8 Secrets Blogger Life – Siapkah Kamu Menjadi Seorang Blogger?

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok kasih tip biar kreator hepi dan makin semangat update bikin konten edukasi buat Kamu;
10k 20k 25k 50k 100k 150k

Freepik.com
Bagaimana realitas atau kehidupan keseharian seorang blogger dalam mengelola blognya? Pernahkan Kamu berpikir, “Siapa sih Blogger itu?” 

Banyak yang mengartikan blogger sebagai penulis lepas yang menulis sesuatu di halaman web, begitu Kamu membuat blog, maka Kamu sekarang adalah seorang blogger.

Semua orang bisa membuat blog, mudah, cepat, hanya butuh beberapa detik blog pun jadi. Namun, kenyataannya banyak blog yang kini hanya tinggal tampilannya saja, kontennya sudah beberapa bulan atau bahkan tahun tidak diupdate. Pertanyaannya, apakah Kamu siap menjadi seorang blogger?
Artikel ini akan mengajakmu sadar, peka, dan mengenal siapa Kamu sebenarnya sekarang ini. You’re blogger now. So, you must know about it.

1. Seorang Blogger Harus Sabar Mengelola Topik
Jika Kamu sudah memutuskan mengambil topik tertentu untuk blogmu, misalnya topik tips blog atau pendidikan. Perlu kesabaran untuk mengelola topik tersebut. Sabar itu sifat mulia kawan.


ketika Kamu sabar mengelola sebuah topik, misalnya pendidikan. Jenis pembaca blog niche pendidikan adalah pelajar berarti Kamu sedang berbagi ilmu kepada mereka layaknya seorang guru. Kamu harus bangga pada dirimu sendiri bahwa blogmu bermanfaat untuk pelajar.

2. Teratur Mengupdate Konten Blog
Setidaknya cobalah untuk teratur mengupdate konten blogmu, konten blog ibarat materi pelajaran yang hendak diajarkan kepada muridmu di kelas. Bila materinya itu-itu saja, maka lama kelamaan mereka pun akan bosan dan jenuh. Maka dari itu, perlunya mengupdate konten dengan teratur supaya pembaca menemukan sesuatu yang baru diblogmu.

3. Etika Blogging yang Baik
Etika dalam bahasa Yunani disebut Ethos yang berarti norma-norma, peraturan, kaidah-kaidah dan ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik. Blogging juga memiliki etika dimana seorang blogger harus mematuhi norma-norma yang berlaku dalam blogosphere. 

Pertama, etika menulis blog. Bila diperhatikan seksama, etika menulis blog masih menjadi topik kontroversial di kalangan para blogger. Kita ambil satu kasus, yaitu copy paste! Tradisi mencontek begitu melekat, sampai-sampai di dunia maya pun ada perilaku plagiasi dimana seorang blogger mengcopy paste tulisan blog lain ke blog miliknya sehingga seolah bila pembaca tidak teliti lagi, tulisan tersebut bisa saja dikira sebagai karyanya si plagiator .

Coba bayangkan, bagaimana perasaan teman kita yang artikelnya dicopy paste tanpa izin, pasti sakit hati, kesal, sedih, tidak terima, dan frustasi pasalnya ia telah meluangkan waktu yang tidak sedikit untuk menulis satu post entri.

Maka dari itu, sebagai blogger yang baik. Marilah budayakan menulis artikel orisinil. Ungkapan: “Kalau bisa nulis sendiri, ngapain copas?” Nyeleneh tapi ungkapan itu ada benarnya juga. Selagi tangan ini masih mampu menulis, gunakanlah ia dengan etika yang benar.

Coba renungkan, kita telah diberi akal oleh Tuhan, dengan potensi akal tersebut kita bisa menulis, alamgkah baiknya jika kita mengandalkan akal kita untuk menulis artikel sendiri sebagai tanda syukur atas nikmat-Nya. 

Niat kita yang semula mulia yaitu berbagi ilmu di blog menjadi tak berguna karena ada salah satu tulisan yang merupakan hasil copy paste dari blog lain. Bukankah tujuan kita menulis ialah untuk memberi manfaat kepada orang lain? 

So, mulai sekarang. Niatkan aktivitas ngeblogmu untuk berbagi ilmu sebanyak-banyaknya kepada pembaca lewat blogmu. 

