Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog Dengan PageSpeed Insights Google

Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog Dengan PageSpeed Insights Google
Bagaimana Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog Dengan PageSpeed Insights Google?

Pernah merasa kalau loading blogmu berat namun tidak tahu harus kemana untuk mengetahui seberapa lama loading blogmu?

Mungkin PageSpeed Insights Google dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa Kamu gunakan untuk mengukur kecepatan loading blog milikmu.



Tahukah Kamu? Apa itu PageSpeed  Insights?  

PageSpeed  Insights adalah salah satu tool atau alat web yang disediakan oleh google secara gratis untuk pengguna web seperti owner website atau blog.


PageSpeed  Insight bisa mengukur kecepatan halaman blog dengan dua tampilan yaitu:

1. Tampilan Seluler
Tampilan ini merupakan halaman yang diakses dengan menggunakan media ponsel.

2. Tampilan Komputer
Tampilan ini merupakan halaman yang diakses dengan menggunakan media komputer.

Penghitungan kecepatan didasarkan pada poin 0-100, semakin besar poin yang Kamu dapatkan, maka itu berarti loading blogmu cepat, dan ringan.

Mau tahu gimana sih cara menggunakan PageSpeed  Insights? Yuk simak tutorial berikut ini:

1. Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah pergi mengunjungi halaman PageSpeed  Insights: http://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/
2. Kamu akan diajak menuju halaman homepage PageSpeed  Insights, ada kotak bertuliskan "masukkan url laman web" silahkan kamu masukkan url blog milikmu.


3. Setelah memasukkan url blog milikmu, kemudian klik "analisis", maka PageSpeed  Insight akan melakukan analisis halaman blog milikmu, setelah mengklik tombol analisis, maka akan muncul loading seperti gambar dibawah ini:
 

4. Dan hasil pengecekan pun akan muncul dalam hitungan detik, berikut hasilnya:


Dari hasil pengecekan kecepatan loading blog milik saya dengan menggunakan PageSpeed Insight adalah:

1. Tampilan Seluler: 77/100
2. Tampilan Desktop/Komputer: 74/100

Kemudian, tidak hanya sebatas itu. Ternyata PageSpeed Insights Google juga mempersenjatai fiturnya dengan saran pengoptimalan situs sehingga kita dapat meningkatkan blog milik kita supaya loadingnya semakin cepat, dan ringan. Kira-kira seperti ini saran pengoptimalan dari PageSpeed Insights:

Ringkasan Saran PageSpeed Insight

Coba teman-teman perhatikan pada ringkasan saran diatas terdapat ikon lingkaran kecil berwarna merah, kuning, dan hijau. Kalau kalian masih bingung, silahkan baca keterangannya dibawah ini:

Keterangan Saran Pengoptimalan Situs di PageSpeed Insight
Sebagai penutup, saya ucapkan terimakasih banyak kepada teman-teman yang telah membaca artikel ini sekaligus selamat sekarang kamu sudah bisa dan mampu mengecek kecepatan blog dengan menggunakan PageSpeed Insights Google. :)

Sudah pernahkah Kamu menggunakan PageSpeed Insights Google untuk mengukur kecepatan loading blogmu? Senang sekali bila Kamu mau berbagi hasilnya dengan Saya disini. :)