Cara Mempromosikan Blog Yang Baru Anda Buat

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok kasih tip biar kreator hepi dan makin semangat update bikin konten edukasi buat Kamu;
10k 20k 25k 50k 100k 150k

Cara Mempromosikan Blog Yang Baru Anda Buat

Bagaimana mempromosikan blog yang baru Anda buat? Sebaik apapun blog Anda, apabila tidak ada pengunjung, apalah artinya?

Menulis konten berkualitas merupakan satu hal penting, namun hal lain yang tak kalah pentingnya juga adalah mendatangkan trafik menuju blog yang baru Anda buat.

Bila Anda sudah dapat menghasilkan konten berkualitas, saya ucapkan selamat. Berikutnya, saya akan mengajak Anda untuk mendatangkan pengunjung menuju blog Anda.

Secara umum, ada dua macam trafik. Pertama trafik gratis yang sebagian besar berasal dari pengunjung yang datang dari halaman hasil pencarian search engine, sisanya dari social network, social media, social bookmarking, forum, dan lain-lain. Kedua, trafik berbayar. Trafik ini berasal dari iklan PPC semisal Google Adwords atau YPN yang Anda gunakan untuk mempromosikan blog Anda.

Meskipun Anda dapat menggunakan keduanya, namun trafik gratis seharusnya menjadi fokus utama Anda. Trafik berbayar barangkali akan mendatangkan pengunjung menuju blog Anda, namun begitu Anda berhenti memasang iklan, maka berhenti pula aliran trafik menuju blog Anda.


1. Daftarkan Blog Anda ke Mesin Pencari

Apa yang Anda gunakan ketika berselancar di internet? Mesin pencari. Apa yang orang gunakan untuk mencari informasi? Web apa yang Anda gunakan untuk mencari informasi? Mesin pencari.
Mesin pencari, mesin pencari, mesin pencari.

Ya, itulah faktanya. Orang berselancar di internet menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan informasi yang relevan dan benar-benar mereka butuhkan. Maka dari itu, dengan mendaftarkan blog Anda ke mesin pencari, maka Anda akan mendapatkan pengunjung dari halaman pencarian search engine. Daftarkanlah setidaknya blog Anda ke 3 mesin pencari terbesar seperti  Google, Yahoo, dan Bing,

2. Promosikan Blog Anda di Social Bookmark
Dengan mempromosikan blog Anda di social bookmark maka Anda akan mendapatkan aliran pengunjung menuju blog Anda. Cara mempromosikan blog Anda di situs social bookmark, yakni melalui submit artikel.

Dan bila artikel Anda banyak dibaca oleh pengunjung di situs tersebut, maka bukan tidak mungkin blog Anda akan kebanjiran trafik. Keuntungan lainnya dari mempromosikan blog di social bookmark adalah mendapatkan backlink untuk meningkatkan kualitas blog di mata mesin pencari. Setidaknya ada 5 situs social bookmark yang saya rekomendasikan untuk Anda yang baru memulai untuk mempromosikan blog, yakni:

1. Lintas Berita (Pagerank 4)
2. InfoGue (Pagerank 4)
3. SitusPortal (Pagerank 3)
4. Bookmark Indonesia (Pagerank 2)
5. LenteraSEO (Pagerank 1)

3. Promosikan Blog Anda di Facebook dan Twitter.

Jika Anda memiliki akun facebook dan twitter yang banyak followernya, itu merupakan kesempatan emas Anda untuk mengubah facebook dan twitter manjadi ladang emas trafik blog Anda. Anda hanya tinggal membuat artikel yang menarik, bermanfaat, dan dibutuhkan. Lalu, membagikannya kepada teman-teman Anda di facebook atau twitter.
Cara Mempromosikan Blog Yang Baru Anda Buat


Promosi lainnya ialah dengan memanfaatkan grup di facebook, bergabunglah dengan grup facebook yang memiliki topik sama dengan blog Anda, aktiflah di grup dan bantu mereka.

Lambat laun, teman-teman di grup facebook akan menganggap Anda adalah seorang teman yang dengan tulus membantu mereka dan tentu saja hasil akhirnya adalah trafik.


4. Prmosikan Blog Anda dengan Blogwalking.

Blogwalking adalah aktivitas para blogger mengunjungi blog lain, Anda bisa meninggalkan komentar di blog orang lain namun tentu bukan komentar spam. Usahakan cari blog yang ramai dan relevan karena semakin ramai pengunjung blog tersebut, maka aliran trafik pun akan datang menuju blog Anda. Manfaat lain yang bisa Anda rasakan dari aktivitas blogwalking adalah sebagai media silaturahmi antar blogger. So, keep blogwalking guys. :)

5. Promosikan Blog Anda di Forum

Orang suka berkumpul di tempat yang sama, membicarakan mengenai hobi yang sama, dan biasanya mereka berkumpul di forum. Tentu untuk aktif di sebuah forum, Anda harus memiliki wawasan luas mengenai topik yang ada di forum. Aktiflah di forum, bantu mereka sehingga Anda mendapatkan otoritas di forum tersebut dan pada akhirnya member-member forum yang Anda bantu akan berkunjung ke blog Anda karena Anda dianggap kredibel, berotoritas dan terpercaya.

Sebagai penutup, semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mempromosikan blog yang baru Anda buat dan saya ucapkan selamat blogging. :)

Sudahkah Anda mempromosikan blog Anda? Kalau ya, dengan cara seperti apa? Senang sekali bila Anda mau berbagi komentar dengan Saya disini. :)

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating terbaikmu atau kirim tip donasi sebagai bentuk apresiasi kepada kreator;


10k 20k 25k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website atau blog lain. Apabila kamu ingin menggunakan konten kami sebagai referensi karya ilmiah baik itu; jurnal, skripsi, buku komersil, harap ajukan izin terlebih dahulu kepada admin website DBP.

Aturan Berkomentar

Pembaca bebas berdiskusi dan konsultasi terkait materi edukasi sesuai topik konten. Semua komentar akan dimoderasi dan hanya komentar yang relevan saja yang akan terbit, untuk komentar spam yang dikirim spammer, maaf, komentar Anda tidak akan lolos dan semua link aktif di komentar sudah dinon-aktifkan melalui sistem website kami.