MASIGNASUKAv102
102632425344894399

5 Aktifitas Bermanfaat yang Bisa Anda Lakukan di Bulan Ramadhan

5 Aktifitas Bermanfaat yang Bisa Anda Lakukan di Bulan Ramadhan
Add Comments
Rabu, 02 Juli 2014
Dalam kurun waktu setahun, ada satu bulan yang lebih istimewa dibandingkan 11 bulan lainnya karena di bulan inilah terdapat malam yang lebih mulia dari seribu bulan, yakni Lailatur Qadar. Kita, sebagai umat muslim turut berbahagia dalam menyambut bulan yang suci ini, tentu karena kesempatan menikmati bulan Ramadhan hanya setahun sekali, sayang sekali bila kita melewatkannya begitu saja. Maka dari itu, mari kita isi bulan ini dengan aktifitas yang bermanfaat.

5 Aktifitas Bermanfaat yang Bisa Anda Lakukan di Bulan Ramadhan
5 Aktifitas Bermanfaat yang Bisa Anda Lakukan di Bulan Ramadhan (di unduh dari google.com)


Teman-teman, tahukah kalian? Aktifitas apa saja yang bisa kita lakukan di bulan suci Ramadhan dan tentunya mendapat pahala yang berlipat ganda?

Setidaknya ada 5 aktifitas bermanfaat yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan. Tertarik? Apa saja aktifitasnya? Yuk kita simak bersama-sama.

1. Puasa Ramadhan

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa". (QS.Al-Baqarah 2:183)

Puasa berasal dari bahasa Arab, yakni shaum atau shiyam. Puasa merupakan ibadah yang diwajibkan atas setiap muslim. Dengan berpuasa kita secara tidak langsung telah menunaikan rukun islam yang ke-3. Dalam aktifitas ini, selain bernilai ibadah, kita juga belajar untuk bersabar dalam menahan lapar dan haus, belajar untuk jujur tidak membatalkan puasa walaupun tidak ada yang melihat, menundukkan hawa nafsu dan amarah, serta menumbuhkan rasa empati dengan merasakan lapar dan dahaga seperti apa yang dialami fakir miskin dalam kesehariannya.

2. Sholat Tarawih

Ibadah yang satu ini hanya ada di bulan Ramadhan. Jadi, rasanya sayang untuk dilewatkan. Sholat tarawih biasanya dilaksanakan pada malam hari tepatnya ba'da isya. Jumlah sholat tarawih ada yang 11 rakaat sebagaimana diriwayatkan oleh Aisyah RA:

"Tidaklah Rasulullah sholat malam di bulan Ramadhan maupun diluar Ramadhan tidak lebih dari sebelas rakaat". (HR.Bukhari, Muslim, Nasa'i, dan Tirmidzi).

Namun demikian, ada beberapa ulama berpendapat yang membolehkan melaksanakannya dengan 20 rakaat belum termasuk witir. Wallahualam, yang terpenting dilakukan dengan khusyu, dihayati dan tidak tergesa-gesa.

3. Membaca Al-Quran

Untuk menjadikan ibadah puasa kita lebih berkualitas lagi, mari kita isi dengan aktifitas yang bermanfaat seperti membaca Al-Quran. Semakin banyak membaca, semakin bagus, apalagi sampai khatam. Subhanallah.

Tahukah kalian? Allah SWT memberikan pahala yang besar bagi hambaNya yang membaca Al-Quran, sebagaimana sabda Rasulullah:

"Barangsiapa membaca satu huruf kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, satu kebaikan dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tapi alif itu satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf". (HR.Tirmidzi - hasan sahih).

Subhanallah! Hanya dengan membaca satu huruf, kita diberi hadiah 10x lipatnya. Mari kita perbanyak membaca Al-Quran mulai dari sekarang.

4. Banyak Bersedekah

Alangkah baiknya bilamana kita memperbanyak bersedekah, bisa dengan uang bisa juga dengan memberi makan orang yang berpuasa. Teringat puasa dua tahun yang lalu, ketika itu ibu menyuruhku membawa makanan untuk diberikan kepada orang yang berpuasa di masjid. Setelah sering membaca referensi mengenai Islam, saya baru tahu kalau memberi makan orang berpuasa termasuk sedekah, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

"Barangsiapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya seperti pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi sedikitpun dari pahalanya". (HR.Ahmad dan Tirmidzi).

5. I'tikaf di Masjid

I'tikaf ialah berdiam diri di masjid dalam rangka beribadah kepada Allah SWT seperti membaca Al-Quran, membaca do'a, dan berdzikir. I'tikaf hanya dilakukan pada malam hari tepatnya 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Pada 10 hari terakhir  biasanya ramai dengan orang-orang yang beri'tikaf dengan tujuan mendapatkan Lailatul Qadar, yaitu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Rasulullah SAW bersabda:

"Dalam bulan Ramadhan terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan". (HR.Muslim).

Semoga apa yang kau baca ini bisa bermanfaat, semoga apa yang kau cita-citakan selama ini tercapai. Mari kita isi waktu luang kita di bulan penuh berkah ini dengan membaca Al-Quran, banyak bersedekah, sholat tarawih, shaum, dan beri'tikaf di masjid. :)

Bagaimana menurut Anda? 
Baca Juga
Agung Kharisma

Fresh graduate yang suka menulis konten edukasi di blog pribadi dan pernah menjadi freelance SEO content writer di Blibli.com. Penggemar buku fiksi novel fantasi, horor, petualangan, dan nonfiksi. Cowok childish penyuka sate ayam dan chicken katsu kelas berat yang hobinya travelling ke taman bermain. Saat ini, Agung juga sedang merintis usaha bisnis online di bidang jual beli artikel, penerjemah, mentoring bahasa Inggris, dan menulis di Daily Blogger Pro Academy