HAMKA EDUCATION DEBATING (HAMED) 2015 - Lomba Debat Bahasa Inggris for Newbies

HAMKA EDUCATION DEBATING (HAMED) 2015 - Lomba Debat Bahasa Inggris for Newbies

Bagi kamu yang masih berstatus mahasiswa, ada info menarik nih, tentunya bila kamu mengikuti kegiatan ini pastinya kemampuan berbahasamu meningkat khususnya di speaking skill. Tentu saja, perlombaan ini dibuka selebar-lebarnya untuk umum. So, bukan karena ini lomba debat bahasa inggris, pesertanya hanya dari program studi bahasa inggris saja tapi lebih bervariasi, semua program studi bisa ikut aktif berpartisipasi. Pengalaman yang sudah-sudah, ketika mengikuti perlombaan English Debating baik tingkat kampus maupun nasional, sedikit sekali peserta yang berasal dari program studi bahasa inggris, pesertanya dinamis, ada FISIP, Bilologi, Kesehatan Masyarakat, Agro Teknologi, Manajemen, Teknik Informatika, Akutansi dan masih banyak lagi.

Oke, kira-kira ada apa aja sih agenda di acara HAMED 2015? Yuk, kita simak bersama-sama.

Debate Training
Debate Training - Gambar di unduh dari IVED UI 2015
Dalam pelaksanaan kegiatan ini mahasiswa akan diberikan materi tentang bagaimana berdebat dalam bahasa inggris menggunakan british parlemen yang disusun oleh pembicara yang berpengalaman dan berprestasi banyak. Materi tersebut dimulai dari pelatihan public speaking guna meningkatkan kepercayaan diri. Dilanjutkan dengan bagaimana tahap menyusun teks debat (outlining) dalam rentan waktu kurang dari 15 menit. Setelah itu, dilanjutkan dengan pelatihan berpikir kritis akan suatu isu tentang dunia pendidikan pada saat ini (exploring).

Debate Competition
Debate Competition - Gambar di unduh dari  IVED UI 2015

Pada hari kedua, para peserta lomba debat bahasa inggris mulai bertanding. Di hari ke dua ini, para debaters  akan bertanding dalam babak preliminary yang dilangsungkan dengan 3 ronde. Dalam setiap ronde, ke-dua peserta yang terdiri dari para debaters yang kalah atau menang akan mendapatkan feedback dari para panel adjudicators.
Pengumuman bagi tim yang lolos babak preliminary akan diumumkan di hari ke tiga. Dengan demikian, hal ini menuntut para debaters yang tidak lolos babak preliminary untuk tetap hadir di hari ketiga guna untuk menyaksikan mereka mereka yang lolos serta mendapatkan sertifikat.
Pada hari ketiga, di hari akhir lomba, akan diumumkan para pemenang yang terdiri dari juara umum 1 sampai 4 dan pembicara terbaik (best speaker) 1 sampai 5 untuk para debaters.

Menarik, bukan? Selain mengikuti perlombaan Englsih Debating, kamu juga akan di fasilitasi pelatihan debate training, tentunya ini sangat bermanfaat, apalagi buat kamu yang baru memulai karir English Debating. Mau tahu lebih banyak tentang HAMED 2015? Berikut ulasan informasi penting yang perlu kamu ketahui:

Information:

What?
Nama Lomba: HAMKA EDUCATION DEBATING (HAMED) 2015
Jenis Lomba : English Debating

When?
Tanggal: 31 Juli - 2 Agustus 2015

Where?
Lokasi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah PROF.DR.HAMKA

Who?
- Peserta di buka seluas-luasnya dari kampus dan program studi mana pun.
- Peserta harus dalam kategori newbies: belum pernah mengikuti lomba debat bahasa inggris, pernah mengikuti tapi tidak sampai Octo, Semi, dan Grand Final.
- Masih Berstatus sebagai Mahasiswa

How to Register?

Pendaftarannya mudah kok, berikut ini format pendaftarannya:

1.Kamu bisa langsung mentransfer payment fee nya sesuai dengan jumlah tim yang akan di daftarkan, untuk satu tim, biayanya Rp. 250.000, sedangkan bagi kamu yang mau mengirimkan dua tim, fee nya sebesar Rp. 500.000. Kamu bisa langsung mentransfer pembayarannya ke nomor rekening berikut: 4801-01-007450-53-3 a/n Nisrina Habibah Rosyad

2. Begitu transfer selesai, segera kirim bukti foto pembayarannya ke email kami di: edsuhamka@gmail.com. Jika sudah mengirim ke e-mail tersebut, harap menghubungi panitia kami: Sonang (087784676639) atau Nisrina (089610377687).

3. Kamu juga bisa mengakses informasi mengenai prosedur dan ketentuan lomba atau bahkan mengunduh invitation letter untuk keperluan administrasi kampusmu melalui blog EDS UHAMKA: http://edsuhamka.blogspot.com/2015/07/regulation-and-invitation-letter-hamed-2015.html


Segera daftarkan dirimu sekarang juga, kuota terbatas loh, Don't Miss It!!!