Percaya atau Tidak Percaya: Mungkin Enggak Sih Bermain Playstation 1 Tanpa Membeli Konsol Gamesnya Langsung? - Game #1

Percaya atau Tidak Percaya: Mungkin Enggak Sih Bermain Playstation 1 Tanpa Membeli Konsol Gamesnya Langsung? - Game #1
Credit: pcwallart.com

Buat kamu anak-anak kelahiran 90-an pasti sudah tidak asing lagi dong dengan konsol games sony playstation 1 yang begitu digemari oleh anak-anak pada era itu. Betapa tidak, konsol games ini sangat populer dan bertebaran dimana-mana kala itu, enggak peduli itu anak-anak sampai dewasa kala itu rela menyisihkan uangnya untuk bisa merasakan sensasi bermain games yang menyenangkan.

Ketika kecil, sepulang sekolah dasar, saya dan teman-teman pergi ke tempat rental playstation 1. Enaknya main games di tempat rental itu, selain kebutuhan bermain games terpenuhi, kita juga bisa mendapatkan teman baru yang sehobi dengan kita, yups, sama-sama pemain games. Ada banyak judul games seru yang saya dan teman-teman mainkan, diantaranya:
Harvestmoon back to the nature, monster rancher 2, yugi-oh forbidden memories, crash bandicoot seri 1 - 3, crash team racing, final fantasy, digimon rumble arena, digimon world 3, vigilante, naruto, megaman x4 - 6, tomba, tekken, street fighter, spyro, hercules, dan nascar rumble.
Enggak enaknya, selain waktu bermainnya terbatas, banyak yang merokok di tempat rental playstation, so, kamu harus pintar-pintar memilih tempat untuk bermain.

Kala itu, orang tua saya tahu kalau tidak semua tempat rental playstation bebas dari perokok, maka dari itu, orang tua saya membelikan saya playstation 1. Keuntungan memiliki konsol games sendiri itu enaknya bukan main loh. Kamu enggak usah ngantri berjam-jam cuma buat nunggu giliran main dan pas udah dapet giliran main, tiba-tiba mati listrik, kelar sudah, kesenangan itu sirna begitu saja kala itu. Selain itu, kalau punya konsol games sendiri, kamu bakalan sering ngumpul sama keluarga di rumah, main games bareng adik atau saudara jadi pilihan yang tepat untuk saling mengakrabkan suasana, dan bagian terbaiknya adalah kamu bisa dekat dengan orang tuamu, menyenangkan bukan?

Genap setahun playstation itu menemani keluarga kami dirumah kala itu, namun, tanpa diduga-duga, konsol games itu rusak, ya, memang sudah waktunya rusak. Pertanyaanya, haruskah saya membeli konsol baru lagi supaya terus bisa bermain games playstation one? Dalam hati, saya sering bertanya-tanya mengenai hal itu.
"Bisa enggak yah main games playstation 1 lagi? 

"Konsol gamesnya sudah rusak, mau beli lagi kayanya belum memungkinkan. 

"Coba aja kalo bisa main games PS1 tanpa konsolnya, seru kali ya, kan enggak usah ngeluarin uang banyak dan enggak nyusahin orangtua buat minta beliin yang baru lagi.
Pertanyaan itu masih terus terngiang hingga saya menempuh studi sekolah menengah atas, didorong rasa penasaran itu, saya langsung googling mencari tahu informasi mengenai emulasi games, benar saja, banyak forum-forum yang membahas topik itu, tidak hanya sekedar membahas tapi produk emulasi gamesnya juga ada, banyak developer games yang membuat aplikasi yang bisa menjalankan emulasi games playstation one. Para game developer, beta tester, dan player sering menyebut aplikasi itu dengan nama "emulator". Apa sih emulator itu?

Emulator itu mudahnya, kamu enggak punya konsol playstation aslinya, dengan adanya emulator ini kamu bisa memainkan permainan dari konsol playstation 1 tanpa memiliki perangkatnya langsung. Kamu hanya tinggal menginstal aplikasinya, siapkan gamenya, jalankan emulatornya, pilih games yang hendak kamu mainkan, dan kamu pun bisa langsung memainkan gamesnya. Umumnya, aplikasi emulator, tidak mengharuskanmu menginstal programnya, biasanya bisa langsung digunakan. Kamu tahu, emulator ini bisa dijalankan lewat komputer dan ponsel loh. Keren, bukan?

Kalau kamu bertanya, apa sih nama emulatornya, saya akan merekomendasikan dua nama. Apa saja?
Pertama: ePSXe.

Percaya atau Tidak Percaya: Mungkin Enggak Sih Bermain Playstation 1 Tanpa Membeli Konsol Gamesnya Langsung? - Game #1
Credit: google.com
Kedua: PSXfin

Percaya atau Tidak Percaya: Mungkin Enggak Sih Bermain Playstation 1 Tanpa Membeli Konsol Gamesnya Langsung? - Game #1
Credit: google.com

Kamu bisa mendapatkan emulator epsxe lewat website resminya melalui link ini: http://www.epsxe.com. Sedangkan emulator PSXfin, kamu bisa mencarinya di google.

Kesimpulannya, memainkan konsol games asli tanpa harus membelinya langsung benar-benar bisa dilakukan melalui kedua emulator ini, epsxe dan psxfin.

Bagaimana cerita ini menurutmu?

6 komentar

avatar

Saya juga semept ketagihan main PS, cuma sekarang sudah punya anak jadi gak pernah main lagi. Mungkin saja suatu saat nanti bisa jadi anak saya yang ngajak main PS bareng.

avatar

Haris L. Hakim:

Asik tuh kayanya maen bareng anak, semoga nanti terwujud ya bisa maen game bareng. Hehe

avatar

Kondol games itu maksudnya pencetannya bukan sih gung
Maklum bukaan anak pees

Hmm klo ada yg tinggal fonlod aja missl konsolnya rusak, jadi makin praktis y

avatar

Hmmm yap bener banget, sekarang di PC yang spek rendah aja, emulator PS 1 udah bisa digunakan. Membangkitkan memori lama, apalagi ketika maen harvest moon. Uhhhhh sampe lupa waktu kadang.

avatar

Gustyanita Pratiwi:

Bukan mbak, itu mah namanya kontroller, lebih seringnya sih anak-anak gamer manggilnya "stik". Kalo konsol games itu perangkat gamesnya kaya playstation 1, 2, 3, 4. NDS, 3DS, PS Vita, PSP, N64, Gambeboy Advance dan nintendo, itulah nama-nama konsol games, hehe :)

Iya praktis, kalo yang asli, konsol games PS1 pernah rusah, dan udah diservice berkali-kali tetep aja rusak dan akhirnya gue menyerah. Syukurlah, gue ketemu sama emulator konsol games, yeay, bisa maen game lagi deh.

avatar

Mochammad Azka Taufiq Rey:

Haha, lo suka maen harvestmoon juga ka? Gue juga suka, anehnya kalo di game harvestmoon waktunya itu loh, jalan dari depan rumah ke supermarket aja bisa sejam, padahal gue rasa tempatnya deket, waktu sehari pun cepet banget serasa enggak sempet ngapa-ngapain tapi dsitulah tantangannya dimana kita harus belajar ngatur waktu se-efektif mungkin.

Click to comment