Apa Itu Pronoun Dalam Bahasa Inggris - Basic English Grammar #7

Apa Itu Pronoun Dalam Bahasa Inggris - Basic English Grammar #7
Apa Itu Pronoun Dalam Bahasa Inggris - Basic English Grammar #7
Photo via VisualHunt
Hi guys, kalau sebelumnya kita membahas tentang noun atau kata benda (noun, common dan proper noun, masculine dan feminine noun, abstract dan concrete noun, singular dan plural noun), dalam artikel ini saya akan membahas tata bahasa lainnya, masih di level 1, basic english grammar yaitu pronoun.

Langsung saja, apa sih yang dimaksud dengan pronoun dalam bahasa Inggris?

Pronoun refers to and replace nouns such as the names of people, place, and things.

Sesuai definisi diatas, pronoun itu kata ganti, kata benda apa yang diganti oleh pronoun? Ada 3 kata benda yang diganti oleh pronoun yakni:

1. Nama orang
2. Tempat
3. Benda dan hewan

Supaya mempermudah pembelajaranmu, saya sudah membuat tulisan tentang pronoun dalam bahasa Inggris, tulisan ini tidak berisi pronoun sama sekali, sengaja saya buat seperti itu, kenapa? Saya ingin kamu menganalisa mana kata-kata yang harus diganti, tenang, saya akan membimbingmu sampai bisa, selesai membaca paragraf yang tidak berisi pronoun sama sekali, saya juga menulis ulang paragrafnya beserta pronounnya, sehingga kamu bisa belajar. Let's check it out:

Paragraf tanpa pronoun

Our cat's name is Timmy. Our cat is grey and white. Our cat's body is mostly grey. Our cat has four white paws. Our cat has a long grey tail. Our cat's always scratch when we forget to give our cat's food. Our cat's likes to play. My father, my mother, my brother and my sister love our cat's.


Penjelasan: Dalam paragraf diatas, subjeknya "our cat's", subjek ini terlalu sering diulang, coba kamu membeli sebuah novel dan isinya seperti paragraf diatas, pasti kamu akan jenuh, bosan dan jengah dengan gaya penulisan paragraf diatas.

Paragraf dengan pronoun

Our cat's name is Timmy. It is grey and white. It's body is mostly grey. It has four white paws. It  has a long grey tail. Our cat's always scratch when we forget to give it food. It likes to play. My father, my mother, my brother and my sister love it.

Penjelasan: paragraf yang berisi pronoun lebih enak dibaca, gaya menulisnya tidak monoton seperti paragraf sebelumnya, kita mengganti kata "our cat's" dengan pronoun "it" karena "it" merupakan pronoun  yang menggantikan kata benda dan hewan.

Sebagai informasi tambahan, selain pronoun it, masih ada pronoun lainnya loh. Ada I, you, we, they, she, dan he.

Kamu bisa membagikan tulisan ini bila dirasa bermanfaat buatmu dan teman-temanmu, siapa tahu mereka sedang mencari artikel yang kamu baca saat ini, alhasil mereka merasa tertolong karena kamu sudah membagikan artikel ini, sekali lagi, saya ucapkan terimakasih sudah membaca tulisan ini di blog Daily Blogger Pro. Saya harap tulisan ini bisa bermanfaat untuk pembaca.

Bagaimana menurutmu?

Click to comment