Salah itu Wajar - Mindset Belajar Bahasa Inggris #1

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok, kasih tip donasi minimal 10k sebagai bentuk apresiasi untuk kreator via Lynk.ID / Whatsapp
10k 20k 25k 10k 20k 25k

Salah itu Wajar - Mindset Belajar Bahasa Inggris #1
Salah itu Wajar - Mindset Belajar Bahasa Inggris #1 - Google.com

Sebagai pembelajar bahasa kamu pastinya akan terus belajar supaya kemampuan bahasa inggrismu meningkat dari hari ke hari. Dalam mempelajari bahasa asing, kamu bisa meniru anak kecil belajar bahasa ibunya, mulailah dengan belajar listening, speaking, reading, dan writing. Semua skill itu kalau kamu bisa menguasainya tentu akan sangat bermanfaat, apalagi buat kamu yang bercita-cita kuliah ke luar negeri.

Belajar bahasa asing di luar negeri mungkin akan lebih memudahkanmu. Kenapa? Karena setiap waktu mulai dari bangun tidur, kamu sudah pasti akan mendengar bahasa tersebut. Beda ceritanya kalau belajar tidak di negara asal bahasa itu. Sebut saja kalian yang tinggal di Indonesia. Kamu tidak akan menemui orang-orang ngobrol dengan bahasa inggris, artikel-artikel di koran tidak dimuat dalam bahasa inggris, siaran radiio pun menggunakan bahasa Indonesia. Ketiadaan lingkungan yang mendukung bahasa asing bukan penghalang bagi kamu yang bersungguh-sungguh dalam mempelajari bahasa inggris.

Solusi praktis yang dapat kamu lakukan itu mudah kok, download saja lagu-lagu berbahasa inggris dan dengarkan setiap hari, menonton film barat, bahkan bermain game sekalipun dapat meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu. Tentu saja masih ada banyak cara lainnya dalam belajar bahasa inggris, cari satu, atau dua teknik yang membuatmu nyaman. Namun, satu hal yang perlu kamu ingat adalah berlatih setiap hari.

Terkadang ada orang yang suka usil, mereka suka sekali mencari-cari  kesalahan, apalagi saat kamu berbicara dalam bahasa inggris, bukannya fokus ke topik pembicaraanmu, eh dia malah sibuk memperhatikan tata bahasa yang kamu ucapkan, tidak usah dipikirkan, kenapa? Salah dalam belajar itu wajar kok, terlebih kamu memang bukan penutur bahasa asing itu, bahkan temanmu yang usil itu pun punya kekurangan juga dan pasti pernah salah, terlalu fokus dengan yang namanya takut salah malah bisa membuatmu berhenti. Alih-alih sibuk memikirkan cara berbicara yang sesuai dengan kaidah tata bahasa yang baik dan benar, alangkah lebih baiknya kamu terus berlatih setiap hari dan buatlah kesalahan itu sebagai pemantik semangatmu untuk terus meningkatkan kemampuan berbahasa inggrismu.

Salah itu wajar karena selama hidup kita belajar. Ada satu kisah menarik yang datang dari seorang sopir taksi tapi beliau semangat sekali belajar bahasa inggris, Pak Tarmedi, begitulah orang-orang menyebutnya.
Gambar diunduh dari google.com

Beliau sudah bekerja sebagai sopir taksi selama 25 tahun, mengingat AFTA akan segera datang diawal tahun 2016, bapak ini walaupun usianya sudah 54 tahun, ia langsung berinisiatif untuk terus belajar demi meningkatkan diri dalam menghadapi persaingan global tingkat wilayah ASEAN dengan cara belajar bahasa Inggris. 

Learning by doing, itulah prinsipnya dalam belajar, setiap kali ada penumpang asing, pak Tarmedi tak sungkan-sungkan untuk mengajak ngobrol dengan bahasa inggris, bahkan kalau penumpang cukup jeli, ada tulisan dibelakang kursi sopir yang isinya berupa himbauan untuk berbincang dengan bahasa inggris selama di taksi.
Gambar diunduh dari google.com

Setidaknya, pak Tarmedi sudah berlatih berbicara bahasa inggris selama 1 tahun 5 bulan, beliau tidak malu dan tidak takut salah, usahanya membuahkan hasil, sekarang beliau sudah bisa bercakap-cakap dengan bahasa inggris dengan lancar. Penasaran bagaimana pak Tarmedi mengajak penumpangnya ngobrol dengan bahasa inggris? Simak video berikut ini:


Pak Tarmedi adalah buktinya bahwa kita tidak perlu takut salah, teruslah berlatih setiap hari. Banyak orang yang berpendapat kalau belajar tanpa panduan alias otodidak itu hanya membuang-buang waktu, kenapa? Mereka berargumen kalau belajar itu harus ada panduannya, tidak salah memang, argumen ini lebih cocok untuk belajar grammar, dan writing, kalau tidak ada panduan, kita tidak akan bisa menguasai tata bahasa dan penulisan dalam bahasa inggris tapi itu tidak berlaku untuk speaking skill, semakin kamu sering berlatih dan menggunakannya, lambat laun kamu bisa ngobrol dengan fasih dan menyenangkan. Kesimpulannya, kamu harus menanamkan mindset dalam diri bahwa salah dalam belajar itu wajar, bahkan kamu bisa belajar dari kesalahan itu, beda ceritanya kalau takut salah, alhasil kita tidak mencoba berlatih sama sekali, tidak berlatih berarti tidak ada pembelajaran yang dapat kita petik.

So, apakah sekarang kamu masih takut salah dalam belajar bahasa inggris? 

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating & kirim tip donasi minimal 50k untuk kreator via Lynk ID / Whatsapp ;


50k 100k 150k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten & Aturan Berkomentar

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang keras menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website, blog, karya ilmiah (jurnal, skripsi, buku komersil). Aturan berkomentar mudah, cukup komentar sesuai topik artikel, semua komentar akan dimoderasi, komentar yang relevan & tidak SPAM akan diterbitkan.