Menjadi Blogger Konsisten Itu ...

Menjadi Blogger Konsisten Itu ...
Photo via Visualhunt

Kalau ditanya apa sih kunci sukses dalam segala bidang yang kita tekuni termasuk blogging, semua tahu dan pasti bisa menjawabnya, konsisten.

Pertanyaannya, mampukah kita menjadi blogger yang konsisten? Banyak blogger yang merasa dirinya belum bisa menjadi blogger yang konsisten. Alasannya? Oh well, kalau kita membahas alasan, artikel ini tidak akan cukup untuk membahasnya, karena akan ada begitu banyak alasan yang bisa kita ajukan sebagai bentuk pembelaan diri terhadap ketidakberdayaan diri kenapa kita tidak bisa menjadi blogger yang konsisten.

Lewat artikel ini, saya ingin mengajak kamu mendiskusikan persoalan ini bersama-sama. Kamu, saya, dan blogger lain di luar sana sedang berjuang membentuk kompetensi diri menjadi blogger yang konsisten. Jadi, jangan terlalu membebani diri ya, kamu bukan satu-satunya blogger yang sedang tengah kesulitan dipusingkan oleh inkonsistensi. Jadi, buat dirimu rileks terlebih dahulu ya, terlalu memusingkan persoalan ini juga belum tentu bisa menyelesaikan masalah ini.

Pertama, kita tanyakan pada diri dahulu, kita mau jadi blogger konsisten yang seperti apa sih? Kita harus menentukan makna konsisten lebih spesifik lagi, target yang jelas bisa membuatmu lebih mudah menjalani proses mencapainya. Berikut ini, daftar spesifik mau jadi blogger yang konsisten seperti apa, here we go;

Konsisten Dalam Menulis Artikel di Blog

Konsisten menulis 1 artikel setiap hari
Konsisten menulis 1 artikel perminggu
Konsisten menulis 1 artikel perbulan

Blogwalking

Blogwalking setiap hari
Blogwalking seminggu sekali
Blogwalking sebulan sekali

Kedua, kalau kamu sudah tahu mau jadi blogger konsisten seperti apa, tahap selanjutnya pilih satu dan komitmen pada keputusanmu, ingat ya, dalam menjalani proses menjadi blogger konsisten pastinya akan ada hambatan, jadi, mau kamu konsisten atau malas, kedua pilihan tersebut punya konsekuensi masing-masing. Kalau konsisten, kamu berhasil membentuk kompetensi diri menjadi blogger yang konsisten, tidak hanya itu saja manfaatnya, blogmu juga akan berkembang dari segi trafik, komentar pembaca, dan frekuensi jumlah artikel di blog. Kalau kamu malas, ya hasilnya kamu jalan di tempat dan tidak berkembang sama sekali, blogmu pun bisa-bisa dikira hiatus oleh pembaca karena tidak ada artikel baru. 

Sebagai contoh, saya punya target yang cukup simpel, saya harus membuat artikel lebih banyak dari tahun sebelumnya, di tahun 2015, saya telah membuat 45 artikel, itu berarti saya harus melampaui angka itu, demi mewujudkannya, saya menulis artikel baru setiap bulannya, tidak ada batasan berapa banyak saya harus menulis artikel baru, walaupun terlihat fleksibel, saya harus menulis artikel baru setiap minggunya, untuk apa? Sudah pasti, saya menulis artikel baru supaya pembaca blog ini bisa mendapatkan manfaat dari tulisan saya atau setidaknya tahu kalau saya masih aktif ngeblog, selama lima bulan ini, saya tidak pernah bolos menulis satu bulan pun, mulai januari sampai bulan ini, mei, saya aktif menulis di blog ini, untuk blogwalking sendiri, saya masih menargetkan pokoknya setiap bulan saya harus main ke blog teman-teman yang lain. Nah, skema target yang jelas ini memudahkan saya untuk menjadi blogger yang konsisten sesuai dengan keadaan adanya diri saya yang sekarang, jadi ngeblog juga enjoy dan menyenangkan.

Last but not the least, sebagai penutup, saya menyampaikan dua poin dalam artikel ini mengenai blogger konsisten; 

Pertama, kita harus tahu terlebih dahulu mau  jadi blogger yang konsisten dalam menulis dan blogwalking seperti apa.  

Kedua, kita harus membuat keputusan dan komitmen menjalani prosesnya. Itu saja. 

Terlihat simpel memang, tapi dibalik skema ini, kalau kamu memperhatikan jumlah artikel bulanan di Daily Blogger Pro, kadang banyak, kadang juga sedikit, tak apa, itu proses, kan kadang kita ada di atas dimana produktifitas menulis kita tinggi, kadang juga kita dibawah  ketika kita sedang bad mood, malas, kena writer's block dan masalah lainnya, alhasil, berimbas ke jumlah postingan. 

Satu hal yang perlu kita pahami dan lakukan adalah jangan berhenti menulis dan blogwalking, selama kita terus bergerak, kita sebagai penulis dan blog kita akan berkembang secara bertahap, lama kelamaan kalau proses ini ditekuni kita bisa menghasilkan tulisan dan pembaca yang banyak. 

Tidak ada jalan pintas untuk menjadi blogger yang konsisten, semuanya dicapai dengan usaha kita yang berproses, selama komitmen menjalani usaha itu, kita akan belajar dan dibimbing lewat pengalaman perjalanan membentuk pribadi yang lebih baik lagi, maka dari itu, teruslah mencoba, bergerak, dan jangan berhenti sampai kamu berhasil mewujudkannya. :)

Bagaimana menurutmu?

Click to comment