Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok kasih tip biar kreator hepi dan makin semangat update bikin konten edukasi buat Kamu;
10k 20k 25k 50k 100k 150k

Cara Mendapatkan Uang dari BlogBagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog? Siapa sih yang nggak mau menghasilkan uang dari blog?

Semua orang pasti menginginkan dapat menghasilkan pundi-pundi uang dari blognya.

Banyak blogger yang telah membuktikan bahwa blog memang benar-benar menghasilkan uang seperti TechCrunch yang dikelola oleh Michael Arrington dapat menghasilkan uang sebesar $200,000 (atau setara dengan Rp 2.053.000.000) per-bulan!  

Mashable yang dikelola oleh Pete Cashmore, seorang web technology consultant asal Skotlandia mampu mendulang uang dari blog miliknya sebesar $180,000 (atau setara dengan Rp 1.847.700.000!) setiap bulannya.

Bila Anda memang serius dan benar-benar ingin menghasilkan uang dari blog Anda, silahkan ikuti tips yang saya tulis di artikel ini, namun perlu saya tekankan sekali lagi bahwa mendapatkan uang dari blog itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Menurut saya, menghasilkan uang dari blog memerlukan proses dan kerja keras, persisten, tahan banting dan punya keinginan untuk terus belajar hal baru. Bahkan seorang Michael Arrington (pemilik TechCrunch.com) harus begadang hingga pukul 4 pagi nyaris setiap hari hanya untuk mendapatkan berita-berita ekslusif teknologi terbaru yang belum diposting di blog lain.

So, Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Blog?

1. Berikanlah Manfaat Terbesar untuk Pembaca Blog
Apa yang dicari oleh pengguna internet? informasi. Fokuslah untuk memberikan layanan semaksimal mungkin kepada pembaca blog Anda, bukan sebaliknya. Dengan memiliki mindset seperti itu, maka Anda akan tergerak untuk membuat artikel yang berkualitas yang dicari dan dapat menyelesaikan masalah pengunjung blog Anda.

2. Promosikan Blog Anda Hingga Mendapatkan Trafik Yang Besar
Setelah menulis artikel yang berkualitas, langkah selanjutnya ialah dengan cara mempromosikannya. Bila Anda belum tahu caranya silahkan baca artikel: "Cara Mempromosikan Blog." Promosikan blog Anda hingga mendapatkan trafik yang besar, barulah monetisasi blog Anda.

3. Monetisasi Pada Saat Yang Tepat
Menentukan saat yang tepat untuk memonetisasi blog memang susah-susah gampang, namun dari hasil pengalaman pribadi saya, setidaknya ada 5 parameter yang harus Anda perhatikan dan optimalkan yaitu:

- Junlah Traffic Blog
- Pelanggan RSS
- Jumlah Komentar
- Alexa Rank
- Pagerank

Pastikan blog Anda memiliki jumlah pengunjung, pelanggan RSS, dan jumlah komentar yang banyak serta pastikan alexa rank blog Anda bagus dan memiliki pagerank yang tinggi. Saya rasa, dengan melihat 5 parameter diatas, Anda dapat menentukan kapan saat yang tepat untuk memonetisasi blog Anda.


4. Daftarkan Blog Anda ke Program PPC
Nah, inilah langkah terakhir yang sudah Anda tunggu-tunggu. Daftarkan blog Anda ke program pay per click. Jadi sistem kerjanya cukup mudah, Anda hanya tinggal mendaftar ke program ppc, lalu mengambil script iklan di situs ppc dan memasang iklannya di blog Anda, bila ada pengunjung blog Anda yang mengklik iklan tersebut, maka Anda akan dibayar berdasarkan jumlah klik yang didapat.

Berikut situs yang saya rekomendasikan untuk menghasilkan uang dari blog milik Anda:
1. Google Adsense
2. Idblognetwork
3. Adsensecamp
4. Kliksaya
5. Kumpulblogger

Dengan mendaftarkan blog Anda ke lima situs diatas, maka Anda dapat menghasilkan uang dari blog Anda.

Sebenarnya  masih ada situs lain yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan uang dari blog Anda, namun hemat saya kelima situs diatas memiliki kredibelitas yang tinggi karena teruji oleh waktu dan terbukti membayar para penerbitnya. 

Sebagai penutup, menghasilkan uang dari blog memang tidak mudah, susah malah. Namun saya yakin, jika Anda serius, persisten, sabar, dan mau bekerja keras, maka bukan tidak mungkin satu atau dua tahun kedepan Anda dapat menghasilkan uang dari blog Anda.

Kuncinya adalah berikanlah layanan semaksimal mungkin untuk pembaca, buat blog Anda kredibel, bermanfaat, dan menjadi otoritas di dalam bidang yang Anda pilih, baru kemudian lakukanlah monetisasi apapun seperti yang Anda inginkan.

Semoga bermanfaat. Keep Blogging! :)

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating terbaikmu atau kirim tip donasi sebagai bentuk apresiasi kepada kreator;


10k 20k 25k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website atau blog lain. Apabila kamu ingin menggunakan konten kami sebagai referensi karya ilmiah baik itu; jurnal, skripsi, buku komersil, harap ajukan izin terlebih dahulu kepada admin website DBP.

Aturan Berkomentar

Pembaca bebas berdiskusi dan konsultasi terkait materi edukasi sesuai topik konten. Semua komentar akan dimoderasi dan hanya komentar yang relevan saja yang akan terbit, untuk komentar spam yang dikirim spammer, maaf, komentar Anda tidak akan lolos dan semua link aktif di komentar sudah dinon-aktifkan melalui sistem website kami.