubah aliran traffic blogmu menjadi aliran penghasilan. Kamu bisa memonetisasi blogmu dengan berbagai macam cara seperti affilate, iklan mandiri atau PPC (Pay Per Click). Bila kebetulan ternyata Kamu menyukai dan ingin menekuni bisnis online pay per click, Kamu bisa mendaftarkan blogmu di situs ppc lokal yang ada di Indonesia seperti Idblognetwork, Kliksaya, dan Kumpulblogger.

Namun, jika Kamu telah memiliki mindset yang benar bahwa diperlukan usaha yang keras untuk menghasilkan uang dari blog, ulet, sabar, dan persisten untuk mencapainya, menghasilkan uang lewat blog pastinya bukanlah sesuatu yang mustahil.

Kuncinya: Berikanlah manfaat terbesar kepada pembaca dengan fokus dengan pembuatan konten blog yang bermanfaat (C), selanjutnya fokus dalam mendapatkan trafik blog (T), yang ketiga fokus pada pembangunan personal branding untuk mendapatkan kepercayaan dari pembaca blogmu (P), Barulah Kamu bisa memonetisasi blog (M).

Bagaimana menurut Kamu?

24 komentar

avatar

Iya saya setuju dengan poin-poin di atas, semua perlu kerja keras untuk menghasilkan uang. Tidak semudah seperti membalikan telapak tangan :D

avatar

semua butuh perjuangan
hehe iya kan gan ?

avatar

Artikel ini sangat mantap, kendalanya ada cara meningkatkan pengunjung.

avatar

Adhy Suryadi: Seyogyanya dalam mencapai apa yang menjadi impian :)kita, perlu adanya kerja keras sehingga impian tersebut dapat terwujud. :)

avatar

Muhammad Zacky: iya betul ki, karena perkembangan blog kita dinilai berdasarkan seberapa keras kita berjuang. :)

avatar

ikerenki: Memang traffic merupakan poin yang penting, namun jangan menjadikan hal tersebut dalam mindset kita sebagai kendala, karena bila kita terus menganggapnya kendala, maka ekspektasi kita akan terus menganggapnya kendala sampai kapanpun. Seharusnya yang harus kita lakukan adalah menghadapi traffic itu sebagai sebuah tantangan yang harus ditaklukkan dengan berbagai macam cara promosi, bisa dengan article marketing, submit ke direktori blog, facebook, twitter, google plus, dan media promosi lainnya. :)

avatar

iya sob, setuju banget cari uang dari blog itu tidak gampang butuh perjuangan tidak semena-mena buat blog daftarin ppc trus uang ngalir sendiri, tapi tidak semudah itu, bener gk sob???

avatar

sangat setuju sekali sob, aku aja utk menulis satu postingan saja, itu membutuhkan wkt pemikiran sekitar 2 sampe 3 hari, dan menentukan tema utk postingan berikutnya biasanya aku tentuin setelah post terbaru aku publish. biasanya aku mencari konten apa yg lg laris di mesin pencarian, nah konten itu yg seringkali aku singgung. bnr kata kamu sob, gampang2 susah, rasa senang timbul saat traffik meningkat, tp rasa was2 timbul saat trafik mulai menurun.

intinya sih, konten memang jd hal yg utama. thanks sob atas semua informasinya :)

avatar

Artikel yang sangat bermanfaat sob dan memotivasi untuk terus berusaha keras agar dari ngeblog bisa menghasilkan uang. Walapun butuh proses yang mungkin bisa memakan waktu yang cukup lama juga :)

avatar

saya juga setuju dgn point2 diatas mas,,, apa lagi trafik merupakan hal penting yang saya cari2 sejak dulu, hihihi :)

avatar

kunjungan balik gan, makasih atas follownya dan blog ini pun sudah saya follback

avatar

awhnymous X: iya benar sob, semua butuh kerja keras (hardworking), tanpa itu, kita tak akan menggapai sedikit pun kemajuan karena kemajuan berasal dari setiap kerja keras kita. :)

avatar

Penghuni 60: ya begitulah kehidupan seorang blogger sakarang sob. Kita dituntut agar lebih produktif lagi dalam memenuhi kebutuhan pembaca, content is king. Ketika kita telah memenuhi kebutuhan konten pembaca, maka trafik pun akan mengikuti.

Iya sama-sama. semoga bermanfaat sob. :)

avatar

Marnes Kliker: iya, sama-sama sob, senang rasanya bila artikel yang saya tulis dapat memotivasi pembaca blog ini. Blogging is all about hardworking. :)

avatar

Indri Lidiawati: semua blogger pastinya ingin mendapatkan banyak trafik, namun kita juga harus ingat bahwa kita juga harus membuat post yang update sehingga pembaca betah berlama-lama di blog milik kita. Kalau reputasi blog kita sudah bagus di mata mesin pencari maupun pembaca, sudah dapat dipastikan trafik pun akan meningkat. :)

avatar

Holidan Sp: Terimakasih sudah mefollow back blog ini ya sob. Salam blogger. :)

avatar

Punya saya udah memenuhi syarat belum ya, kayaknya cukup ribet juga ya...

avatar
This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Tank infonya.......sangat menarik, jarang saya baca sebuah artikel sampai habis, tapi artikel ini sya baca sampai selesai . apalagi sy msih belajar ngeblog nickh

avatar

Yobert Parai: Nggak ribet kok, mudah malah, kuncinya satu yaitu lakukan sungguh-sungguh dan kerja keras. :)

avatar

maaf, saya tidak suka dengan spammer jadi semua komentar Anda telah saya hapus dari blog ini.

avatar

Cartim Prasetya: Iya sama-sama, senang rasanya bisa membantu Anda. Oh ya? kalau Anda bisa membacanya sampai selesai bagus itu artinya artikel ini bisa memberi manfaat lebih dan menarik, terimakasih atas kunjungannya yah. :)

avatar

blog agan sudah saya pasang di tmpat saya.
ditunggu kunjunganya n follbacknya mas bro..
http://perumnas3.blogspot.com/

avatar

Tito Mismanto: terimakasih atas kunjungannya.

Click to comment