MASIGNASUKAv102
102632425344894399

Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog Dengan PageSpeed Insights Google

Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog Dengan PageSpeed Insights Google
Add Comments
Tuesday, 5 November 2013
Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog Dengan PageSpeed Insights Google
Bagaimana Cara Mengukur Kecepatan Loading Blog Dengan PageSpeed Insights Google?

Pernah merasa kalau loading blogmu berat namun tidak tahu harus kemana untuk mengetahui seberapa lama loading blogmu?

Mungkin PageSpeed Insights Google dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa Kamu gunakan untuk mengukur kecepatan loading blog milikmu.



Tahukah Kamu? Apa itu PageSpeed  Insights?  

PageSpeed  Insights adalah salah satu tool atau alat web yang disediakan oleh google secara gratis untuk pengguna web seperti owner website atau blog.


PageSpeed  Insight bisa mengukur kecepatan halaman blog dengan dua tampilan yaitu:

1. Tampilan Seluler
Tampilan ini merupakan halaman yang diakses dengan menggunakan media ponsel.

2. Tampilan Komputer
Tampilan ini merupakan halaman yang diakses dengan menggunakan media komputer.

Penghitungan kecepatan didasarkan pada poin 0-100, semakin besar poin yang Kamu dapatkan, maka itu berarti loading blogmu cepat, dan ringan.

Mau tahu gimana sih cara menggunakan PageSpeed  Insights? Yuk simak tutorial berikut ini:

1. Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah pergi mengunjungi halaman PageSpeed  Insights: http://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/
2. Kamu akan diajak menuju halaman homepage PageSpeed  Insights, ada kotak bertuliskan "masukkan url laman web" silahkan kamu masukkan url blog milikmu.


3. Setelah memasukkan url blog milikmu, kemudian klik "analisis", maka PageSpeed  Insight akan melakukan analisis halaman blog milikmu, setelah mengklik tombol analisis, maka akan muncul loading seperti gambar dibawah ini:
 

4. Dan hasil pengecekan pun akan muncul dalam hitungan detik, berikut hasilnya:


Dari hasil pengecekan kecepatan loading blog milik saya dengan menggunakan PageSpeed Insight adalah:

1. Tampilan Seluler: 77/100
2. Tampilan Desktop/Komputer: 74/100

Kemudian, tidak hanya sebatas itu. Ternyata PageSpeed Insights Google juga mempersenjatai fiturnya dengan saran pengoptimalan situs sehingga kita dapat meningkatkan blog milik kita supaya loadingnya semakin cepat, dan ringan. Kira-kira seperti ini saran pengoptimalan dari PageSpeed Insights:

Ringkasan Saran PageSpeed Insight

Coba teman-teman perhatikan pada ringkasan saran diatas terdapat ikon lingkaran kecil berwarna merah, kuning, dan hijau. Kalau kalian masih bingung, silahkan baca keterangannya dibawah ini:

Keterangan Saran Pengoptimalan Situs di PageSpeed Insight
Sebagai penutup, saya ucapkan terimakasih banyak kepada teman-teman yang telah membaca artikel ini sekaligus selamat sekarang kamu sudah bisa dan mampu mengecek kecepatan blog dengan menggunakan PageSpeed Insights Google. :)

Sudah pernahkah Kamu menggunakan PageSpeed Insights Google untuk mengukur kecepatan loading blogmu? Senang sekali bila Kamu mau berbagi hasilnya dengan Saya disini. :)
Agung Kharisma

Fresh graduate yang suka menulis konten edukasi di blog pribadi dan pernah menjadi freelance SEO content writer di Blibli.com. Penggemar buku fiksi novel fantasi, horor, petualangan, dan nonfiksi. Cowok childish penyuka sate ayam dan chicken katsu kelas berat yang hobinya travelling ke taman bermain. Saat ini, Agung juga sedang merintis usaha bisnis online di bidang jual beli artikel, penerjemah, mentoring bahasa Inggris, dan menulis di Daily Blogger Pro Academy

  1. saya baru menggunakannya hari ini mas, setelah baca postingan ini.
    dan ini hasil setelah saya cek di PageSpeed Insights Google.
    untuk seluler 78/100 dan untuk desktop 80/100 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang Ucup: oh, berarti ini pertama kalinya ya mas menggunakan layanan PageSpeed Insights Google. Hasil yang bagus. Blognya mas lebih cepat dan ringan. Tetep semanget ngeblog ya Kang Ucup and makasih udah baca artikel cara mengukur kecepatan loading blog dengan pagespeed insights google :)

      Delete
  2. wah tampilan diblog saya, untuk seluler 73/100, untuk dekstop 76/100,
    masih kencengan blognya kang ucup,

    ReplyDelete
    Replies
    1. awhnymous: udah, nggak usah ngerasa kurang gitu gan.Yang penting blog kita bisa bermanfaat untuk orang lain. Kalau kecepatan blog bisa nyusul lagi nanti. Keep spirit on blogging :)

      Delete
  3. Sudah saya cek blog saya. Ternyata skor nya 78 hmmmm agak lambat juga ya loading blog saya. Harus di perbaiki lagi nich biar lebih cepat dan ngebut kalau di akses. Thanks mas atas informasinya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahyu Eka Prasetiyarini: Kalo 78 menurut saya sih udah cukup rin, kalo dibawah 70 baru harus dioptimasi lagi. Yang penting mah kontennya bermanfaat buat pembaca. udah itu aja cukup. soal kecepatan loading blog bisa diurusin sewaktu-waktu soalnya kalo mereka udah jadi loyal karena artikel kita bisa ngebantu mereka, ya, mau selama apa juga loadingnya tetep aja mereka mau nunggu dan terus ngikuti perkembangan blog kita.

      Delete
  4. Kasih tutorial lengkap untuk memperbaiki low speed blogspot dong gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. All About Android: cara paling mudah mempercepat loading page blog itu, pake template yang ringan, kurangi widget yang kurang berguna, pasang saja widget yang dibutuhkan.

      Delete