Cara Memasang Widget Google Translate Pada Blog

Cara Memasang Widget Google Translate Pada BlogBagaimana Cara Memasang Widget Translate Pada Blog?

Tahukah Anda? Pembaca yang berkunjung ke blog Anda bukan hanya berasal dari Indonesia saja, namun dari berbagai belahan dunia.

Alangkah senangnya bila Anda juga dapat berbagi tulisan dan pemikiran Anda melalui widget penerjemah bahasa sehingga mereka mengerti, dan paham betul dengan apa yang Anda tuliskan di blog.

Dengan menggunakan widget translate pada blog, Anda secara tidak langsung telah menjalin hubungan baik dengan pembaca blog Anda yang berasal dari luar negeri. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kita pasang widget translate di blog kita sekarang juga! :)
Bila ingin ditilik lebih jauh lagi, ternyata google translate memiliki sejarah yang cukup panjang. Google Translate merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google Inc yang dimana penggunaannya ditujujan untuk menterjemahkan bahasa asing ke bahasa ibu Anda.

Google melakukan penerjemahan dengan teknik pendekatan yang disebut penerjemah berdasar statistik. Teknik penerjemahan tersebut dikembangkan oleh Franz Joseph Och yang sekarang mengepalai departemen penerjemah bahasa di google.

Tahukah Anda? Kapan bahasa Indonesia di support oleh penerjemah ini? Google Translate secara resmi mendukung bahasa Indonesia sejak tanggal 25 September 2008.  

Cara Memasang Widget Google Translate

1. Kunjungi halaman blogger, dan masuklah ke akun Anda.
Halaman Antarmuka Blogger
Halaman Antarmuka Blogger
2. Setelah masuk ke akun, kemudian pilih tata letak.
Halaman Antarmuka Dasbor Blogger
Halaman Antarmuka Dasbor Blogger

3. Pada halaman tata letak, pilih tambah gadget.
Menu Tambahkan Gadget di Blogger

4. Lalu, akan muncul jendela baru berisi widget seperti dibawah ini:
Menu Gadget di Blogger

5. Pilih Terjemahan.
Widget Terjemahan Blogger
Widget Terjemahan Blogger

6. Setelah memilih widget terjemahan, silahkan atur jenis terjemahannya, ada gaya vertikal, ada gaya horizontal, dan hanya tarik turun dan simpan.
Widget Terjemahan Blogger
 7. Berikut hasilnya:
Widget Terjemahan Blogger
Tahukah Anda? Ternyata memasang widget translate memiliki beberapa keuntungan untuk blog kita. Baik itu untuk pembaca, maupun penulis. Berikut 5 keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat memasangnya di blog.

1. Lebih Mudah Mengubah Bahasa
Mungkin Anda menulis di blog dengan bahasa indonesia dan berniat mengubahnya dalam bahasa lain, misal bahasa inggris. Anda hanya tinggal merubah bahasanya ke bahasa inggris dan berubahlah bahasanya.

2. Mempermudah Pembaca Asing dalam Menikmati Tulisan Anda
Pembaca blog Anda tidak datang dari satu negara saja. Bisa jadi pengunjung dari negara lain singgah di blog Anda. Nah, dengan memasang widget ini diharapkan dapat mempermudah mereka dalam menikmati konten artikel yang Anda sajikan di blog.

3. Tersedia Dukungan Banyak Bahasa
Google Translate mendukung banyak bahasa, setidaknya kini telah ada 70 dukungan bahasa sehingga konten blog Anda dapat diterjemahkan ke dalam 70 bahasa dan 70 negara yang berbeda-beda.

4. Google  Translate Mendukung Bahasa Lokal
Ya, aplikasi terjemahan yang dimiliki oleh google ini memiliki kemampuan mengalihbahasakan bahasa lokal yang ada di Indonesia yaitu bahasa jawa dan sunda.

5. Kecepatan Penerjemahan yang Mumpuni
Saat Anda hendak merubah bahasa dengan menggunakan widget ini, google penerjemah akan memprosesnya dengan cepat dan kurang dari 1 menit. Cepat bukan?

Semoga bermanfaat. Sudahkah Anda memasang widget google translate pada blog Anda? >