Yeay, Saya Menang Juara 1 Lomba Debat Bahasa Inggris Sejabodetabek di Festival Bahasa 2016 IIQ Jakarta - EDS UHAMKA #3

Yeay, Saya Menang Juara 1 Lomba Debat Bahasa Inggris Sejabodetabek di Festival Bahasa 2016 IIQ Jakarta - EDS UHAMKA #3
FESBA 2016 IIQ Jakarta

Senang rasanya bisa jadi juara 1, kerja keras selama ini mengikuti lomba debat disana-sini yang hasilnya selalu tidak pernah sampai final atau bahkan semifinal dan selalu prestasinya tidak pernah lebih dari quarter final akhirnya kini terbayar juga di Festival Bahasa 2016 IIQ Jakarta.

Saya dan teman-teman dari komunitas debat kami, EDS UHAMKA, mengirimkan 2 tim untuk maju ke liga debat bahasa Inggris tingkat jabodetabek. Anggota timnya terdiri dari;

Tim A: Saya, Ka Andri, dan Ayu.
Tim B: Nisrina, Dea, dan Hanifa.

Sewaktu technical meeting, peserta lomba debat diberi pengarahan sistem debatnya beserta mosi yang akan diperdebatkan di hari H perlombaan. Topik debatnya tidak jauh-jauh dari peristiwa status quo terkini, satu lagi topiknya tentang agama, karena kampus penyelenggara lomba ini berbasis islam jadi mosinya disesuaikan dengan ciri khas kampusnya. Berikut topik debatnya:

Babak Penyisihan

1. MEA
2. The legalization of LGBT
3. Money or Religion
4. Islam Moderni vs Liberalism
5. Shi'tes is a part of Islam

Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya datang, 2 April 2016, jam 9 pagi, lomba debat babak penyisihan dimulai, Tim A kami mendapatkan mosi nomor 3, sedang Tim B mendapatkan mosi nomor 5. Kami diberi waktu 30 menit untuk membangun skema debat dan argumen beserta  fakta pendukungnya. Lomba Debat kali ini ada yang berbeda dengan lomba yang pernah kami ikut sebelumnya dimana setiap debater hanya diberi waktu 3 menit untuk menyampaikan argumennya, jujur, bagi saya waktu 3 menit tidak cukup dan terlalu cepat, biasanya waktunya 7 menit 20 detik tapi tak apalah, dengan kondisi ini, kami dibuat untuk berkembang maju, tantangannya adalah bagaimana caranya bisa memaksimalkan penyampaian argumen kita dalam waktu 3 menit, manajemen waktu, dan berpikir kritis dengan cepat. Berikut dokumentasi babak penyisihan:

Yeay, Saya Menang Juara 1 Lomba Debat Bahasa Inggris Sejabodetabek di Festival Bahasa 2016 IIQ Jakarta - EDS UHAMKA #3
Hasilnya? Tim B kalah, untungnya tim A berhasil lolos ke babak semifinal. Ketika semifinal, kami diharuskan mengambil kertas yang berisi pro dan kontra, kami juga diberitahu  mosi debat di babak semifinal, dan ini dia topik debatnya:
Babak Semifinal

1. Online Trasportation vs local transportation
2. This house would move our capital city to another province

Tim saya mendapat topik yang kedua dan posisi tim pro, kami diharuskan membangun skema debat mengenai ibukota Jakarta harus dipindahkan ke provinsi lain. Ketika debat berlangsung, kami mengajukan solusi untuk memindahkan ibukota ke kalimantan dengan argumentasi letak geografisnya  strategis, pasar bebas asean sudah dibuka, dengan lokasi yang berdekatan dengan negara lain, kita bisa meminimalisir atau bahkan meniadakan ongkos pengiriman barang ke luar negeri terdekat dengan ibukota Indonesia nantinya seperti Malaysia, lepas dari masalah macet dan banjir, dan bagian terpentingnya kami ingin adanya pemerataan pembangunan di semua provinsi karena selama ini pembangunan hanya dilakukan di ibukota. Well, tahu apa respon tim lawan? Argumentasi mereka hanya ini: "Tidak mudah memindahkan ibukota ke provinsi lain." sisanya, mereka hanya menyerang semua solusi yang kami berikan lewat argumen kami, hasilnya? Tim kami menang dan berhak maju ke babak final.

Yeay, Saya Menang Juara 1 Lomba Debat Bahasa Inggris Sejabodetabek di Festival Bahasa 2016 IIQ Jakarta - EDS UHAMKA #3


Babak Final

Well, di babak final, kami mendapatkan mosi yang sedang ramai dibicarakan di media, tahu apa topiknya? Here we go:
 
1. Ahok will be a Jakarta Governor.

Lagi, kami mendapatkan tim pro. Jadi, kami setuju bahwa Ahok akan menjadi gubernur Jakarta. Well, kami harus meriset data mengenai background pak ahok beserta pencapaian kontribusinya untuk ibukota Jakarta. Ini pertama kalinya kita masuk final, oh well, jangan ditanya gimana atmosfernya, ketat, sengit, dan seru. Haha :)

Yeay, Saya Menang Juara 1 Lomba Debat Bahasa Inggris Sejabodetabek di Festival Bahasa 2016 IIQ Jakarta - EDS UHAMKA #3

Well, selesai debat kami mengira hasilnya akan segera diumumkan, sayangnya tidak, panitia baru akan mengumumkan siapa juara pertama dan keduanya jam 9 malam, padahal sekarang masih jam 11 siang. Itu berarti kami harus menunggu 10 jam lagi, well, kami memutuskan untuk pulang dan kembali lagi di jam yang sudah ditentukan oleh panitia.

