10 Menit Belajar Zero and First Conditional Sentece Langsung Bisa!!! - Grammar #1

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok, kasih tip donasi minimal 10k sebagai bentuk apresiasi untuk kreator via Lynk.ID / Whatsapp
10k 20k 25k 10k 20k 25k

Apakah kamu pernah belajar zero dan first conditional sentence di kelas? Sudah serius-serius belajar grammar tapi masih belum bisa juga? Kalo gitu, bisa jadi karena media yang digunakan oleh tutormu sewaktu mengajar tidak cocok dengan gaya belajarmu. Oke, kalo kita ngebahas soal  conditional sentence berarti kita bakalan ngomongin tentang sebab akibat. Kenapa bisa begitu? Yuk simak, apa sih conditional sentence itu? Berikut penjelasannya:

Conditional Sentence is a sentence you use to express about cause - efect. Jadi,  Conditional Sentence itu kalimat yang kamu gunakan untuk mengungkapkan sebab-akibat.

Zero Conditional Sentence

Kalo Zero Conditional Sentence itu digunakan pada saat kamu mau mengungkapkan fakta. Contohntya, kalo kamu bepergian ke luar negeri, pasti kamu bakalan mengalami perbedaan waktu, kalo kamu memanaskan air, pasti airnya mendidih, kalo kamu memanaskan es, pasti es nya meleleh deh. As simple as that. mudah bukan? Yuk, di simak penjelasan formula si zero beserta contoh kalimanya di bawah ini:

Rumusnya Gampang kok:

If + Simple Present + Simple Present

Yuk, kita buat kalimat dengan formula di atas.

If you heat the ice, it melts.

If you heat the water, it boils.

Mudah, bukan? Oke, supaya kamu bisa lebih paham lagi, yuk kita simak materi zero conditional sentence melalui video Wall Street English berikut:



First Conditional Sentence

Oke, kalo sebelumnya kita sudah membahas mengenai zero conditional, sekarang waktunya bagi kita belajar tentang first conditional sentence. Apa sih first conditional sentence itu? First Conditional Sentence itu ... 

Kalimat yang bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan suatu aktifitas namun sifatnya masih kemungkinan, bisa saja kamu lakukan pada masa mendatang, atau pun sebaliknya.

Misalnya, "Jika saya belajar dengan giat, maka saya pasti akan lulus ujian." Oke, pada kalimat tersebut, kemungkinannya bisa saja kamu 100% lulus, atau sebaliknya, sifatnya masih berupa possibilities alias kemungkinan, tak ada jaminan belajar dengan giat bisa membuat kamu lulus atau tidak.

Oke, formulanya sederhananya seperti ini guys:

If + Simple Present + Will + Simple Present

If  I Study hard. I will pass the test.

If I have much time. I will write a lot.

If I buy a boat. I will live on it.

Oke, berikut ini video ke - 2 dari Wall Street English tentang First Conditional Sentence.



Baiklah, setelah kamu selesai menyimak penjelasan dari artikel dan videonya, pastinya kamu sudah tahu dan paham dong apa itu zero dan first conditional sentence. Last but not the least, berikut ringkasan materi kita hari ini, Zero Conditional Sentence: 
Kalimat yang digunakan untuk mengungkapkan fakta yang benar-benar terjadi.

"Conditional Sentence is a sentence you use to express about cause - efect. Jadi,  Conditional Sentence itu kalimat yang kamu gunakan untuk mengungkapkan sebab-akibat."

Zero Conditional Sentence itu digunakan pada saat kamu mau mengungkapkan fakta. Berikut formulanya: If + Simple Present + Simple Present
example:
If you heat the ice, it melts.
If you heat the water, it boils.

First Conditional Sentence itu Kalimat yang bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan suatu aktifitas namun sifatnya masih kemungkinan, bisa saja kamu lakukan pada masa mendatang, atau pun sebaliknya. Berikut formulanya: If + Simple Present + Will + Simple Present.
Example:
If  I Study hard. I will pass the test.

If I have much time. I will write a lot.

If I buy a boat. I will live on it.

Semoga bermanfaat ya, jangan berhenti untuk belajar hanya karena kesulitan memahminya, teruslah mempelajarinya hingga kamu benar-benar menguasainya, semoga bermanfaat. :)

Bagaimana Menurutmu?




Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating & kirim tip donasi minimal 50k untuk kreator via Lynk ID / Whatsapp ;


50k 100k 150k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten & Aturan Berkomentar

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang keras menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website, blog, karya ilmiah (jurnal, skripsi, buku komersil). Aturan berkomentar mudah, cukup komentar sesuai topik artikel, semua komentar akan dimoderasi, komentar yang relevan & tidak SPAM akan diterbitkan.