Blogwalking itu Tidak Lebih Dari Mencari Trafik? Benarkah?

Blogwalking itu Tidak Lebih Dari Mencari Trafik? Benarkah?
Gambar diunduh dari google.com
Kalo kamu blogger, tentunya kamu suka blogwalking dong. Saya ingin berbagi pendapat tentang blogwalking. Sudut pandang disini akan lebih banyak membahas mengenai sisi lain dari blogwalking. Selama ini, baik kita ketahui kalo blogwalking itu hanya sekedar untuk mendapatkan trafik.Benarkah demikian? Ada benarnya, ada juga tidak. Blogwalking memang mendatangkan trafik, namun kalo kamu terlalu fokus pada hal itu, bila kamu tidak mendapatkan timbal balik berupa komentar atau pengunjung, tentunya kamu akan merasa usahamu sia-sia. Maka dari itu, ada 3 hal yang bisa saja kamu sudah tahu, namun karena begitu fokus pada trafik, kamu melupakannya. Apa itu?

1. Blogwalking itu Dapat Memperbanyak Teman

Kalau kamu tekun melakukan blogwalking, tentunya kamu dapat memperbanyak teman, khhusunya teman sesama blogger. Jadi, salah bila manfaat blogwalking itu hanya sekedar untuk trafik.

2. Blogwalking itu Dapat Membangun Kredibilitas Seorang Blogger

Aktifitas blogwalking di dunia nyata, sama seperti kamu hendak bertamu ke rumah orang lain, bisa tetangga, teman, pacar, guru, dosen, kakak kelasmu, dll. Tentunya, ketika kamu sampai di rumah mereka, kamu harus berlaku sopan sebagai bentuk penghormatan terpadap pemilik rumah dan dirimu sendiri. Kamu harus menghargai mereka sebagai tuan rumah, mereka pun akan menyambut baik kedatanganmu, dan khususnya manfaat untuk dirimu adalah menjaga nama baikmu, tingkah lakumu selama bertamu sangat menentukan penilaian mereka terhadapmu. Maka dari itu, kamu sebagai blogger yang bertamu ke blog milik orang lain, harus sopan, caranya mudah, ikuti saja peraturan di blog tersebut. Berkomentarlah yang baik, caranya mudah, cari saja artikel di blog tersebut yang kamu minati, baca dengan seksama hingga tuntas, lalu baru tulislah tanggapanmu melalui kolom komentar sesuai dengan topik yang dibahas dalam artikel tersebut, mudah bukan? Nah, jadi blogwalking itu nggak hanya nyari visitor aja, but also more that that, it can build your credibility's name.

3. Blogwalking itu Dapat Menambah Wawasanmu

Ketika kamu sedang blogwalking, tentunnya blog yang kamu kunjungi tidak melulu situs yang topiknya sama denganmu, pastinya beragam. Keragaman topik yang ditulis oleh blogger lain bisa sangat bermanfaat unntuk menambah wawasanmu. Apalagi, bila blog itu kontennya berkualitas, tentunya semua informasi di blog tersebut bisa kamu gunakan sebagai sarana belajar, menarik bukan? Last, sekali lagi, blogwalking itu bukan sekedar dapetin pengunjung, tapi bisa memperkaya pengetahuanmu.

Oke, karena sekarang kamu sudah paham bahwa blogwalking itu tidak sekedar menarik pengunjung datang ke blogmu, but more than that. Ke-3 poin di atas, bisa kamu jadikan tujuan utama blogwalking, karena ketiga hal tersebut lebih bermakna dan sifatnya jangka panjang. Kalau tujuanmu trafik, begitu kamu berhenti mengunjungi blog-blog tersebut, berhenti pula lah aliran trafik ke blog milikmu. Beda halnya, bila kamu memiliki salah satu tujuan dari ke-3 poin di atas, walaupun kamu hiatus, ketika aktif kembali, ada teman-temanmu yang menanti dan menyapa saat dirimu kembali, orang-orang mengenal baik dirimu dan poin ini begitu berharga dalam jangka waktu panjang, karena nantinya kamu bisa jadi rujukan di bidang yang kamu tekuni. Artikel-artikel yang pernah kamu baca pun, sangat membantu dalam kehidupanmu sehari-hari, seperti dalam hal akademik, maupun non-akademik.

So, what do You think about it?