Guessing Games: Cara Mudah Menghafal Kosakata Bahasa Inggris

Metode Menghafal Kosakata Bahasa Inggris Dengan Mudah Dan Menyenangkan: Guessing Games
Photo via Visual Hunt

Ketika kamu belajar bahasa Inggris, kamu pasti memiliki kamus, menghafal kata-kata dalam kamus terkadang sulit dan membosankan sampai-sampai kamu tertidur. 

Pertama, kosakata dalam kamus itu terlalu banyak, padahal tidak semua kosakata kita gunakan dalam keseharian. 

Kedua, kamu bisa bosan dan mengantuk karena menghafal dalam waktu lama bisa membuatmu jenuh. Alih-alih kata-kata itu terekam dalam memori namun yang terjadi adalah sebaliknya, lupa.

Ceritanya, ketika saya menempuh pendidikan di sekolah dasar, saya mendapatkan mata pelajaran bahasa Inggris di kelas 4. Saya dan teman-teman sangat senang dengan pelajaran ini, karena terlalu senang, kami sering ngobrol mengenai mata pelajaran bahasa Inggris. 

Suatu ketika saya dan teman-teman bersepakat untuk menghafal kosakata bahasa Inggris sebanyak-banyaknya, siapa yang hafal lebih banyak dibanding teman-teman yang lain, dialah pemenangnya. Gamesnya simpel, kira-kira seperti ini percakapan kami sewaktu di kelas:

Arip: Gung, coba tebak, apa bahasa Inggrisnya semangka?
Gue: Gampang rip, bahasa Inggrisnya semangka itu watermelon.
Arip: Oke, jawaban lo bener. Gantian lo yang nanya gue sekarang.
Gue: Apa bahasa Inggrisnya buah mangga?
Arip: Mango!

Oke, cerita ilustrasinya saya sudahi sampai disitu, kalau tidak, artikel ini akan jadi tulisan terpanjang di blog ini karena memuat ratusan kosakata bahasa Inggris, hehe. :)

Games diatas, kami sebut dengan nama Guessing Games. Aktifitas ini kami lakukan terus dan terus sampai kelas 6, karena kebiasan inilah, kosakata kami tentang bahasa Inggris meningkat. Bahasa itu erat dengan kebiasaan, karena kami terbiasa melakukan games itu, kemampuan kosakata kami semakin membaik, metode ini terbilang efektif untuk menghafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris untuk saya dan teman-teman. Semoga metode ini bermanfaat ya.

Bagaimana menurutmu?

2 komentar

avatar

wah cara yang unik nih buat belajar. saya juga pernah pake cara ini dengan berbagai variasi permainan lainnya. namun sayang kurang konsisten.

avatar

ISyamsun u.s.a:

Well, thanks. Coba buat lebih konsisten lagi ya, kan kalo konsisten bahasa Inggrisnya bisa meningkat, good luck.

Thanks for reading: Metode Menghafal Kosakata Bahasa Inggris Dengan Mudah Dan Menyenangkan: Guessing Games di blog Daily Blogger Pro ya. :)

Click to comment