Blogging; Apakah Hanya Fokus Menulis Konten Di Blog Cukup Untuk Meningkatkan Jaringan Pembacamu?

Blogging; Apakah Hanya Fokus Menulis Konten Di Blog Cukup Untuk Meningkatkan Jaringan Pembacamu?
Blogging; Apakah Hanya Fokus Menulis Konten Di Blog Cukup Untuk Meningkatkan Jaringan Pembacamu?
Photo credit: Garrett Gill via VisualHunt.com / CC BY

Menulis konten blog sudah menjadi tugas keseharian bagi para blogger. Kenapa? