3 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menonaktifkan Moderasi Komentar di Blog Milikmu

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok, kasih tip donasi minimal 10k sebagai bentuk apresiasi untuk kreator via Lynk.ID / Whatsapp
10k 20k 25k 10k 20k 25k

Pernah tidak kamu menemukan blog yang menerapkan moderasi komentar? Saya yakin, kamu pasti pernah atau bahkan tahu blognya. Blogger mana yang tak mau blognya ramai dengan komentar dari pembacanya? Jawabannya pasti semua berkata: "Ya" namun dalam prakteknya tetap ada saja yang menerapkan fitur moderasi komentar, bukannya saya melarang, namun dibalik hal itu semua ada dampak negatif yang akan menciderai hati pembaca atau sahabat bloggermu yang ingin sekedar berinteraksi denganmu. Baiklah, mari kita bahas ke-3 alasan tersebut.
3 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menonaktifkan Moderasi Komentar di Blog Milikmu
3 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menonaktifkan Moderasi Komentar di Blog Milikmu

1. Mematikan budaya berkomentar

Blogger mana coba yang tidak mau blog miliknya menerima banyak komentar? Semuanya pasti mau, termasuk saya juga. Untuk blog ini saya tidak menerapkan moderasi komentar, jadi kamu bebas berinteraksi dengan saya mengenai topik yang dibahas di blog ini. 

Bila kamu ingin membangun sebuah kultur budaya berkomentar, seharusnya kamu pikirkan dahulu baik-baik, kalau moderasi komentar diterapkan sama saja kamu tidak berniat untuk berinteraksi dengan pembaca blogmu, cobalah matikan moderasi komentar sehingga pembaca blogmu mau dengan senang hati meluangkan waktunya untuk berkomentar di blog milikmu.

2. Membuat Pembaca Enggan Berkomentar


Betapa tidak? Blog yang menerapkan moderasi biasanya khawatir dengan dampak seo di blognya karena dewasa ini memang banyak terjadi penyalahgunaan fitur komentar di blog seperti spamming comment. 

Dan tidak hanya itu, untuk memperkuat proteksi maka blogger tersebut menambah capatcha sehingga ia yakin bahwa yang menulis komentar bukanlah robot melainkan manusia. 

Saya pikir hal itu akan membuat pembaca menjadi semakin merasa enggan untuk menulis komentar di blog tersebut.

3. Membuat Pembaca Menunggu Komentarnya Diterbitkan di Blog Tersebut.


Saya pernah melakukan blogwalking dan meninggalkan sebuah komentar di blog tersebut. Seperti yang dibahas dalam artikel ini, blog tersebut pun menerapkan moderasi komentar. 

Setelah saya menuliskan komentar, maka akan ada notifikasi atau pemberitahuan "komentar anda akan muncul setelah dimoderasi.

alhasil saya harus menunggu lama kapan komentar tersebut akan muncul, dan kapan akan dibalas oleh pemilik blog tersebut. Bisa besok, bisa minggu depan, bisa bulan depan atau bahkan tahun depan. 

Dan bagian terburuknya ialah, ketika moderasi komentar diaktifkan, maka pembaca akan lupa di tulisan mana sebelumnya ia meninggalkan komentar dan tentu hal ini merugikan bagi blogger karena mempersulit pembaca blog.

Bukankah blog merupakan tempat umum dimana setiap pembaca memiliki hak untuk berkomentar? Moderasi komentar menurut saya pribadi perlu dinonaktifkan pasalnya ada dampak buruk yang membuat pembaca blog kita sulit berkomentar dan nantinya akan berdampak pada blog kita sendiri.

Jadi, apakah Kamu akan menonaktifkan moderasi komentar blogmu?

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating & kirim tip donasi minimal 50k untuk kreator via Lynk ID / Whatsapp ;


50k 100k 150k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten & Aturan Berkomentar

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang keras menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website, blog, karya ilmiah (jurnal, skripsi, buku komersil). Aturan berkomentar mudah, cukup komentar sesuai topik artikel, semua komentar akan dimoderasi, komentar yang relevan & tidak SPAM akan diterbitkan.