MASIGNASUKAv102
102632425344894399

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Prancis - Learn France #1

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Prancis - Learn France #1
Add Comments
Senin, 04 Januari 2016
Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Prancis - Learn France #1
Photo credit: IamNotUnique via VisualHunt / CC BY-NC-SA

Buat kamu yang sedang menempuh kuliah di Prancis, pada umumnya sebelum kegiatan belajar pembelajaran dimulai, dosenmu tentunya akan memintamu untuk memperkenalkan diri. Beda lagi, kalau kamu bertemu dengan orang asli Prancis ketika sedang jalan-jalan di sekitar kota, tentu situasinya informal, tidak sama dengan situasi formal di kelas. Ketika mereka bertanya tentang namamu, itu berarti kamu harus mengenalkan dirimu pada mereka. Pertanyaannya, bagaimana caranya  mengenalkan diri dalam bahasa Prancis?

Pertama, kalau orang yang ingin berkenalan denganmu ada dijalan atau tempat nongkrong, itu berarti situasinya sedang informal dan santai, kalau begitu, kamu bisa menggunakan kalimat ini:

Salut, je m'appelle Agung. Enchantée de te recontrer.
Hi, my name is Agung. Nice to meet you. 
Hai, nama saya Agung. Senang berkenalan denganmu.

Pembahasan: Dalam situasi informal, kamu cukup menyebutkan nama panggilanmu saja.

Kalau kamu kebetulan sedang berada di ruang kelas, berarti itu adalah ruang formal, langsung saja, kamu bisa menggunakan kalimat ini:

Bonjour, je m'appelle Agung Kharisma. Je suis enchantée de vous recontrer.
Good morning, I am Agung Kharisma. Nice to meet you.
Selamat pagi, nama saya Agung Kharisma. Senang berkenalan denganmu.

Pembahasan: Kalau dalam kalimat informal kita menggunakan kata "Salut", dalam kalimat formal kita menggantinya dengan kata "Bonjour" yang artinya selamat pagi. Kata "je m'appelle" tidak berubah karena bisa digunakan baik formal maupun informal. Perbedaan lainnya, kamu harus menyebutkan nama lengkapmu. "Je suis" sama artinya dengan "je m'appelle" yakni saya. Perubahan lainnya, dalam kalimat informal kita menggunakan frasa "de te recontrer", sedangkan dalam kalimat formal, kita harus mengubah kata "te" menjadi "vous" yang artinya kamu. Terakhir, "recontrer". artinya bertemu atau berkenalan.

Oh well, saya ucapkan selamat. Kamu berhasil menguasai cara memperkenalkan diri dalam bahasa Prancis. Sampai jumpa diartikel selanjutnya, terimakasih sudah membaca.

Bagaimana menurutmu?
Baca Juga
Agung Kharisma

Fresh graduate yang suka menulis konten edukasi di blog pribadi dan pernah menjadi freelance SEO content writer di Blibli.com. Penggemar buku fiksi novel fantasi, horor, petualangan, dan nonfiksi. Cowok childish penyuka sate ayam dan chicken katsu kelas berat yang hobinya travelling ke taman bermain. Saat ini, Agung juga sedang merintis usaha bisnis online di bidang jual beli artikel, penerjemah, mentoring bahasa Inggris, dan menulis di Daily Blogger Pro Academy