No Bookmarks
Bookmark
Rating
Review at:

Reading Habit - Tips Asyik Membiasakan Membaca

Sewaktu masa sekolah, buat baca buku rasanya susah sekali. Waktu luang banyak, namun seringnya digunakan untuk bermain bersama teman-teman. hehe :)

Reading Habit - Tips Asyik Membiasakan Membaca
Image from: Google.com
Semenjak masuk kuliah, kebiasaan membaca sangat diperlukan, soalnya banyak sekali manfaatnya untuk diri kita. Awal-awal, mulai membiasakan habit membaca susahnya bukan main, tidak jarang sewaktu saya membaca buku baru 5 menit, saya ketiduran. Besokmya saya ulangi lagi, ketiduran lagi, saya ulangi lagi, ketiduran lagi sampai pada akhirnya, saya berhasil membentuk kebiasaan membaca. :)

Tidak ada kata "sulit" bagi kita yang "serius", there is a will there is away. Nah, bila kamu sudah punya niatan baik membiasakan diri untuk membaca, langsung lakukan dan jangan ditunda-tunda.

"Good News, Thinking is not needed, just read" :)

Kuncinya mudah sekali, mau gagal atau ketiduran berapa kali pun, gara-gara baca buku tebal 500 halaman, kalau terus mencoba dan mengulangi kebiasaan membaca, pasti kebiasaan tersebut bisa kamu raih. Setidakknya, ada 3 fase membentuk dan membiasakan kebiasaan membaca yang saya ambil dari pengalaman pribadi. Tertarik untuk mengetahui apa saja sih fasenya? Yuk kita simak bersama.

1. Fase Mencoba

Kebanyakan orang gagal karena tidak pernah mencoba sama sekali. Kalau kamu ingin mahir bermain piano, cobalah belajar bermain piano. Kalau kamu ingin mahir berbahasa Inggris, cobalah mempelajari bahasa Inggris. Kalau ingin membiasakan dan membentuk habit membaca, cobalah membaca buku sekarang juga. Just read, read, and read. :)

2. Fase Proses

Nah, pada fase kedua ini banyak orang yang menyerah. Kenapa? Karena, pada fase ini, kalian akan menjalani fase pertama yaitu mencoba. Nah, ketahanan pembiasaan membaca yang baru kamu bentuk akan diuji habis-habisan disini.

Ingatkah kamu? Masa-masa ketika kalian baru pertama belajar mengendarai motor? Sewaktu proses belajar mengendarai  motor, pasti kamu pernah terjatuh-jatuh berkali-kali, bukan? Namun lihatlah apa yang kamu lakukan setelah terjatuh? Kamu bangkit, dan mencoba kembali meskipun pada percobaan selanjutnya pasti kamu akan terjatuh kembali, namun kamu tidak menyerah dan terus mencoba dan menikmati prosesnya sampai-sampai kamu tidak sadar bahwa kini kamu sudah mahir mengendarai sepeda motor.

Sama halnya dengan membaca, dalam proses membiasakan diri membaca pasti kamu akan tertidur karena membaca buku yang tebal-tebal, esoknya kamu mencoba kembali dan tertidur kembali, esoknya mencoba kembali dan tertidur untuk yang ke-3 kalinya, namun kamu tidak pernah kenal lelah dan berkata pada diri sendiri "AKU BISA!" dengan kepercayaan itu kamu terus bangkit dari kegagalan hingga kamu sukses membentuk habit membaca. So, don't always thinking about the result, but focus with the proccess. :)

3. Fase Hasil

Bila kamu sudah sampai di fase ini, ini artinya kamu sudah memiliki habit membaca. Kamu pasti puas dengan apa yang telah kamu usahakan selama ini, dan sekarang lihatlah dirimu sekarang, kamu sudah berhasil membentuk habit membaca. :)

Baiklah, ke-3 versi itu saya buat sendiri berdasarkan pemikiran dan pandangan pribadi. Alhamdulilah susah senang dalam membentuk habit membaca sudah saya alami dan habit ini sudah saya miliki.

Selamat membiasakan habit membaca dan happy reading guys.

With love, Agung Kharisma

Owner Daily Blogger Pro

Bagaimana menurutmu kawan?