MASIGNASUKAv102
102632425344894399

Cara Mengucapkan "Do You Speak English?" Dalam Bahasa Jerman - Learn German #1

Cara Mengucapkan "Do You Speak English?" Dalam Bahasa Jerman - Learn German #1
Add Comments
Sunday, 3 January 2016
Cara Mengucapkan "Do You Speak English" Dalam Bahasa Jerman - Learn German #1
Photo credit: chris zerbes via Visualhunt / CC BY-NC-ND

Kalau kamu berniat kuliah ke jerman, walaupun para pengajar di universitas rata-rata menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kuliah, bukan berarti semua orang jerman bisa berbahasa Inggris. Oleh karena itu, penting rasanya untuk mempelajari bahasa setempat supaya mempermudah kamu untuk bisa survive dengan lingkungan barumu.

Pada artikel ini, saya akan membahas gimana sih caranya bertanya kepada orang lain: kamu bisa bahasa inggris nggak? Pertanyaan ini akan kita tanyakan ke orang-orang Jerman. Langsung saja, anggap saja kamu sedang jalan-jalan, tentu situasinya informal, jadi kalau kita sedang santai, bagimana cara bertanya pada para penduduk lokal disitu?

Pertama, kalau situasinya informal, kamu bisa menggunakan kalimat ini:

Sprichst du Englisch? - Do You Speak English? - Apakah Kamu Bisa Berbahasa Inggris?

Kedua, kalau situasinya formal, kamu bisa menggunakan kelimat ini:

Sprechen Sie Englisch? - Do You Speak English? - Apakah Kamu Bisa Berbahasa Inggris?

Ketiga, kalau ingin lebih sopan lagi, kamu bisa menambahkan kata Entschuldigen Sie yang artinya permisi. Dalam bahasa inggris kita menggunakan frasa: Excuse me. Kira-kira kalimatnya jadi seperti ini:

Entschuldigen Sie, Sprechen Sie Englisch? - Excuse Me, Do You Speak English? - Permisi, Apakah Kamu Bisa Berbahasa Inggris?

Mudah, bukan? Sekarang, kamu nggak perlu khawatir lagi, kamu bisa bertanya apakah mereka bisa berbahasa inggris kepada penduduk lokal dengan bahasa Jerman. Hal ini memudahkanmu, kalau mereka bisa berbahasa Inggris, mereka akan berkata seperti ini:

Ja - Yes - Ya

Kalau jawabannya iya, kamu bisa mmenggunakan bahasa Inggris, kalau mereka bisa tapi tidak lancar,  biasanya penduduk lokal akan berkata demikian:

Ein bisschen - A Little - Sedikit

Kalau mereka sama sekali tidak bisa bahasa  Inggris dan hanya bisa berbahasa Jerman, penduduk lokal akan berkata demikian:

Nein, ich spreche nicht Englisch - No, I Don't Speak English - Tidak, saya tidak bisa berbahasa Inggris.

Sekian, saya harap tulisan ini bisa bermanfaat buat kamu yang sedang belajar bahasa Jerman ya. Thanks for reading.

Bagaimana menurutmu?
Agung Kharisma

Fresh graduate yang suka menulis konten edukasi di blog pribadi dan pernah menjadi freelance SEO content writer di Blibli.com. Penggemar buku fiksi novel fantasi, horor, petualangan, dan nonfiksi. Cowok childish penyuka sate ayam dan chicken katsu kelas berat yang hobinya travelling ke taman bermain. Saat ini, Agung juga sedang merintis usaha bisnis online di bidang jual beli artikel, penerjemah, mentoring bahasa Inggris, dan menulis di Daily Blogger Pro Academy

  1. bahasa Jerman itu menurutku paling susah ya, padahal sih aku emang g bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Huda: susah atau nggak.y belajar bahasa menurut gue sih relatif mas huda, namanya juga baru mulai belajar, ya kita bakalan kewalahan, ini apa artinya, mau ngomong ini itu nggak tau gimana caranya. Oh well, semuanya ngalamin hal yang sama pas awal-awal, intinya sih kalo belajar bahasa harus sering dipake buat ngomong, kan tujuan bahasa itu buat nyampein informasi. :)

      Thanks udah baca artikel ini dan komentarnya. :)

      Delete