No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Apa Sih Adverb Itu Dalam Bahasa Inggris?

Apa Sih Adverb Itu Dalam Bahasa Inggris? - Basic English Grammar #11
Credit Picture: Pinterest and Jun Akizaki

Kalau kamu suka berdiskusi, pastinya kamu dan temanmu akan beradu argumen dan pendapat kalian masing-masing, bukan? Kamu bisa setuju dengan pendapat temanmu maupun sebaliknya, kalau kamu setuju kamu bisa memberi penekanan dengan menggunakan kata yang tepat. Setelah selesai diskusi, mungkin kamu dan temanmu lapar dan ingin pergi ke restoran, kafe, atau tempat makan terdekat. Selama perjalanan, kamu dan temanmu pastinya akan membicarakan tempat yang kalian tuju, begitu sampai, makanan pun datang, dan kalian pun dapat menikmati makanan lezat yang sudah kalian pesan sebelumnya serta memberikan penilaian rasa dari menu makanan yang kalian pesan.

Pada artikel sebelumnya, saya sudah menulis tulisan mengenai adjective (kata sifat). Pada blog post ini, saya ingin berbagi ilmu lagi dengan teman-teman pembaca blog ini mengenai adverb dalam bahasa Inggris.

Kalau kamu memperhatikan paragraf pertama di artikel ini dengan teliti, semua kalimat itu adalah adverb. Itu berarti saya sudah memberikan ilustrasi mengenai adverb secara tidak langsung, hayoo baru sadar ya kalau itu adverb semua, udah dilanjut dulu ya bacanya, nanti begitu kamu selesai membaca artikel ini, kamu boleh deh scroll lagi ke paragraf pertama. :)

Apa Itu Adverb?

Penjelasan mudahnya, adverb itu kata yang memberi keterangan tambahan pada kata kerja (verb), kata sifat (adjective), atau bahkan adverb lainnya dalam kalimat bahasa Inggris.

Contoh kalimat yang memiliki adverb:

1. I strongly agree with your opinion.
2. Anton is very smart.
3. Yuri played the piano extremely well.

Keterangan:

Kata yang saya beri tanda tebal adalah adverb (strongly, very, extremely) sedangkan kata yang miring dalam kalimat diatas adalah kata kerja (agree), kata sifat (smart), dan kata keterangan (well).


5 Bentuk adverb yang harus kamu kenali dalam kalimat bahasa Inggris

Teman, kalau kamu mempelajari lebih dalam lagi, ternyata adverb ini punya banyak teman loh, apakah kamu tertarik untuk mengetahui siapa saja sih teman-temannya si adverb yang bisa kamu ajak kenalan supaya kamu bisa lebih dekat dan memahami tata bahasa yang satu ini, silahkan dilanjut bacanya ya. :)

1. Adverb of Manner

Salah satu karakter adverb of manner itu, dia paling suka banget ngejelasin ke pembaca gimana cara seseorang berlari, berenang, berbicara, memainkan alat musik, dan kegiatan lainnya. Pokoknya, dia itu enggak mau diem, semuanya di komentarin. Kaya gini:

  • Syarah is speaking too quietly - Syarah berbicara terlalu pelan
  • Rintan spoke politely -  Rintan berbicara dengan sopan
  • The rain fell heavily - Hujan turun dengan lebat
  • Kousei plays the piano beautifully - Kousei memainkan piano dengan indah

Keterangan: Penjelasan mudahnya, adverb of manner itu selalu memberimu informasi tambahan bagaimana seseorang berlaku atau menyelesaikan kegiatannya, kamu bisa bertemu dengannya, maksud saya, adverb of manner di dekat kata kerja dan di dekat objek dalam kalimat. Coba deh kamu perhatikan empat kalimat diatas sekali lagi. Kalimat pertama, kedua, dan ketiga punya ciri yang sama, adverbnya ada di dekat kata kerja, lebih tepatnya sih dia ada setelah kata kerja (is speaking, spoke, dan fell) sedangkan pada kalimat keempat, adverb of manner ada di dekat objek dalam kalimat, guys, objek kalimat itu biasanya berupa kata benda (noun), di kalimat keempat, kata bendanya itu the piano. So, sekarang, kamu bisa nemuin si adverb of manner dengan mudah dalam kalimat bahasa Inggris, kalau enggak di deket kata kerja (verb), ya dia ada di deket kata benda (noun).


