MASIGNASUKAv102
102632425344894399

Cara Kreatif Membuat Screenshot Tanpa Menggunakan Photoshop

Cara Kreatif Membuat Screenshot Tanpa Menggunakan Photoshop
Add Comments
Senin, 11 November 2013
Cara Kreatif Membuat Screenshot Tanpa Menggunakan Photoshop
Cara Kreatif Membuat Screenshot Tanpa Menggunakan Photoshop
Bagaimana Cara Kreatif Membuat Screenshot Tanpa Menggunakan Photoshop? Mau membuat screenshot namun belum mahir menggunakan photoshop? Jangan khawatir, karena saya pun belum terlalu advance menggunakan photoshop, malahan saya menggunakan aplikasi lain untuk mengambil screenshot dan gratis tentunya.

Paint, salah satu aplikasi default bawaan yang telah disematkan langsung ke setiap sistem operasi microsoft windows. Bila sistem operasi (OS) Kamu menggunakan windows, berbahagialah. Karena Kamu bisa memanfaatkan aplikasi tersebut sebagai alternatif mengambil screenshot.

Kreatif adalah suatu kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi kesempatan individu untuk menciptakan ide2 asli/adaptif fungsi kegunaannya secara penuh untuk berkembang” (Widyatun,1999)

Nah, bila Kamu sama sekali tidak memiliki aplikasi photoshop. Kamu harus beradaptasi dengan keadaanmu sekarang. Bagaimana caranya bisa membuat screenshot tanpa menggunakan photoshop juga merupakan satu hal kreatif karena Kamu mampu beradaptasi terhadap suatu keadaan.

Mengambil gambar dengan paint tidak terlalu sulit kok, mudah malah dan semua orang mampu menerapkannya. Yuk, kita simak tutorialnya.

1. Pilih gambar yang hendak kamu ambil. Misal saya ingin mengambil gambar di halaman pencarian gambar, lalu saya mengklik satu gambar dan melihat gambarnya secara keseluruhan seperti gambar dibawah.
Cara Kreatif Membuat Screenshot Tanpa Menggunakan Photoshop
Cara Kreatif Membuat Screenshot Tanpa Menggunakan Photoshop

2. Kemudian, klik tombol "prtsc" yang ada di keyboard laptop atau komputer milikmu.
3. Buka aplikasi paint. Aplikasi itu ada di menu start.
4. Setelah Kamu membuka aplikasi paint, coba kamu tengok ke arah pojok sebelah kiri, disitu terdapat menu "paste" klik tombol tersebut dan gambar kamu pilih di google pencarian akan ada di paint.
Cara Kreatif Membuat Screenshot Tanpa Menggunakan Photoshop
Cara Kreatif Membuat Screenshot Tanpa Menggunakan Photoshop
Cara Kreatif Membuat Screenshot Tanpa Menggunakan Photoshop

5. Edit gambarnya dengan menggunakan crop (baca: crop adalah fasilitas untuk memotong gambar).

Cara Kreatif Membuat Screenshot Tanpa Menggunakan Photoshop
Cara Kreatif Membuat Screenshot Tanpa Menggunakan Photoshop

6. Ketika gambar sudah di crop, itu berarti gambar sudah siap untuk disimpan. Klik menu file yang berlogo dokumen di atas tombol paste tadi. pilih save as, kamu akan diberi pilihan oleh paint akan disimpan dalam bentuk apa gambar tersebut, apakah dalam bentuk format .jpg, .bmp, atau.png. Pilih salah satu dan simpan.

Cara Kreatif Membuat Screenshot Tanpa Menggunakan Photoshop



Saya sering menggunakan aplikasi ini sebagai sarana pendukung dalam membuat artikel pilar atau how-to seperti cara membuat e-mail di Gmail, cara membuat blog, cara mengganti template di blogger, cara mengunduh gambar di BTemplates.com, cara memasang widget alexa, dan artikel pilar lainnya.

Semoga bermanfaat dan bilamana artikel ini dirasa memiliki manfaat lebih bagi kamu, tak ada salahnya untuk membagikannya kepada teman-temanmu ke jejaring sosial.

Bagaimana menurutmu? Pernahkah Kamu menggunakan aplikasi paint untuk membuat screenshot?
Baca Juga
Agung Kharisma

Fresh graduate yang suka menulis konten edukasi di blog pribadi dan pernah menjadi freelance SEO content writer di Blibli.com. Penggemar buku fiksi novel fantasi, horor, petualangan, dan nonfiksi. Cowok childish penyuka sate ayam dan chicken katsu kelas berat yang hobinya travelling ke taman bermain. Saat ini, Agung juga sedang merintis usaha bisnis online di bidang jual beli artikel, penerjemah, mentoring bahasa Inggris, dan menulis di Daily Blogger Pro Academy

  1. Baru tau ada trik seperti ini,biasanya saya pakai aplikasi screenshot dulu baru edit lewat paint ,thanks infonya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Felix Young: Baru pertama kali ya menemukan trik ini? kalau menggunakan aplikasi lain trus menggunakan paint akan menghabiskan banyak waktu untuk satu buah gambar, langsung gunakan paint saja yang agar mempersingkat waktu dalam membuat screenshot. Thanks atas kunjungannya ya. :)

      Hapus
  2. saya biasanya pakai add ons firefox sob, lebih simpel dan praktis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arie Gond3s: agan biasa menggunakan add on firefox ya? kita semua memiliki cara tersendiri ya dalam membuat screenshot. hehe :)
      Semoga bermanfaat artikelnya. :)

      Hapus
  3. Halo apakabar sahabat, saya sering sekali menggunakan cara ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikerenki: Halo juga, alhamdulilah kabar saya baik, kabarmu gimana? Oh ya? kalau kamu sering menggunakan cara ini berarti dalam membuat satu gambar screenshot cepet dong kan udah terbiasa. hehe :)

      Hapus
  4. ternyata cara ini yang sering saya praktekin, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. awhnymous: Well, bagus deh kalo begitu. berarti agan udah terbiasa dong membuat screenshot dengan paint. :)

      Hapus