4 Youtuber Ini Layak Kamu Jadikan Inspirasi Bila Ingin Sukses Jadi Youtuber Dengan Banyak Subscriber

4 Youtuber Ini Layak Kamu Jadikan Inspirasi Bila Ingin Sukses Jadi Youtuber Dengan Banyak Subscriber

When people says to me that even if the content is the king, they claimed if it is not enough, we should campaign it, so everyone can know its present. But actually, I don't agree on some part of it. Because the good content has always its way to reach their own unique audience themselves, plus, this good content brings you benefit for your life.

Kalau kamu sudah lama menekuni profesi sebagai konten kreator di internet sebagai seorang blogger atau youtuber, kamu pasti pernah mendengar argumentasi seperti kutipan diawal blog post ini. 

Diawal, kita akan diarahkan untuk membuat konten yang baik dan berkualitas sesuai kemampuan kita. Namun, begitu konten yang kita buat tidak dilirik banyak audien, dalam hal ini netizen, terserah kontenmu itu tulisan di blog atau video di youtube, kamu pasti akan merasa sedikit kecewa dan itu wajar.

Namun, belakangan ini muncul perubahan mindset secara masif dari pengguna sosial media, ambil saja instagram sebagai contohnya, disana kamu akan menemukan pola pikir seperti ini;

Mau mudah mendapatkan atensi publik? Buat konten absurd, memalukan, konyol, tidak mendidik, atau membuat trend baru, tag dan bayar akun sosmed yang sering memviralkan konten sejenis, voila! Kontenmu akan dibanjiri banyak audiens!

Begitu mindset atau pola pikir ini sudah mempengaruhi kreator, dia akan lebih fokus pada bagaimana cara memaksimalkan campaign atau promosinya untuk menggaet lebih banyak audiens, mudahnya; biar cepet terkenal tanpa peduli kontennya memberi manfaat baik untuk audiens atau tidak.

Seperti kutipan diawal post, bagian pola pikir ini yang tidak saya suka, dan anehnya konten video seperti itu banyak sekali yang membuatnya sekarang. 

Oleh karenanya, melalui blog post ini, saya ingin mengenalkanmu dengan 4 youtuber yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapat pencapaian subscriber yang banyak. 2 Youtuber dari Indonesia, 2 lagi dari luar.

Keempatnya saya pilih karena kualitas editing video dan kualitas konten mereka. Bahkan keunikan konten mereka yang tidak dimiliki oleh kreator yang lebih fokus pada campaign adalah konten mereka terus dinikmati dan mendatangkan audiens. Penasaran siapa saja youtuber yang akan kita bahas dalam blog post ini? Yuk dilanjut bacanya.

1. Gita Savitri Devi (Gitasav)


Gita Savitri atau panggilan akrabnya Gitasav adalah youtuber perempuan yang suka berbagi konten positif di channel youtube miliknya. Di channel milik Gita, kamu bisa mendapatkan beragam konten yang enggak hanya menghibur tapi juga bermanfaat dan bisa membantumu menghadapi saat-saat sulit dalam hidup.

Konten Video:
Kalau kamu mahasiswa indonesia yang punya impian kuliah ke luar negeri, spesifiknya ke Jerman, kamu bisa mencari tahu informasi mengenai negara tempat tujuan studimu melalui video milik Gita.

Suka musik? Gita juga punya playlist cover lagu-lagu populer yang bisa menghiburmu. Lewat channel ini, Gita yang sering bernyanyi bersama Paul bahkan berhasil merilis album lagu pertamanya yang berjudul; Seandainya.


Pengen nonton video tentang isu terkini? Kamu bisa buka playlist video "Beropini." Dan masih ada banyak konten video berkualitas lainnya yang bisa kamu nikmati di channel milik Gita.

Editing Video:
Poin yang ingin saya sampaikan lewat figur youtuber pertama ini adalah; kamu enggak harus memulai video youtube pertamamu dengan editing sehebat youtuber yang sudah pro, asalkan kontennya menarik dan bermanfaat, itu sudah cukup, Gita pun hanya menggunakan editing video sederhana seperti memuat gambar thumbnail untuk videonya, video transisi prolog diawal videonya sebelum beralih ke inti pembahasan, background tempat pengambilan video, dan latar musik dalam video.

Pencapaian:
Lambat laun, bila kontennya ditekuni dengan apik dan fokus pada kualitas, kamu pun bisa menggaet banyak audiens. Gita sudah membuktikannya, prosesnya enggak sebentar memang dan semua pencapaian yang diraihnya hingga saat ini tidak diraih dalam semalam. 

Perjalanannya menjadi seorang Youtuber memberikan banyak pengaruh positif untuk subscribernya, bahkan Gita banyak meraih pencapaian membanggakan, misalnya ia pernah menjadi salah satu Youtuber yang dipilih oleh Google untuk menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang "Creator for Change."  

Tidak berhenti sampai situ, ketika Gita pulang ke Indonesia, ia menulis buku berisi perjalanan hidupnya hingga bisa menjadi sosok yang dikenal publik saat ini, judul bukunya; Rentang Kisah. Bukunya sudah dicetak ulang hingga 9 kali lho, guys.


