Kunci Sukses Make Money From Blog: Content, Traffic, Pre-selling, dan Monetize (Pilar CTPM)

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok, kasih tip donasi minimal 10k sebagai bentuk apresiasi untuk kreator via Lynk.ID / Whatsapp
10k 20k 25k 10k 20k 25k

Kunci Sukses Make Money From Blog: Content, Traffic, Pre-selling, dan Monetize (Pilar CTPM)
Tahukah Kamu apa itu pilar CTPM? Apabila Kamu yang menekuni aktifitas ngeblog untuk menghasilkan uang, beruntunglah karena artikel ini adalah salah satu kunci utama yang banyak diterapkan oleh para blogger professional khususnya di Indonesia.

Aktifitas ngeblog kini di Indonesia sudah seperti trend tersendiri yang semakin berkembang hal itu ditandai dengan banyaknya komunitas blogger di nusantara.

Sekarang ngeblog tidak hanya diakrabi oleh anak muda saja bahkan orangtua, muda, dan anak-anak pun kini memiliki blog. Ngeblog dan dapat uang apa salahnya? Menarik rasanya bila kita bisa menghasilkan uang hanya karena hobi kita yakni blogging. :)

Terus terang saya selalu miris menemui pola pemikiran menyesatkan yang menganggap bahwa make money from blog itu gampang. Kita hanya tinggal membuat blog, daftar ke situs ppc seperti Idblognetwork, kliksaya, lalu memasang iklannya di blog dan uang pun ditangan. :(

Mohon maaf, sayangnya make money from blog itu tidak gampang, susah malah dan penuh perjuangan serta kerja keras.

Memang banyak artikel di internet yang menyajikan cara cepat menghasilkan uang dari blog namun tetap saja, terlalu banyak informasi yang ada kita bingung harus mengikuti tutorial yang mana. Nah, pilar ini diharapkan dapat membantu Kamu untuk dapat menemukan jalan yang tepat dalam meraih impianmu yakni make money from blog.

Pilar CTPM adalah kunci sukses yang bisa Kamu ikuti dengan mudah untuk menghasilkan uang dari blog. Teori yang digagas oleh Ken Evoy, pendiri SiteSell.com dan SiteBuildt, ini bisa Kamu terapkan baik bagi Kamu yang baru menekuni aktifitas ngeblog maupun yang sudah lama menekuni aktifitas blogging.

Pilar CTPM terdiri dari 4 pilar yaitu:

1. Content
Pada pilar pertama ini Kamu diharuskan untuk memperkuat seo on page blog mu khususnya pada penyediaan artikel karena blog tanpa artikel tak bisa memberi banyak manfaat kepada pembacanya. Maka dari itu, hal pertama yang harus Kamu pikirkan adalah bukanlah PROGRAM monetisasi apa yang harus Saya pilih, melainkan KONTEN seperti apa yang harus Saya tulis.

Content first. Monetization later.

2. Traffic
Konten adalah raja, namun konten bukanlah segala-galanya. Dalam dunia blogging, konten yang bernilai tinggi dan bermanfaat tidak cukup sebagai ukuran kesuksesan monetisasi blog. Konten yang bagus, sempurna, tidak dengan serta merta dapat menarik pembaca. Ya, menarik traffic ke blog milikmu adalah langkah kedua yang harus kamu lakukan setelah menulis konten yang bagus.

3. Pre-Selling

Building a blog is all about building relationship

Mana yang kamu pilih: Pemilik blog yang selalu membalas komentar di blog miliknya atau pemilik blog yang acuh tak acuh dan tidak pernah membalas komentar dari pembaca blognya?

Saya tidak tahu jawaban Kamu apa, namun bilamana Saya diizinkan untuk memilih, maka Saya akan memilih pemilik blog yang pertama. Kenapa? Barangkali bukan karena konten artikel mereka lebih baik, namun lebih karena mereka melayani dengan hati. Mereka melayani dengan kehangatan dan ketulusan dalam merespon komentar dari pembacanya sehingga pembaca merasa dihargai. :)

4. dan Monetize
C-T-P- Sekarang M! Ya, Monetize. Bila Kamu sudah mencapai tahap ini, berarti Kamu sudah membuat konten yang bermanfaat, dan dibutuhkan pembaca blogmu, Kamu juga telah mendatangkan traffic ke blog milikmu, serta Kamu juga sudah melakukan Pre-Selling dengan membangun kepercayaan dan kredibilitas di mata pembaca blogmu. Nah, sekaranglah saatnya untuk merubah aliran traffic blogmu menjadi aliran penghasilan. Kamu bisa memonetisasi blogmu dengan berbagai macam cara seperti affilate, iklan mandiri atau PPC (Pay Per Click). Bila kebetulan ternyata Kamu menyukai dan ingin menekuni bisnis online pay per click, Kamu bisa mendaftarkan blogmu di situs ppc lokal yang ada di Indonesia seperti Idblognetwork, Kliksaya, dan Kumpulblogger.

Namun, jika Kamu telah memiliki mindset yang benar bahwa diperlukan usaha yang keras untuk menghasilkan uang dari blog, ulet, sabar, dan persisten untuk mencapainya, menghasilkan uang lewat blog pastinya bukanlah sesuatu yang mustahil.

Kuncinya: Berikanlah manfaat terbesar kepada pembaca dengan fokus dengan pembuatan konten blog yang bermanfaat (C), selanjutnya fokus dalam mendapatkan trafik blog (T), yang ketiga fokus pada pembangunan personal branding untuk mendapatkan kepercayaan dari pembaca blogmu (P), Barulah Kamu bisa memonetisasi blog (M).

Bagaimana menurut Kamu?

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating & kirim tip donasi minimal 50k untuk kreator via Lynk ID / Whatsapp ;


50k 100k 150k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten & Aturan Berkomentar

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang keras menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website, blog, karya ilmiah (jurnal, skripsi, buku komersil). Aturan berkomentar mudah, cukup komentar sesuai topik artikel, semua komentar akan dimoderasi, komentar yang relevan & tidak SPAM akan diterbitkan.