2. Adverb of Place

Mudahnya, adverb of place menenrangkan tempat yang ingin seseorang kunjungi dalam kalimat bahasa inggris. Well, pastinya ketika kamu sedang pergi menuju suatu tempat bersama teman terdekatmu, baik itu perpustakaan, mall, taman, atau kampus, kamu bisa menggunakan tata bahasa ini untuk menunjukkan arahnya melalui rute mana saja dan jaraknya juga bisa kamu terangkan pada temanmu. Biasanya, kamu bisa menemukannya setelah objek dalam kalimat.

Contoh kalimat adverb of place

  • Put your book there - Letakkan bukumu disana
  • We are heading to campus - Kami sedang menuju kampus
  • The Japanese restaurant which we are heading to is nearby - Restoran jepang yang kami tuju sudah dekat
  • The adjudicator of English debate competition position is in the center of the room. Posisi dewan juri kompetisi debat bahasa inggris ada di tengah ruangan.

Penjelasan mudahnya, kata yang tebal itu adalah adverb of place. There pada kalimat pertama menerangkan tempat dimana kamu harus meletakkan buku milikmu. Campus pada kalimat kedua menerangkan tempat yang kamu tuju. Nearby dalam kalimat ketiga menenrangkan jarak restoran jepang yang sedang kamu tuju sudah dekat. Dan terakhir, in the center of the room menenrangkan padamu posisi dewan juri debat selalu ada di tengah ruangan supaya mereka bisa memperhatikan tim pro dan kontra dengan posisi yang strategis. Mudah, bukan?


3. Adverb of time

Mudahnya, adverb of time itu kata tambahan yang menjelaskan waktu kapan suatu kegiatan terjadi dalam kalimat bahasa Inggris.

Contoh kalimat adverb of time:

  • I am reading an interesting articles in Qureta.com right now - Saya sedang membaca artikel yang menarik di Qureta.com saat ini.
  • I have a lunch with Rintan today - Saya makan siang bersama Rintan hari ini.
  • I was eating ramen in Gokana last month - Saya makan ramen di Gokana bulan lalu.
  • I had come to my senior high school reunion events last year - Saya datang di acara reuni SMA saya tahun lalu. 

Keterangan: Kata yang diberi tanda tebal adalah adverb of time, yakni right now, today, last month, dan last year. Tips mudahnya, kamu bisa mengenali adverb of time dalam kalimat bahasa inggris dengan melihat keterangan waktunya di akhir kalimat.


4. Adverb of frequency

Simpelnya, adverb of frequency itu kata tambahan yang menerangkan seberapa sering kamu melakukan suatu kegiatan dalam kalimat bahasa Inggris.

Contoh kalimat adverb of frequency:

  • We head to school every day - Kami pergi ke sekolah setiap hari.
  • Fatah and Sani never throw their own garbage.- Fatah dan Sani tidak pernah membuang sampah milik mereka.
  • Fanny often comes late for school - Fanny sering datang terlambat ke sekolah.
  • Yukio and Rin always together all the times - Yukio dan Rin selalu bersama setiap waktu.

Penjelasan mudahnya, kata yang diberi tanda baca tebal adalah adverb of frequency (every day, never, often, dan always), adverb ini menerangkan seberapa sering seseorang melakukan kegiatan tertentu.


5. Adverb of certainty

Mudahnya, adverb of certainty itu kata tambahan yang menerangkan seberapa kamu yakin mengenai kegiatan yang sedang kamu lakukan.

Contoh kalimat adverb of certainty

  • Ken is probably in the library
  • I surely won't forget the moral value from watching Kimi no Na Wa.
  • Alma is certainly a diligent girl

Penjelasan mudahnya, kalimat yang diberi tanda baca tebal adalah adverb of certainty, ketiga kata itu; probably, surely, dan certainly mengekspresikan perasaanmu mengenai apa yang kamu yakini terhadap kegiatan yang sedang kamu lakukan seperti kamu bisa saja mengira ken sedang asyik membaca di perpustakaan, kamu bisa bercerita kalau kamu sangat yakin tidak akan melupakan kesan terbaikmu dari menonton film Kimi no Na Wa, atau kamu tahu teman sekelasmu yang bernama alma itu adalah gadis yang rajin. As simple as that.

Well, akhirnya, saya ucapkan selamat buatmu ya, kini, kamu sudah mengenal apa itu adverb beserta teman-temannya yang ada di kalimat bahasa inggris, semoga tulisan ini bermanfaat buatmu ya. :)

Bagaimana tulisan ini menurutmu? Yakin kamu sudah memahami artikel ini? Tulis kalimat terbaikmu yang berisi adverb dalam kalimat bahasa inggris di kolom komentar ya. :)