Mau jadi youtuber yang punya banyak subscriber seperti Gita? Pastikan kamu membuat konten yang bermanfaat seperti Gita ya. Soalnya, audiens mengunjungi channel milikmu hanya untuk satu hal: menikmati konten positif yang bisa bermanfaat untuk hidup mereka. Enggak usah pusing dengan editing videonya, kamu mulai aja dulu, asalkan kamu fokus ke kualitas konten, lambat laun, kemampuan editingmu pasti meningkat, so, silahkan buat video pertamamu di Youtube dan bagikan hal baik yang hanya kamu yang bisa membuatnya. Perolehan sejauh ini, Gita berhasil menggaet 458.000 subscriber lewat kualitas kontennya.

2. Whatoplay


Konten Video: Berbeda dengan Gita yang membuat video solo, Whatoplay membuat konten videonya bersama tim. Salah satu misi mereka adalah Whatoplay ingin menjadi sumber referensi para gamer untuk mencari tahu game-game bagus apa saja yang bisa mereka mainkan tiap bulannya.


Sebagai bentuk keseriusannya, mereka juga menyematkan PlayScore yang bisa jadi acuan rating game yang mereka ulas sehingga para pemain tahu kualitas game yang sedang mereka tonton di channel mereka.


Tidak hanya menyediakan ulasan video, Whatoplay juga menyediakan website dimana para penontonnya bisa membeli langsung game yang baru mereka tonton, keren, bukan?

Video Editing: Dalam pengeditan videonya, whatoplay menggunakan thumbnail gambar untuk videonya, dalam setiap pembukaan video, host whatoplay berbeda-beda, mereka akan mengenalkan diri masing-masing, menyematkan PlayScore beserta penjelasan ringkasnya tentang apa itu PlayScore, menggunakan numbering atau penomoran secara berurutan dalam game yang mereka ulas, transisi video yang baik, kualitas gambar game yang tinggi, dan latar suara dan tempat pembuatan video yang relevan dengan video.

Pencapaian: Whatoplay dengan konten gamingnya berhasil menggaet 469.818 subscriber.

3. SuccessBefore30


Konten Video: SuccessBefore30 adalah channel pribadi milik Chandra Putra Negara, melalui youtube channel miliknya, pak Chandra ingin mengedukasi publik tentang edukasi finansial. Ia berkeyakinan kalau pendidikan finansial jarang sekali diulas dalam dunia pendidikan dan sebagai akibatnya banyak orang-orang yang kesulitan mengatur keuangannya ketika sudah bekerja. Misi lainnya, pak Chandra ingin menciptakan 1% pengusaha di Indonesia lewat pengaruh channel Youtube miliknya.


Mulai dari tips menabung, investasi, pembahasan materi finansial bersama pakarnya, sampai kebebasan finansial dibahas di channel miliknya. Beliau juga punya panggilan khusus untuk penontonnya, beliau memanggil penontonnya dengan nama "Sahabat Entrepreuner" Buat kamu yang inign belajar banyak tentang Financial Education, channel SuccessBefore30 bisa jadi rujukan utama untukmu.

Video Editing: Dalam proses pengeditan videonya, pak Chandra dibantu oleh tim, selain thumbnail video, ada juga video pembuka (prolog) diselingi banyak transisi kegiatan berbeda-beda ditiap awalnya sudah menjadi ciri khas video beliau, untuk pembahasan kontennya, pak Chandra sering menggunakan poin-poin yang nantinya tampil saat beliau menjelaskan materi, hal ini memudahkan penonton memahami isi kontennya, sebagai penutup, latar tempat yang berbeda-beda menjadi instrumen unik dari video beliau.


Pencapaian: Channel Youtube SuccessBefore30 berhasil meraih penghargaan "Silver Play" dari youtube karena kualitas kontennya dan pertumbuhan subscribernya yang signifikan. Total perolehan subscribernya adalah 717.136 Subscriber.

4. Gritty Reboot


Konten Video: Apakah kamu pecinta film? Kabar baiknya, channel yang satu ini punya keunikan dan kelebihan yang tidak bisa dianggap remeh, lho. Meski sudah lama tidak update, channel milik Gritty Reboot selalu kebanjiran penonton. Memangnya konten apa yang mereka sajikan di Youtube Channel miliknya?

Gritty Reboot adalah channel youtube yang memfokuskan diri membuat trailer film-film dari konten-konten yang bisa membuatmu jadi nostagia, mulai dari video game, komik, TV Show, hingga film box office terkini mereka kemas jadi trailer yang apik dan memukau.

Siapa yang kangen dengan video game Harvestmoon Back to Nature? Gritty Reboot menggarap video game itu menjadi trailer yang keren abis lho, pasalnya mereka menggunakan teknologi CGI yang canggih dan mendekorasi lingkungan pedesaan Harvestmoon semirip mungkin. Silahkan tonton trailer Harvest Moon berikut ini dan buktikan kualitasnya;


Video editing: Sama dengan channel kedua dan ketiga, Gritty Reboot dalam pembuatan videonya juga mengandalkan tim karena genre mereka adalah film, oleh karenanya, mereka butuh banyak orang untuk memerankan pemain dalam setiap filmnya. Bisa dibilang, channel keempat ini yang paling terasa perbedaannya dibanding channel sebelumnya, karena pembuatan videonya menggunakan teknologi CGI, ada banyak animasi 3 dimensi yang mendukung trailer film buatan mereka, kostum para pemain yang begitu mirip, dan pemeranan tokoh yang apik dan natural layaknya film sesungguhnya membuat Gritty Reboot patut diapresiasi.


