Bingung Menentukan Jurusan Kuliah?

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok kasih tip biar kreator hepi dan makin semangat update bikin konten edukasi buat Kamu;
10k 20k 25k 50k 100k 150k


Buat kamu yang masih SMA pastinya selepas lulus nanti mau dong melanjutkan ke perguruan tinggi? Keinginan untuk kuliah sudah ada, niat sudah ada, namun masih bingung mau mengembil jurusan apa, bingung mau belajar apa pas kuliah nanti.

Saya pikir, semua orang pasti pernah mengalami hal yang sama karena mereka yang sedang kuliah sekarang pun dulunya sama merasa bingung menentukan jurusan kuliah. So, apa yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan kebingungan itu?

Simple!

Kamu bisa memulai menentukan jurusan kuliah berdasarkan minat dan passion kamu. Saat saya masih SMA, bahkan jauh sebelum itu, saya sudah menyukai bahasa Inggris. Saya senang belajar bahasa asing, karena kesukaan itu lah yang membuat saya mengambil keputusan untuk kuliah di jurusan bahasa Inggris.

Believe me, menentukan jurusan yang benar-benar kamu senangi dan minati itu bisa membuat kamu nyaman saat menjalani kuliah. Berbeda halnya kalau kamu menentukan jurusan karena ikut-ikutan, jangan karena teman-temanmu sudah tahu mau ngambil jurusan apa, kamu langsung ikut-ikutan masuk jurusan yang  sama dengan temanmu. 

Oke, kamu memang punya teman yang sudah kamu kenal di jurusan itu, hanya saja, saya mau tanya beberapa hal, apakah kamu benar-benar menyukai jurusan yang kamu ambil itu? Apakah kamu tidak akan menyesal nantinya saat di tengah jalan, kamu merasa salah jurusan?

Jawabannya mudah, jujurlah pada dirimu sendiri, jangan membohongi dirimu sendiri, kamu bisa saja membohongi orang lain tapi kamu tidak akan pernah sekali pun bisa membohongi dirimu sendiri, kelak, dirimu akan tersadar bahwa jurusan tersebut bukanlah pilihan yang kamu sukai.

Kamu lah yang benar-benar mengerti tentang dirimu, keinginanmu, hobimu. Jangan paksakan mengambil jurusan yang tidak kamu sukai, apalagi kalau kamu sampai mengambil jurusan itu karena ikut-ikutan teman.

Boleh juga kamu bertanya kepada keluarga dan orang-orang terdekatmu. Mereka lah orang yang paling berperan dalam hidupmu. So, mereka setidaknya tahu apa kebiasaanmu sehari-hari dan tahu potensimu. Sekali lagi, pesan saya, saat orangtuamu memberikan saran untuk masuk ke salah satu jurusan dengan pertimbangan yang mereka punya tentang dirimu, bila jurusan tersebut membuatmu nyaman, lanjutkan, bila tidak, jujurlah pada mereka, katakan bahwa kamu tidak bisa mengambil jurusan itu karena kamu tidak menyukainya. So, the point is orang tuamu tidak boleh memaksakan sarannya padamu, karena tidak enak rasanya masuk satu jurusan tapi bukan karena kemamuanmu tapi karena paksaan orangtua. 

Why?

Karena kamulah yang akan menjalani studimu selama 4 tahun mendatang. Orangtuamu memang berperan dalam membiayaimu kuliah. Tapi kalau kuliahmu berantakan karena kamu masuk jurusan itu atas paksaan orangtuamu, apakah  hal itu dapat dibenarkan? Tentu tidak. So, jujurlah pada dirimu sendiri, kamu mau belajar apa? Kalau kamu suka bahasa Jepang, ambil jurusan itu, bila kamu suka metematika, ambil jurusan itu, pokoknya, apapun bidang studi yang kamu suka, ambil jurusan tersebut dan nikmatilah semua prosesnya.

Karena selama hidup kita belajar, belajarlah sesuatu yang benar-benar kamu sukai supaya kamu bahagia selama kuliah di jurusan itu. :)

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating terbaikmu atau kirim tip donasi sebagai bentuk apresiasi kepada kreator;


10k 20k 25k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website atau blog lain. Apabila kamu ingin menggunakan konten kami sebagai referensi karya ilmiah baik itu; jurnal, skripsi, buku komersil, harap ajukan izin terlebih dahulu kepada admin website DBP.

Aturan Berkomentar

Pembaca bebas berdiskusi dan konsultasi terkait materi edukasi sesuai topik konten. Semua komentar akan dimoderasi dan hanya komentar yang relevan saja yang akan terbit, untuk komentar spam yang dikirim spammer, maaf, komentar Anda tidak akan lolos dan semua link aktif di komentar sudah dinon-aktifkan melalui sistem website kami.