Pengalaman Dapet Skor IELTS 5.0 Sewaktu Ujian IELTS Simulation Di English First (EF) Rawamangun

Pengalaman Dapet Skor IELTS 5.0 Sewaktu Ujian IELTS Simulation Di English First (EF) Rawamangun

Buat kamu yang ingin mengambil IELTS Internasional, ada baiknya kamu cobain dulu deh jenis IELTS Simulationnya. Selain murah, jenis IELTS ini juga bisa dijadikan acuan skor sebelum mengambil tes IELTS yang sebenarnya baik itu IELTS Academic atau IELTS General.

Awal Oktober lalu, saya mengikuti ujian IELTS Simulation yang diadakan oleh English First (EF) Rawamangun, Jakarta Timur. Meskipun jenisnya prediksi atau simulasi, tesnya disesuaikan dengan IELTS yang sebenarnya lho. Kemampuan yang diujikanpun sama yaitu listening, reading, writing, dan speaking.

Ujian IELTS yang saya ikuti setidaknya menghabiskan waktu 2 jam lebih. Hasilnya dibagikan di akhir bulan oktober. Dan ini dia hasilnya:



Di percobaan pertama saya ini, saya mendapatkan overall band score 5.0. Band score 5.0 itu adalah skor minimal yang harus dimiliki oleh mahasiswa S1. Sebgai informasi tambahan, rentang skor IELTS itu dimulai dari band skor 0 hingga 9. 

Skor IELTS juga bisa dikonversikan ke skor TOEFL lho. Berikut ini besaran skor IELTS yang dikonversi ke TOEFL PBT dan iBT berdasarkan sumber EF Levels dan Common European Framework (CEFR)

Data konversi skor IELTS ke TOEFL PBT
Band score 4 - 4.5: 450 - 549
Band score 5 - 6: 550 - 639
Band score 6 - 7: 640 - 677

Data konversi skor IELTS ke TOEFL iBT
Band score 4 - 4.5: 57 - 86
Band score 5 - 6: 87 - 109
Band score 6 - 7: 110 - 120

Kalau skor IELTS milik saya dikonversi ke TOEFL, hasil skornya berkisar antara 550 - 632. Well, pencapaian yang patut disyukuri. Terlebih, ini adalah pengalaman pertama mengambil tes IELTS. :)

Apakah kamu pernah mengambil tes IELTS? Share yuk pengalamanmu di kotak komentar. :) 

1 komentar:

Click to comment