Pencapaian: Hal menarik dari Gritty Reboot adalah mereka tidak update video baru tahun ini tapi jumlah penayangannya selalu melonjak. Kamu tahu berapa banyak penayangan video di channel youtubenya? Video mereka sudah ditonton sebanyak 15.657.792 kali. Oh well, 15 juta kali penayangan! Angka yang signifikan. Jumlah subscribernya adalah 163.945.

Lewat keempat youtuber yang sudah diulas di artikel ini, kita bisa belajar dari mereka bahwa bukan hanya marketing konten yang paling utama, itu hanya satu hal, konten positif, berkualitas, dan memberikan manfaat lebihlah yang selalu membekas dihati para penggemarnya sehingga mengantarkan keempatnya pada pencapaian sehebat sekarang ini.

Dalam pengemasan konten video yang baik, ada proses editing yang baik juga. Lewat mereka kita sadar bahwa penting sekali untuk belajar video editing yang baik. Oleh karenanya, bila kamu ingin menjadi youtuber sukses seperti mereka, kamu harus belajar video editing yang baik.

Selain harus menginvestasikan uang dan tenaga, kamu juga harus menginvestasikan waktumu supaya bisa mahir menciptakan video berkualitas dengan pengemasan yang baik sehingga pesanmu tersampaikan. Kalau ingin lebih cepat, kamu harus mencari seorang mentor.

Kenapa harus mencari mentor untuk membuat videomu bagus? Begini analoginya, misalnya saya ingin memenangkan lomba debat bahasa Inggris, oleh karenanya, saya harus mencari mentor yang berpengalaman dibidang ini, dari mentor ini saya mendapatkan banyak ilmu dan strategi yang sama sekali belum saya ketahui, tentunya saya sangat terbantu oleh bimbingannya. Hal sama juga berlaku dengan editing video, kamu harus mencari mentor.


Berhubung saya tinggal di Jakarta, ada nih tempat kursus video editing yang bagus buat kamu coba dan cocok banget meskipun kamu masih pemula, kenalkan, namanya DUMET School. Di tempat kursus ini, kamu akan diajarkan motion graphic, teknik editing video ini berguna banget buat memperindah video kamu lho.

Misalnya brand kamu atau channel pribadi kamu pengen punya opening yang beda dari youtuber lain. Kamu bisa menerapkan teknik ini dalam videomu. Mau tahu seperti apa teknik editing motion graphic? Berikut videonya;


Kalau ingin punya keahlian seperti video diatas, kamu bisa kursus video editing di DUMET School. Selain bisa motion graphic dan after effect. Keuntungan lainnya adalah kamu punya akses belajar sepuasnya di DUMET School.

Selain itu, kalau masih kurang belajarnya, kamu bisa mengulang lagi, gratis! Plus, setelah kursus dan dapat keahlian dari sini, kemampuanmu akan diakui secara legal karena kamu akan mendapatkan sertifikat motion graphic dengan izin nomor diknas yang sudah diakui dan kredibel.

Masih kurang? DUMET School punya I-labs yang berisi materi pembelajaran yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun, semacam akses on-the-go gitu guys. So, kalau mau belajar video editing dari mentor dan tempat terbaik, tempatnya ya di DUMET School. Sebelum selesai membaca tulisan ini, kamu bisa menonton video ulasan UseeTV tentang DUMET School nih biar kamu kenal lebih dekat dan tahu lebih banyak lagi tentang tempat kursusnya:


Sebagai penutup, menjadi youtuber yang berpengaruh positif itu butuh banyak proses, Gitasav, Whatoplay, SuccessBefore30, dan Gritty Reboot awalnya pun hanya punya sedikit video dan subscriber. Karena konsistensi dan kesetiaan mereka dalam berproses untuk menghasilkan karya sesuai versi dan misi mereka, mereka punya banyak pencapaian memukau saat ini. So, are you the next amazing youtuber? Yuk buat video pertamamu dan belajar dari mentor ahli dibidangnya.

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog DUMET School.
Referensi Gambar & Video: Freepik.com, Channel Youtube Gita Savitri Devi, SuccessBefore30, Gritty Reboot, Whatoplay, & DUMET School. 

2 komentar

avatar

SuccesBefore30 adalah satu chanel favorit saya. Kontennya asik, gak ribet dan langsung ke inti masalah soal gimana cara memperbaiki finansial. Yang lain baru tahu. Makasih ya bang infonya!

Salam: hotlasmore.id

avatar

Iya, sama. Saya juga suka nonton channel SuccessBefore30. Materi edukasi finansialnya mudah dimengerti dan membantu sekali. :)

Click to comment