Kapan Waktu Paling Tepat Untuk Menulis?

Kapan Waktu Paling Tepat Untuk Menulis?
Kapan Waktu Paling Tepat Untuk Menulis?
Kapan Waktu Paling Tepat Untuk Menulis? - Google.com

Banyak penulis yang bertanya-tanya sebenarnya kapan sih waktu yang paling tepat untuk menulis? Karena kamu adalah seorang blogger, tentunya kamu tidak mau dong mengecewakan pembacamu, menanti tulisan baru terlalu lama. Kamu tahu itu, namun di benakmu saat ini, pertanyaan mengenai kapan kamu harus menulis terus terngiang-ngiang dalam pikiran dan meminta jawaban.

Saya pikir, tidak ada satu pun teori, konsep, atau pun penelitian mengenai waktu paling cocok bagi seseorang untuk menulis. Bahkan, kalau pun ada penelitian semacam itu, kita akan mempertanyakan hasil penelitian itu. Apakah teori, konsep, dan hasil dalam penelitian itu bisa diterapkan oleh semua penulis? Jawabannya adalah tidak.

Semua orang punya waktu menulisnya sendiri, bila kamu nyaman menulis ketika baru saja terbangun dari tidurmu, menulislah. Bila kamu nyaman menulis sambil mendengarkan musik, menulislah. Bila kamu nyaman menulis sambil ditemana sebatang rokok dan kopi, menulislah. Bahkan, bila kamu nyaman menulis saat weeked, menulislah.

Kamu lah orang satu-satunya yang tahu tentang dirimu sendiri, kapan biasanya kamu punya waktu menulis dan kamu merasa nyaman menulis di waktu itu.

Bila kamu blogger, tentu kamu harus konsisten menulis setiap hari. Saya sebelumnya memang berkata waktu yang paling tepat untuk menulis itu kapan pun, sesuai dengan keadaan dan kebiasaanmu menulis. Namun, saya pikir, kamu harus lebih konsisten lagi menulis, supaya blogmu terus update, dan bisa menjaga loyalitas pembaca dengan cara terus menulis artikel baru setiap hari.

So, buat kamu  yang blogger, waktu paling tepat bagimu adalah menulislah sekarang juga. Saat kamu punya waktu luang hari ini, jangan sia-siakan waktu luang tersebut, karena kamu tidak bisa mengulang waktu yang berlalu barang semenit pun.

Last but not the least, bagi saya, waktu paling tepat supaya terus bisa update tulisan di blog ini adalah ketika saya punya waktu luang, maka, saya akan langsung mengambil laptop dan langsung menulis artikel baru untuk pembaca.