Cara Menanyakan Dan Menyatakan Waktu Dalam Bahasa Inggris - Daily Speaking #6

Loading
Cara Menanyakan Dan Menyatakan Waktu Dalam Bahasa Inggris - Daily Speaking #6
Cara Menanyakan Dan Menyatakan Waktu Dalam Bahasa Inggris - Daily Speaking #6
Photo via Visual hunt

Kalau kamu sedang studi kuliah di luar negeri khususnya negara yang berbahasa Inggris, percakapan menanyakan waktu dalam bahasa Inggris umum dilakukan oleh masyarakat sekitar. Bisa saja ponselmu baterainya habis sedangkan kamu sedang buru-buru harus mengumpulkan tugas tepat waktu, kamu tentunya akan bertanya mengenai sekarang jam berapa pada orang sekitar.

Dalam artikel ini, saya ingin berbagi ilmu mengenai cara menanyakan dan menyatakan waktu dalam bahasa Inggris. Iya, memahami frase dan ungkapan dasar menanyakan dan menyatakan waktu dalam bahasa Inggris akan sangat membantumu, apalagi bila statusmu sekarang adalah mahasiswa internasional yang kuliah di luar negeri, pelajar bahasa Inggris pun baik yang masih sekolah, kuliah, karyawan dan masyarakat umum akan merasakan manfaatnya apalagi tahun ini masyarakat ekonomi asean (MEA) sudah diberlakukan di kawasan negara yang tergabung ASEAN, salah satunya, Indonesia.

Cara Menanyakan Waktu Dalam Bahasa Inggris

What is the time? - Jam berapa sekarang?

Do you have watch? - Jam berapa sekarang?

What time is it now? - Jam berapa sekarang?

What time is it right now? - Jam berapa sekarang?

Do you know what time is it? - Apakah kamu tahu jam berapa sekarng?

Have you got the time? (informal) - Jam berapa sekarang?

May I know what time is it? (formal) - Bolehkah saya tahu jam berapa sekarang?


Cara Menyatakan Waktu Dalam Bahasa Inggris

Ketika seseorang bertanya padamu jam berapa sekarang dalam bahasa Inggris, kamu  pasti akan segera melihat jam di tangan atau di ponselmu, iya kan? Tapi bagaimana cara menyatakan waktu dalam bahasa Inggris sehingga kamu bisa menjawab pertanyaan dari orang lain? Simpel, berikut  ini cara menyatakan waktu dalam bahasa Inggris:

Pertama, bila jarum panjang jamnya tepat di angka 12, misal, jam 9 tepat, kamu bisa menyatakan waktu dalam bahasa Inggris dengan ungkapan ini:

It is nine o'clock.

Kedua, bila jarum panjangnya lewat 15 menit,  misal jam 9.15, kamu bisa menyatakan waktu dalam bahasa Inggris dengan ungkapan ini:

It is quarter past nine.

Ketiga, bila jarum panjangnya lewat 30 menit, misal jam 9.30  kamu bisa menyatakan waktu dalam bahasa Inggris dengan ungkapan ini:

It is half past nine

Keempat, bila jarum panjangnya lewat 45 menit, misal 9.45,  kamu bisa menyatakan waktu dalam bahasa Inggris dengan ungkapan ini:

It is quarter to ten.

Kelima, bila jarum panjangnya lewat 50 menit, misal 9.50, kamu bisa menyatakan waktu dalam bahasa Inggris dengan ungkapan ini:

It is ten to ten.

Keenam, berbeda dengan sebelumnya, kalau waktunya 9.32,  kamu bisa menyatakan waktu dalam bahasa Inggris dengan ungkapan ini:

It is 28 minutes to ten.

Terakhir, bila jarum panjangnya lewat 58 atau 59 menit, itu berarti hampir berganti jam, misalnya 9.58,  kamu bisa menyatakan waktu dalam bahasa Inggris dengan ungkapan ini:

It is almost ten. 
 
Bagaimana materinya? Mudah bukan? Jadi kesimpulannya, kita menggunakan kata "past" bila jarum panjangnya tidak lewat lebih dari 30 menit. Lalu, kita menggunakan "to" ketika jarum panjangnya lewat dari 30 menit.

Sebagai informasi tambahan, untuk menanyakan dan menyatakan waktu biasanya kita menggunakan sistem dua belas jam. Format ini biasa digunakan di Eropa dan Amerika.

Format waktu yang biasa kita gunakan untuk membedakan siang dan malam dalam satu hari adalah AM dan PM. AM (ante meridiem) diberlakukan dalam bahasa Inggris khusus untuk jam 12.00 malam sampai dengan jam 11.59 siang, sedangkan PM (post meridiem) adalah kebalikannya, yaitu dari jam 12.00 siang sampai jam 11.59 malam.

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini di blog Daily Blogger Pro. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk pembaca, thanks for reading :)

Bagaimana menurutmu?

No comments

Speak Your Mind

Berkomentarlah dengan baik, usahakan membaca artikelnya terlebih dahulu hingga selesai supaya komentarmu bisa sesuai dengan pembahasan artikel di blog ini.

Jangan menyertakan link aktif di kotak komentar. Komentar berisi link aktif akan segera dihapus!

Terima Kasih :)

Powered by Blogger.