Cara Membuat E-mail di Gmail - Gratis Loh!

Cara Membuat E-mail di Gmail - Gratis Loh!Bagaimana cara membuat e-mail di gmail? Apakah Anda belum mempunyai e-mail? Membuat e-mail sangat mudah dan dapat mempermudah komunikasi Anda. Facebook, Twitter, Blog, dan media lainnya di internet pasti memerlukan e-mail untuk proses pendaftarannya, maka dari itu membuat e-mail dapat memudahkan Anda.

Di zaman era jaringan seperti sekarang ini, teknologi semakin berkembang. Dahulu bila kita ingin mengirim surat kepada orang lain yang katakanlah jaraknya jauh, maka kita akan menggunakan jasa pos. Namun dengan seiring berkembangnya zaman, media surat menyurat sudah bertranformasi menjadi surat elektronik yang biasa kita sebut dengan panggilan "E-mail"

Mungkin bagi para webmaster atau pun anak-anak muda sekarang. E-mail bukanlah barang baru bagi mereka. Namun, bagaimana generasi sebelum mereka? Bahkan hingga sekarang masih ada yang belum mengenal apa itu e-mail? Secara sederhana e-mail merupakan surat elektronik yang mengandalkan media jaringan internet untuk mengirim pesan. Penyedia e-mail pun beragam, mulai dari Gmail, yahoo, hingga hotmail.

Hari ini kita akan belajar mengenai cara membuat e-mail di Gmail. Gmail merupakan salah satu situs penyedia layanan e-mail yang dimiliki oleh google. Membuat e-mail mudah kok, gratis malah. Anda hanya tinggal mengikuti tutorial di bawah ini:

1. Silahkan Anda kunjungi halaman situs Gmail di: www.gmail.com
2. Coba Anda perhatikan panah yang ada di pojok kanan atas, panah itu mengarah ke tulisan "buat akun" klik tombol itu.
Halaman Antarmuka Gmail
3. Selanjutnya, Anda akan diajak ke halaman selanjutnya yaitu halaman formulir pendaftaran e-mail.
Formulir Pendaftaran Gmail
4. Silahkan isi formulir perndaftarannya. Cara Pengisian:
Name: Tulis nama lengkap Anda.
Choose your username: Tulis username Anda.
Create a password: Tulis password untuk e-mail Anda.
Confirm your password: Ketik ulang password Anda.
Birthday: Tulis tanggal lahir Anda.
Gender: Pilih gender Anda.
Mobile phone number: Tulis nomor ponsel Anda nomor ini nantinya akan digunakan google untuk mengirim kode verifikasi akun gmail Anda.
Your current e-mail address: Tulis e-mail yang Anda miliki sekarang (opsional)
Capatcha: Tulis huruf acak yang ada di kotak capatcha
Lokasi: Pilih lokasi tempat tinggal Anda (contoh: Indonesia)
Centang ketentuan yang ada dibawahnya dan silahkan klik kotak biru bertuliskan "langkah berikutnya"

Verifikasi Akun Gmail
5. Coba Anda perhatikan gambar di atas, ada tulisan nomor telepon. Setelah Anda menuliskan nomor telepon di formulir pendaftaran, maka nomor telepon akan muncul secara otomatis. Sedangkan pada pada gambar diatas tidak terdapat nomor itu karena saya tidak menyertakan nomor saya. :) Selanjutnya silahkan klik lanjutkan.
6. Setelah itu tunggu beberapa detik. 3.....2....1... ting-ting! Sms dari google yang berisi kode verifikasi pun datang ke ponsel Anda. Ini screenshotnya:
Kode Verifikasi dari Google
7. Kemudian, salin kode verifikasi Anda ke kotak verifikasi kode seperti gambar dibawah ini:
Tulis Verifikasi Kode Anda
8.  Setelah memasukkan kode verifikasi, klik lanjutkan dan Anda akan diarahkan ke halaman profil gmail Anda seperti gambar dibawah ini:
Profil Gmail
9. Bila ingin menambahkan foto profil silahkan klik "tambahkan foto profil" bila ingin mempersingkat waktu silahkan klik langkah berikutnya. :)
10. Setelah mengklik langkah selanjutnya, maka Anda akan diarahkan ke laman selanjutnya yaitu laman selamat datang. Bila Anda sudah sampai pada tahap ini, berarti akun gmail Anda sudah siap digunakan. Langsung klik "lanjutkan ke Gmail"
Selamat datang di Gmail
11. Kemudian, setelah mengklik "Lanjutkan ke Gmail" maka Anda harus menunggu loading dulu sebentar. Sabar ya. hehe :)
Loading Gmail
12. Ketika loading sudah sampai pada penghujungnya, maka Anda akan masuk ke akun gmail yang baru saja Anda buat. Berikut tampilannya:
Google Gmail Account
Selamat, Anda telah berhasil membuat e-mail di Gmail. :)

Sebagai penutup, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dan selamat berinternet ria dengan e-mail baru Anda. :)

Bagaimana menurut Anda?

4 komentar

avatar

Tutorialnya lengkap, runtut, dan detail sekali mas tentang membuat Email di Gamil. Alhamdulillah saya punya akun Gmail :)

Tutorial diatas bisa dijadikan panduan yang praktis untuk temen-temen yang belum punya Gmail. Karena selain mudah untuk digunakan, ada beragam manfaat yang bisa kita peroleh ketika kita punya akun Gmail.

Nice share kawan. Saya sudah follow blog nya ^^

avatar

siiiplah, aku sih udh punya byk email Gmail sob... hehe.. oya ini salah satu blogku jg sob

salam,
http://penghuni60.blogspot.com

avatar

@Wahyu Eka Prasetiyarini: Tutorialnya saya buat detail tujuannya untuk membantu teman-teman yang belum memiliki gmail dan berniat untuk membuatnya dapat memanfaatkan tutorial ini. Semoga saja tutorial step by step di atas dapat bermanfaat untuk semuanya. Sekedar bercerita, dahulu saya kesulitan untuk membuat akun gmail, karena terkadang ketika browsing tutorial yang saya dapatkan belum lengkap jadi saya kebingungan. Kalau nggak salah pertama buat akun gmail sama blog itu pas SMA deh, itu juga butuh waktu 1 bulan lebih (maklum baru awal mengenal blog) tapi karena saat ini sudah mengerti cara membuatnya, jadi saya putuskan untuk berbagi pengetahuan dengan teman-teman yang lain dan semoga bermanfaat.

Makasih ya udah follow back blog daily blogger pro. Terus semangat ngeblog ya :)

avatar

Ok sob, alhamdulilah deh kalau udah punya gmail. iya, bakalan saya kunjungin blognya. thanks for visiting my blog sobat penghuni60 :)

Click to comment