3 Poin Penting Ini Bisa Membuat Blogmu Berbeda Dari Blog Lain Di Blogosphere

3 Poin Penting Ini Bisa Membuat Blogmu Berbeda Dari Blog Lain Di Blogosphere
Photo via Visual hunt

Pernahkah kamu berpikir kalau banyak sekali blogger baru maupun sudah lama menekuni aktifitas ini bertebaran di dunia blogging atau blogosphere?

Apa sih yang membedakan blogmu dari blog lain? Kenapa pembacamu mau kembali lagi, lagi, dan lagi mengunjungi dan membaca tulisan di blogmu?

Well, setidaknya 3 poin penting ini bisa membuat blogmu "stand out" alias "berbeda" dari blog lain, ketiga poin itu adalah:

"1. Desain Blogmu"2. Kontenmu"3. Gaya Menulismu


1. Desain Blogmu

Ketika pembaca pertama kali mengunjungi blogmu, pertama kali yang ia lihat sebelum kontenmu adalah desain blogmu. Desain yang bagus dan rapih dapat membuat pembacamu nyaman. Nyatanya, desain blog memang berpengaruh sekali pada pengalaman membaca pengunjung blogmu, kalau desain blogmu berantakan, pembaca akan terganggu ketika membaca. Kalau memang kamu memiliki dana lebih, kamu bisa membayar jasa desainer web untuk membuatkanmu desain template blogmu sendiri.


2. Kontenmu 

Pembaca membuka mesin pencari tujuannya adalah mencari informasi, ketika blogmu menyediakan informasi yang benar-benar dicari oleh pembaca, maka pembaca akan menemukan blogmu, semakin bermanfaat konten yang kamu tulis, semakin besar kesempatanmu untuk membuat pembaca untuk kembali lagi, lagi, dan lagi. Kenapa? Karena mereka sudah nyaman dan menyukai konten blogmu, itu berarti mereka akan menantikan update artikel baru dari blogmu.


3. Gaya Menulismu

Setiap blogger memiliki gaya menulisnya sendiri, di blog ini, saya menggunakan subjek "saya, kamu, dan kalian", ada juga artikel berseri yang diberi imbuhan diksi "daily" yang menjadi ciri khas sesuai dengan nama blog ini "daily blogger pro".

Contoh lainnya, tulisan wortel, adminnya menggunakan subjek "pangeran wortel" sebagai nama panggilannya. Gaya menulismu harus beda dan unik, jadi pembaca akan menganggukkan kepala seraya pertanda mengerti bedanya blogmu dengan blog orang lain.

Itulah 3 poin penting yang membuat blogmu berbeda dari blog lain, bagaimana menurutmu?

16 komentar

avatar

Ehm. Gue kok senyum-senyum sendiri ya gung, pas baca "Contoh lainnya, tulisan wortel, adminnya menggunakan subjek "pangeran wortel" sebagai nama panggilannya." hahaha. Jadi malu gue. :D

Sederhananya bener banget gung. 3 poin ini yang aslinya seperti part 1 orang lain menilai blog saat berkunjung.

Btw, kalo blog gue desain sama kontennya gimana menurut lo gung?

avatar

Heru Arya:

Oke, seperti post ke-2 gue di hari ini dimana gue ngebahas tentang daftar bacaan di blogger itu udah kaya perpustakaan pribadi gue, nah blog lo itu paling sering muncul disitu, jadi gue sering banget maen ke blog lo, kita bahas satu-satu ya.

Desain blog

Honestly, desain lo yang penuh dengan warna oranye bersatu padu sama judul blog lo "tulisan wortel", pemilihan warna background putih dilapisi pembatas oranye itu udah kaya lagi ngerasain sensasi makan wortel beneran, gini analoginya:

Judul artikelnya itu ujung daun wortel yang eye catching dan menarik perhatian, kalo pembaca tertarik sama judul artikelnya, mereka bakal cabut itu wortel.

Pembatas warna oranye itu jadi pembatas yang bagus dimana lo berhasil ngebuat pembaca fokus pada isi si wortel, yups, konten yang ada di tengah artikel.

Selayaknya wortel, konten lo yang bermanfaat itu udah kaya vitamin yang bermanfaat buat pembaca. So far, selama gue ngebaca tulisan lo, gue selalu dapet hal baru dari tulisan lo. I like your articles.

Trus, dari desain lo, lo berhasil memberikan pembaca pilihan bacaan, buktinya, lo ngasih fitur recent post, popular post, related article, sama daftar isi. 4 fitur itu ngemudahin pembaca buat lebih mudah mengeksplorasi semua karya lo pangeran.

Last, kecepatan akses blog lo juga cepet, jadi pengunjung blog lo bisa nyaman ngebaca tulisan di blog lo pangeran. Kecepatan loading blog ngaruh banget menurut gue dan lo berhasil menyediakan akses loading cepat pas pengunjung ngakses blog lo.

Konten

Objectively, konten lo itu social media friendly banget, begitu pembaca suka sama artikel lo, mereka bisa bagiin artikelnya lewat plugin social network share yang ada dibawah judul artikel dan di samping kiri artikel.