Malamnya, kami kembali lagi ke tempat lomba, pemenang dari tiap-tiap lomba diumumkan satu-persatu. Sampailah pada pengumuman lomba debat, juara 3 diraih oleh UIN Jakarta, Juara 2 diraih oleh PTIQ Jakarta, dan Juara 1 diraih oleh UHAMKA, iya, tim kami. :)

Yeay, Saya Menang Juara 1 Lomba Debat Bahasa Inggris Sejabodetabek di Festival Bahasa 2016 IIQ Jakarta - EDS UHAMKA #3

15 komentar

avatar

Congratulations Agungggg !!
Untuk menang dan juara dalam kompetisi debat aja udah gue apresiasi banget loh. Keren sumpah !!
Apalagi debatnya Bahasa Inggris. Wooowwww !!

avatar

kalau gue diantara kalian bertiga sebagai tim A dan gue sendirian sebagai yang didebat pake bahasa inggris, pasti gue bengong bego ini, gak tau apa yang kalian debatin ke gue hahaha.

setelah beberapa kali, akhirnya jadi juara satu juga lu, gung. gue juga kayaknya lumayan setuju sama argumen lu tentang ibu kota yang bagus kalau misalnya dipindahkan ke kalimantan. so, selamat \m/

avatar

WIDIHHHHHHHH SO AWFUL.
prestasi gue di kancah debat paling juara 1 di acara sekolah, itupun bahasa indonesia. ini baha inggris cuy! bis alancar bahas inggris aja gue udah seneng, apalagi kalau bis amenang lomba debat inggris yak. cihuy abis. itu sih babak final nya mah adem mayem aja temanya, pro ahok.. gampang lah yak~ secara, beliau memang sudah sepantasnya dibela #ahoffor2017 #promosi

avatar

Wih keren sekali agung dan team
#slamaaattt
Msna temanya berat2 lagi hehehe
Ini nih yg kudu dipikirkan generasi muda kek kita yabuat memajukan tanah air tercinta
Klo ibukota pindah provinsi kira2 jakarta bskal sepi ato tetep rame ya

avatar

KEmaren juara 3 gung, sekarang malah juara satu. Wah2.. Keren lo gung.. Sukses buat masa depanmu.

Semoga, bisa keliling dunia debatnya.. Amin..

avatar

waaah debat pake bahasa inggris.. klo gw ngomong biasa aja pake bahasa inggris susah

avatar

Wahaaaa sadeees deh ini, debat bahasa inggris :D wkwk aku masih belepotan banget ngomong inggrisnya -_-

avatar

Mochammad Azka Taufiq Rey:

Iya makasih Azka :)

Gue bersyukur bisa menang, akhirnya penantian panjang lewat usaha gue lewat ikut lomba debat ini itu menghasilkan juga.

avatar

muhammad erdi:

Lucu dah erdi, enggak mungkin juga gue debat 3 on 1, kasian lo.y entar di, enggak seimbang, cari temen 2 lagi dulu biar bisa 3 on 3, hehe :)

Iya, akhirnya juara 1 juga. Capek emang buat bisa dapetin juara 1, well, masih ada pencapaian lainnya lagi yang harus gue kejar, thanks buat ucapan selamatnya di. :)

avatar

i Jeverson:

Thanks jev. well, untung babak final gue sama tim gue dapetnya posisi pro, jadi gampanglah. Anehnya, dari round 1 sampe final temen2 nyuruh gue terus ngambil posisi, tiap gue ambil, gue dapet posisi yg bagus terus. Hehe :)

avatar

Gustyanita Pratiwi:

Thanks tiwi buar ucapan selamatnya. :)

Iya, mosinya berat2, kita harus banyak baca referensi ini itu, kalau enggak entar bingung mau bawa skema kasusnya gimmana.

Kalau mau bahas peristiwa terkini selain lewat debat bisa buat forum diskusi juga bisa kok, temanya pake tema debat, done.

Kalo jakarta pindah, kayanya masih rame deh

pertama, jakarta itu sentralnya jalur keluar masuk transportasi yang mau ke banten, sumatera dan ke jawa barat, karena posisinya yang di tengah, jadi bakalan tetep rame deh.

Kedua, penduduk di jakarta juga banyak banget, enggak mungkin juga mereka serempak langsung pindah, butuh biaya yang enggak sedikit juga di tempat baru, jadi, banyak dari mereka yang bakalan menetap di jakarta kecuali para pengusaha, investor, dan para pejabat kita harus pindah ke ibukota baru karena pusat pemerintahannya juga pindah.

Thanks udah baca, komen dan maen kesini wi. :)

avatar

Heru Arya:

Iya, kemaren2 dapet posisi ketiga, sekarang posisinya pertama, yah, namanya juga hidup, kadang dibawah, kadang kita ada di atas, yang harus kita lakuin ketika dapet apresiasi adalah bersyukur.

Amin, thanks buat doanya heru. :)

avatar

Puput:

Gue juga pas semester 1 susah banget ngomong pake bahasa inggris put, harus latihan yang intensif, lama2 entar juga bisa. :)

avatar

Febri Dwi Cahya Gumilar:

coba ikut aja feb, siapa tau kalo lo ikutan speaking bahasa inggrisnya jadi bisa terasah dan cepet level up. :)

avatar

Congrats bang. Ikut seneng, saya juga seneng pas liat tim kaka maju. Good perform☺. Btw saya panitia FESBA IIQ kmrn hehe. Tahun ini ikut partisipasi lg ya kak. Insya Allah akn diadakan kembali

Click to comment