Kenapa Belajar Dengan Sistem Kebut Semalam Tidak Bisa Membuatmu Smart Sama Sekali?

Kenapa Belajar Dengan Sistem Kebut Semalam Tidak Bisa Membuatmu Smart Sama Sekali?
Kenapa Belajar Dengan Sistem Kebut Semalam Tidak Bisa Membuatmu Smart Sama Sekali?
Photo credit: Roslan Tangah (aka Rasso) via Visualhunt / CC BY-NC-ND

Hai pembaca blog Daily Blogger Pro. Bagaimana kabarnya? Saya harap kabar kalian baik-baik saja ya dan terus diberi kesehatan untuk bisa menjalani hari yang penuh aktifitas dengan lebih produktif lagi. Menyoal pertanyaan artikel ini: 

Kenapa Belajar Dengan Sistem Kebut Semalam Tidak Bisa Membuatmu Smart Sama Sekali?

Budaya belajar dengan sistem kebut semalam belakangan mulai marak dilakukan pelajar. Alasannya simpel, mereka ingin mendapatkan skor ulangan tinggi dengan instan tanpa ribet meluangkan waktu berjibaku dengan tumpukan koleksi buku yang mereka beli di awal tahun ajaran baru.

Pertama mari kita bahas terlebih dahulu gaya belajar yang akrab dipraktekan banyak pelajar menjelang musim ujian. Sistem kebut semalam, ringkasnya, pelajar membaca materi semalam suntuk sebelum hari ujian berlangsung, mereka tahu kalau belajar dengan gaya ini melelahkan bahkan sampai-sampai ada pelajar yang rela tidak tidur dengan alasan materi yang harus dipelajari belum selesai dibaca.

Esoknya, ketika menjelang ujian, baru membuka lembar ujian, materi-materi yang dipelajari memang keluar tapi sayangnya kamu tidak ingat jawaban pastinya apa. Kasus lainnya, sialnya, tidak satu pun bahan bacaan hasil sistem kebut semalam yang keluar sama sekali, jadinya sia-sia deh, fail. Lebih sial lagi, udah begadang semaleman baca buku, ketika udah mau ujian malah ketiduran, alhasil pelajar yang satu ini bahkan gagal karena tidak bisa mengikuti ujian.

See, gaya belajar sistem kebut semalam tidak efektif sama sekali untuk membuatmu smart. Pertanyaannya, apakah gaya belajar itu bisa membantu pelajar menguasai pengetahuan di bidangnya? Tentu tidak, ambil contoh, mahasiswa bahasa Inggris, apakah dia bisa ngobrol bahasa Inggris dengan fasih di depan teman-temannya dalam waktu semalam? Kalau mau smart, lupakan gaya belajar instan dan fokuslah membangun kualitas diri melalui proses yang penuh dengan tantangan dan petualangan, itu alasannya kenapa belajar dengan sistem kebut semalam tidak bisa membuatmu smart sama sekali.

Sebenernya apa sih tujuanmu belajar? Setiap orang punya tujuannya sendiri, bagi pembelajar bahasa asing, mereka belajar supaya bisa mahir bahasa asing itu dalam berbagai aspek kemampuan, mulai dari berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis. Saya pikir, proses belajar yang ideal adalah ketika seorang pelajar selesai membaca materi dalam sebuah buku yang diminatinya, ada baiknya dia langsung praktek sesuai dengan konten buku itu supaya ilmunya bisa kamu miliki, ilmu yang mewujud dalam bentuk tindakan akan sangat berguna bagi pelajar dalam menunjang masa depannya, apalagi masa sekarang, persaingan sumber daya manusia semakin ketat karena kita telah memasuki masyarakat ekonomi asean.

Sekian, apabila artikel ini memberikan manfaat untukmu, kamu bisa membagikannya kepada teman-teman terdekatmu atau bahkan keluargamu lewat sosial media sharing yang ada di post artikel ini. Thanks for reading this post my readers. :)

Kalau ada yang ingin kamu sampaikan seperti tanggapan, jangan sungkan untuk berkomentar lewat comment box yang ada di bawah tulisan ini. Bagaimana menurutmu?

6 komentar

avatar

Sistem SKS cuma bikin ngeblank saat ujian...
Pengalaman pribadi Mas

avatar

Wahab Saputra: iya bener, bukannya hafal materi malah lupa pas ngeliat soal yang bejibun. haha :)

Thanks udah maen kesini ya wahab.

avatar

Aku tetep pakai sistem SKS, Gung :D
Walaupun belajarnya udah dicicil, tetep harus SKS kalau udah h-1 ujian. Gak sah rasanya kalau gak begadang pas mau ujian. Parah ya aku haha.

avatar

dara agusti Maulidya:

Oke, kalo buat kasusnya dara, kayaknya gapapa deh, bukan karena kamu cewek ya alesannya, tapi dara udah nyicil belajar berarti semalam H-1 sebelum ujian belajar sampe malem itu it's okay, asal jaga kesehatan ra. Gitu.

avatar

Kalau aku sudah belajar dari jauh-jauh hari, cuma khusus menjelang ulangan baru belajarnya lebih niat ketimbang belajar biasa. Gak tau kenapa, mungkin udah kebiasaan kali ya.

Salam kenal ya, blognya sudah aku follow.

avatar

Rizki Ramdhani: nggak papa, tiap orang karakter belajarnya beda-beda ki, kalo semanget banget pas ngedeketin minggu-minggu ujian malah bagus, belajarnya bakalan nggak ngebosenin iya kan?

Salam kenal juga, oke makasih udah follow blog daily blogger pro. :)

Click to comment