Kedua, Menurut ketentuan kode etik blogger, jika ingin mengutip artikel blogger lain, cantumkan sumber yang kita kutip. Misal:

“Nama penulis, dan alamat blog dimana kita mengutipnya, dan jika perlu sertakan link back untuk penulis asli.”

4. Teruji oleh Waktu
Biasanya banyak blogger yang semangat di tiga bulan pertama, rajin ngepost artikel baru, blogwalking, building link, dan optimasi seo. Namun, ketika ia mendapati uang yang selama ini ia dambakan tak kunjung sampai ditangan, maka ia akan mundur. Bila Kamu ingin menjadi seorang pro blogger atau professional blogger.

Maka, kamu harus teruji oleh waktu. Seberapa lamakah kamu bisa bertahan menekuni aktivitas ini? Waktu yang akan menjadi jawabannya. Jika kamu ingin sukses dan pembaca mengenalmu, maka mau tidak mau blog tersebut haruslah diuji oleh waktu. Blog yang baik dan sukses ialah blog yang sudah online sejak 2-3 tahun atau bahkan lebih dari itu.

5. Siapkan Diri
Tidak semua orang setuju dengan tulisan kita di blog, mungkin ada yang akan mencemooh, memaki, menjelek-jelekkan. Jadi, saran saya adalah siapkan dirimu untuk tetap rendah hati dan menjadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa mendatang.

6. Visi ke depan
Blogger seharusnya tidak hanya berpikir tentang hari ini, namun juga memikirkan tentang hari esok karena seorang blogger bila memiliki visi yang jauh ke depan, maka ia akan lebih terarah dalam merealisasikan visinya tersebut. Coba bayangkan, apa yang akan terjadi pada blogmu setahun mendatang? Tuliskan target yang ingin kamu capai untuk blogmu dan melangkahlah!

7. Keinginan kuat untuk terus belajar
Ungkapan: Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Cina. Seorang blogger dituntut untuk terus dan terus belajar terutama mengenai topik yang dibahas diblognya supaya selalu ada hal baru yang disajikan untuk pembaca blognya. 

Ini berarti, kamu harus meluangkan waktu untuk membaca blog lain, membaca buku, membaca majalah, dan membaca koran. Dengan begitu, diharapan kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuanmu sehingga kamu selalu punya informasi terbaru untuk ditulis diblogmu.

Bila Kamu sedang kehabisan ide, saya telah membuat artikel megenai cara mendapatkan ide menulis blog yang bisa kamu baca pada post: "7 Tips Teruji mendapatkan Ide Menulis Blog"

8.  Berkomunikasi Antar blogger
Blogwalking atau dalam istilah jamaknya jalan-jalan ke blog lain dengan tujuan bersilaturahmi, berkomunikasi, dengan blogger lain melalui kotak komentar. Bisa juga kamu bergabung ke komunitas blogger yang ada di kotamu, siapa tahu kamu bisa ikutan event seru yang bisa meningkatkan koneksi dan pengetahuanmu seputar dunia blogging. Disitulah komunikasi antar blogger terjadi. So, keep socialize with others blogger.

Blogger, blogger, dan blogger. Tak ada habis-habisnya membahas figur yang satu ini. Jika Kamu sudah siap dengan sisi realitas keseharian kehidupan seorang blogger, selamat menekuni aktivitas blogging. Semoga bermanfaat dan salam blogger. :)

Sudah Siapkah Kamu Menjadi Seorang Blogger?

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating terbaikmu atau kirim tip donasi sebagai bentuk apresiasi kepada kreator;


10k 20k 25k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website atau blog lain. Apabila kamu ingin menggunakan konten kami sebagai referensi karya ilmiah baik itu; jurnal, skripsi, buku komersil, harap ajukan izin terlebih dahulu kepada admin website DBP.

Aturan Berkomentar

Pembaca bebas berdiskusi dan konsultasi terkait materi edukasi sesuai topik konten. Semua komentar akan dimoderasi dan hanya komentar yang relevan saja yang akan terbit, untuk komentar spam yang dikirim spammer, maaf, komentar Anda tidak akan lolos dan semua link aktif di komentar sudah dinon-aktifkan melalui sistem website kami.