Optimus dan Pesimus - Sebuah KIsah Tentang Dua Sisi Blogger

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok kasih tip biar kreator hepi dan makin semangat update bikin konten edukasi buat Kamu;
10k 20k 25k 50k 100k 150k

Apa kabar teman-teman sekalian? Bagaimana Kabarmu pembaca setia blog Daily Blogger Pro? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat selalu. Kali ini, saya ingin berbagi tulisan, tipenya cerita pendek, dan tentunya mengenai blogger pula.

Optimus dan  Pesimus - Sebuah KIsah Tentang Dua Sisi Blogger
Gambar diunduh dari google.com


Alkisah ada dua orang blogger bernama optimus dan pesimus. Keduanya sama-sama ingin mendapatkan penghasilan dari blog pribadinya. Keduanya ini masih tergolong newcomer atau newbie di dunia blogger, jadi mereka harus mempelajari segala hal tentang seluk beluk blog dari awal.

#Membuat Blog

Sudah 1 minggu berselang, Optimus dan Pesimus sedang giat-giatnya belajar membuat blog. Blogger pertama, pesimus berucap "Wah, gimana mau dapetin uang dari blog, lah ngebuat blog aja susahnya sudah setengah mati, aku memang tidak cocok, tidak berbakat dalam membuat blog, lebih baik aku berhenti saja!"

Blogger kedua, Optimus berucap "Alhamdulilah, walaupun aku belum bisa membuat blog, aku bersyukur karena dalam seminggu ini telah belajar banyak hal tentang blog khususnya bagaimana cara membuat sebuah blog. Aku akan terus berusaha sampai berhasil tak peduli jatuh hingga 100 x pun akan terus kucoba hingga berhasil membuat blog milikku sendiri"


#Menulis Artikel

Sama-sama kita ketahui bahwa seorang blogger harus menulis artikel sehari sekali atau setidaknya seminggu sekali agar blognya tetap update.

Alkisah pula, Pesimus dan Optimus sedang duduk di layar komputer sambil menulis sampai 2 jam lebih.

Pesimus kesal "Sial, sial, sial! Udah dua jam lebih tulisanku nggak jadi-jadi! Pasti nggak ada yang mau baca sama sekali!"

Optimus berujar "Alhamdulilah, sudah 2 jam berlalu aku menulis, itu berarti aku sedang berlatih kebiasaan baru yang bermanfaat yakni menulis"


#Promosi Blog

Alkisah Pesimus dan Optimus sudah 1 bulan menjadi blogger, mereka kini sudah memiliki banyak tulisan dan sudah saatnya bagi mereka untuk mempromosikan blognya.

Pesimus kecewa "Kesel banget sih! Udah sebulan promosiin blog, tapi kok cuma ada 10 pengunjung per-harinya? Harusnya udah ada 500 pengunjung dalam sehari! Kalo begini hasilnya, lebih baik aku berhenti jadi blogger saja!

Berbeda dengan Optimus "Alhamdulilah, bulan ini aku sudah mendapatkan 10 pengunjung setia tiap harinya, aku akan berusaha semaksimal mungkin menulis dan memberikan yang terbaik untuk mereka."

#Monetize Blog

Suatu ketika di tahun 2010 berdirilah ppc lokal premium yang diburu oleh para blogger newbie hingga professional, Idblognetwork namanya. Pesimus yang tergiur ingin mencoba peruntungan akhirnya mendaftarkan blognya ke ppc tersebut, namun sayang, dia ditolak karena artikel miliknya adalah hasil copy paste dari blog lain.

Pesimus mengamuk! Sial, sial, sial! Gara-gara sering copy paste artikel blog lain, aku selalu ditolak jadi publisher, nggak adil! Masa temen-temenku diterima sedangkan aku tidak!"

Berbeda dengan Optimus yang selalu melatih tulisan-tulisannya sendiri sehingga dari bulan ke bulan terlihat ada perkembangan dan tentunya artikel miliknya orisinil. Ia pun memutuskan untuk mendaftar juga ke ppc tersebut, hasilnya? Ia diterima karena kualitas blognya bagus.

Optimus bersyukur "Alhamdulilah, berkat kerja kerasku berlatih menulis setiap hari, banyak manfaat yang kuperoleh, pengunjung terus meningkat dan kabar baiknya aku diterima oleh ppc idblognetwork, ini adalah awal baru untuk merealisasikan impianku untuk mendapatkan penghasilan sendiri dari blog."

#Pesan Moral

Pesimus: Selalu mengeluh, dan mudah menyerah, emosional, menginginkan segalanya dengan instan dan cepat, berlaku curang dalam menghasilkan tulisan lewat copy paste, tidak bersyukur, dan suka membuat alasan.

Optimus: Bisa melihat sisi lain karena segalanya ada sisi baik dan negatifnya walaupun belum berhasil membuat blog iya meyakini apa yang sudah diusahakannya tidaklah sia-sia namun menghasilkan yakni pembelajaran teknis mengenai pembuatan blog, bersyukur karena mendapatkan kesempatan untuk membiasakan habit menulis, senang dengan berapa pun jumlah pengunjung yang singgah ke blognya, baginya pengunjung bukanlah statistik angka belaka, yang sehari sekali dicek, melainkan mereka adalah teman, dan mereka memiliki hati, ia terdorong untuk terus memberikan yang terbaik untuk pengunjung setianya, pekerja keras, dan tidak suka beralasan.

Baik Optimus maupun pesimus, keduanya merupakan gambaran kita atau setidaknya realitas sosok blogger yang ada saat ini. Bila kita harus memilih, jawabannya pasti semua akan memilih tipe blogger optimus, tidak salah memang bila kita menjatuhkan pilihan tersebut asalkan kita mau berkomitmen untuk terus belajar, belajar, dan belajar. Jangan pula membuat alasan, karena itu hanya akan menghambatmu untuk maju dan berkembang, mau jadi blogger apapun kita, semuanya ada ditangan kita, karena kita lah yang menjalaninya, terimakasih untukmu yang membaca tulisan ini, semoga apa yang kau baca ini bisa bermanfaat, semoga apa yang kau cita-citakan selama ini tercapai. :)

Bagaimana menurut Anda?

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating terbaikmu atau kirim tip donasi sebagai bentuk apresiasi kepada kreator;


10k 20k 25k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website atau blog lain. Apabila kamu ingin menggunakan konten kami sebagai referensi karya ilmiah baik itu; jurnal, skripsi, buku komersil, harap ajukan izin terlebih dahulu kepada admin website DBP.

Aturan Berkomentar

Pembaca bebas berdiskusi dan konsultasi terkait materi edukasi sesuai topik konten. Semua komentar akan dimoderasi dan hanya komentar yang relevan saja yang akan terbit, untuk komentar spam yang dikirim spammer, maaf, komentar Anda tidak akan lolos dan semua link aktif di komentar sudah dinon-aktifkan melalui sistem website kami.