Apa itu Alexa Rank dan Manfaatnya untuk Blog

Apa itu Alexa Rank dan Manfaatnya untuk BlogApa itu Alexa Rank? Mungkin teman-teman yang baru mengawali aktivitas blogging akan bertanya-tanya dalam hati apa sih alexa itu? Dan apa manfaatnya alexa untuk blog?

Awalnya sih saya sama seperti Anda, saya belum terlalu tahu apa alexa itu. Berbekal rasa ingin tahu yang tinggi. Waktu itu saya browsing di internet. Banyak memang pengertiannya, namun saya akan sarikan dan rangkum supaya mudah untuk dimengerti.

Alexa Rank merupakan ranking atau parameter kesuksesan sebuah blog dalam meraih pengunjung baik itu dari mesin pencari maupun dari media lainnya. Alexa meranking blog Anda dengan dua kategori. Kategori pertama ranking dinilai berdasarkan global alexa rank yaitu peringkat blog Anda dinilai berdasarkan pada kunjungan global. Kategori kedua yaitu alexa rank by country, ranking blog Anda dinilai berdasarkan kunjungan dari negara asal. Semakin kecil ranking alexa blog Anda, semakin bagus blog Anda. Misalnya, alexa rank google adalah 1, dan facebook alexa rank adalah 2. Nah, kedua website tersebut memiliki alexa rank yang kecil karena kedua website tersebut mendapatkan kunjungan yang besar tiap harinya.

Pada saat pertama kali memasang widget alexa rank di blog Anda, pasti ranking blog Anda adalah "no data" jangan khawatir karena pada saat itu alexa sedang meninjau ranking blog Anda. Waktu yang alexa butuhkan untuk meranking blog adalah sekitar 1-3 bulan.

So, apa sih manfaat alexa untuk blog kita?

Manfaatnya lebih merujuk kepada keuntungan pada monetisasi blog. Semakin kecil alexa rank Anda, maka ada satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Kesempatan untuk mendaftarkan blog ke program monetisasi seperti ppc (misalnya, Idnetworkblog) sangat terbuka untuk Anda.

Sebagai penutup, alexa rank bagi seoramg blogger karena ia bisa meninjau perkembangan kemajuan blog miliknya. Semoga bermanfaat. :)