Betulkah Make Money From Blog itu Gampang?

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok, kasih tip donasi minimal 10k sebagai bentuk apresiasi untuk kreator via Lynk.ID / Whatsapp
10k 20k 25k 10k 20k 25k

Alkisah pada tahun 2009 bisnis ppc di Indonesia sedang buming di kalangan blogger, mulai dari blogger newcomer hingga pro blogger tidak ikut ketinggalan dalam memanfaatkan momen tersebut pasalnya dengan mengikuti program ppc, itu berarti mereka bisa menghasilkan uang dari blog atau lebih sering dikenal dengan "make money from blog".

Pada suatu hari ada blogger newbie yang bertanya kepada pro blogger.

Betulkah Make Money From Blog itu Gampang?
Betulkah Make Money From Blog itu Gampang? - gambar diunduh dari google.com


"Pak, program make money from blog apa yang menghasilkan uang paling cepat dan gampang? Diantara IBN, Adplus, Adstar, Kliksaya, AdsenseCamp, mana yang lebih mudah menghasilkan uang?"

To tell you the truth, terus terang, saya selalu miris menemui seseorang dengan pola pikir salah yang menganggap make money from blog itu gampang. Tinggal bikin blog, pasang iklan, uang pun di tangan.

Benarkah semudah itu?

Mohon maaf, sayangnya make money from blog itu tidak gampang.


Menurut saya, cara berpikir menyesatkan yang menganggap bahwa mendapatkan uang dari blog itu gampang karena cuma tinggal bikin blog dan pasang-pasang iklan disana-sini tidak akan berhasil setidaknya karena dua hal.

Pertama, ketika kita sekedar menjejali blog kita dengan iklan dimana-mana, tanpa sadar kita sedang menghancurkan reputasi blog kita sendiri. Pastinya pembaca blog kita pada akhirnya pasti tahu kalau kita hanya mau menghasilkan uang dengan cepat lewat blog, dan akibatnya mereka pergi meninggalkan blog kita karena merasa dimanfaatkan.

Kedua, ketika kita menjejali blog dengan iklan dimana-mana dan berpikir begitulah caranya menghasilkan uang dari blog, dengan segera kita akan menemui kekecewaan karena uang yang kita impikan justru tidak ada di tangan. 

Benar memang, menghasilkan uang lewat blog itu tidak gampang. Meskipun demikian, menghasilkan uang dari blog bukanlah hal yang tidak mungkin. Kenapa? Karena sudah banyak blogger-blogger baik itu dalam negeri maupun luar negeri yang sudah membuktikan bahwa mereka benar-benar menghasilkan uang dalam jumlah yang luar biasa.

Lalu, bagaimana cara menghasilkan uang dari blog dengan benar?

Alih-alih sibuk memikirkan program make money from blog yang gampang dan cepat, lebih baik Anda memikirkan bagaimana caranya Anda bisa memberikan manfaat terbesar dan dibutuhkan oleh pembaca blog Anda. Buatlah  blog Anda sebagai rujukan utama dan jadilah authority blogger untuk topik yang Anda pilih.

Ya, blog dengan niche dan konten bermanfaatlah yang pada akhirnya akan menghasilkan pundi-pundi uang terbesar ke kantong Anda. Bukan soal pilihan program monetisasi.

Sekedar catatan, bahkan 2 blog populer (menurut Technorati) dengan penghasilan luar biasa adalah blog-blog dengan niche unik masing-masing dan tentunya bukan sekedar blog copy-paste kode iklan.

Jika ada waktu luang, Saya sarankan Anda untuk berkunjung dan mempelajari ke-2 blog terpopuler menurut Technorati berikut ini.

1. TechCrunch.com (Berita dan Web)
2. Problogger.net (Tips-tips blogging dan make money from blog)

Jika kita amati dengan seksama akan jelas terlihat bahwa nyaris kedua blog tersebut memiliki konten yang unik dan luar biasa bermanfaat untuk pembaca.

Lalu, sulitkah menjadi authority blogger?

Ya.

Karena itulah tidak semua blogger mampu menghasilkan uang dalam jumlah luar biasa. Seorang Darren Rowse (pemilik Problogger.net) harus mati-matian mengatur waktu dan mengelola blognya selama beberapa tahun pertama di sela-sela 3 jenis pekerjaan part-time yang kala itu harus dijalaninya. Seorang Michael Arrington (pemilik TechCrunch.com) harus begadang hingga pukul 4 pagi nyaris setiap hari hanya untuk mendapatkan berita-berita ekslusif teknologi terbaru yang belum diposting di blog lain.

Kedua blog populer ini menghasilkan uang dalam jumlah luar biasa karena terlebih dahulu memberikan manfaat terbesar untuk para pembacanya. Bukan sebaliknya.

Dari pengalaman saya, dulu sewaktu pertama kali ngeblog, saya dan ketiga teman saya memutuskan untuk make money from blog. Setelah 3 bulan ngeblog dan sama sekali tidak mendapatkan uang dari ngeblog, mereka bertiga mundur perlahan satu persatu dan blog mereka mengalami sudden death, akibatnya blognya tidak update, pembaca blog mereka menurun karena tahu bahwa pemilik blog hanya ingin cepat menghasilkan uang lewat blog dengan cara menjejali blognya dengan iklan dimana-mana. 

Alhamdulilah, meskipun sekarang mereka bertiga sudah tidak lagi ngeblog, saya masih bisa bertahan, karena Saya tahu make money from blog itu tidaklah mudah, susah malah. Namun, jika kita sudah memiliki mindset yang benar bahwa diperlukan usaha yang keras untuk menghasilkan uang lewat blog, ulet, sabar, persisten untuk mencapainya, menghasilkan uang lewat blog niscaya bukanlah sesuatu yang mustahil.

Kuncinya: Berikanlah terlebih dahulu manfaat terbesar untuk para pembaca blog Anda dengan konten yang bermanfaat. :)

Bagaimana menurut Anda?

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating & kirim tip donasi minimal 50k untuk kreator via Lynk ID / Whatsapp ;


50k 100k 150k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten & Aturan Berkomentar

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang keras menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website, blog, karya ilmiah (jurnal, skripsi, buku komersil). Aturan berkomentar mudah, cukup komentar sesuai topik artikel, semua komentar akan dimoderasi, komentar yang relevan & tidak SPAM akan diterbitkan.