Blog lo itu fokus banget sama yang namanya ngejaga kualitas artikel, keliatan banget artikel buatan lo itu rata-rata in-depht alias detail banget jadi pembaca blog lo jadi teredukasi.

Then, konten blog lo itu selain bermanfaat, kontennya banyak dapet feedback dari pembaca lo, terbukti dengan banyaknya komentar yang terlampir di setiap post yang udah lo publish.

That's my review. Mungkin kalo gue buat artikel seri blog review, gue bakalan masukin tulisan wortel juga buat masuk daftar review gue. Terus berkarya ya pangeran di tulisan wortel, ditunggu loh update artikel selanjutnya. :D

avatar

Oke-oke. Sekarang gue mulai terbang. Hampir gak bisa turun, gung. Hahahaha.

Soal Desain Blog : Wah... Makasih banget udah ngasi pandangan tentang apa yang gue desian. Selain itu, memang sejak awal Tulisan Wortel gue buat gak mau norak pake warna yang ngejreng gitu. Ya, meskipun Orange termasuk warna ngejreng. Gue tetep nyari warna yang masih aman.

Nah, semua pendapat lo soal desain, gue sepakat. Itulah kenapa gue ngasi border di beberapa tempat. Ya, biar pembaca fokus.

Soal Konten : Nah, ini menarik banget. Selama ini gue berusaha sih, nulis materi yang sejatinya gak nanggung-nanggung. Buat gue, konten yg baik adalah berangkat dari hati. Memang, hati itu ada kaitannya sama mood. Tapi, gue selalu percaya, kalo niat ngeblognya buat berbagi, pasti jadinya Somehing banget.

Kalo dikatakan bermanfaat, gue bersyukur banget, sih. Karena, kadang suka kecampur sama curhatan. XD

Duh... Makasih ya gung, udh mau repot2 bahas tulisan wortel.

Siap... Sesuatu jadwal post selanjutnya.. :)

Btw, makasih banget buat semua pendapat lo.

avatar

Heru Arya:

Oke, iya sama-sama pangeran.

I will wait your new article. :)

avatar

Template gratis yg bukan bawaan blogspot tu dimana ya cariknya
Kebanyakan yg simpel malah berbayar aaaakkk
Punyaku masi sederhana sekali gung blognya

avatar

Gustyanita Pratiwi:

Gue rekomendasiin 75 template reponsive ini ka:

https://www.freshdesignweb.com/free-blogger-templates/

75 template itu mulai dari yang simpel bersih sampe yang desain reponsive, seo-friendly, keren ada di website itu ka, tentunya templatenya gratis. Kebanyakan penyedia template aslinya ngasih kita 2 opsi, kita bisa download gratis dan sebagai gantinya di bawah template yang kita pake bakalan ada credit link yang mengarah ke web si pemilik template, contohnya template daily blogger pro yang gue pake ini, kalo ka tiwi liat dibagian paling bawah, bakalan ada lisensi template dari "Templateism". Itu semacam bentuk apresiasi kita buat desainernya, sama-sama untung, kita dapet desain yang kita suka, dia dapet kredit link yang mengarah ke webnya. Silahkan dicoba ka ke-75 template yang ada di link di atas. Wish you find your favorite template there :)

avatar

Opsi keduanya, kita bayar dan sebagai gantinya dibawah alias footer blog kita enggak bakal ada tulisan link web desainer templatenya.

Ya kalo menurut gue ambil yang free aja.

avatar

Ini ada lagi, buat referensi template lainnya:

- https://colorlib.com/wp/free-blogger-templates/

- http://designscrazed.org/best-free-blogger-templates/

- https://btemplates.com/ (Kalo web ini penyedia template khusus niche blogger.com)

avatar

Boleh boleh boleh, ibarat kata mesti punya karakter atau ciri sendiri gitu yaaa? :D

willynana.blogspot.com

avatar

Fransisca Williana Nana:

Iya, jadi kita punya true voice yang ngebuat blog kita jadi stand out among thousand blogs outside there. :)

avatar

wah bener tuh. gaya menulis juga bisa membedakan dari blog2 yg lain.. apalagi kalo pake gaya kupu2 nulisnya

avatar

Puput:

Lah gaya kupu-kupu mah gaya renang, bukan gaya menulis put. Hehe :D

avatar

3 hal yang masih perlu gue pelajari...

avatar

Wahab Saputra:

Silahkan dipelajari dan semoga bermanfaat ya.

avatar

Mantab gung, nanti aku ke tekape
Tapi kudu yg blajar html ga ni

avatar

Gustyanita Pratiwi:

Senang bisa membantu. :)

Iya, paling editing sedikit, kaya ngerubah bawaan templatenya sesuai sama keinginan kita. Biasanya yang dirubah itu, tabel sama widget bawaan template.

Contoh, template blog gue, gue ngerubah bagian headernya, awalnya menu diatas itu masih mengarah ke web pemilik desainnya, jadi gue rubah semua dengan template gue. Kalo mbak nita bisalah pastinya, kan kalo belajar semua pasti bisa kok, kalo butuh bantuan dateng lagi aja kesini soal template ya mbak.

Click to comment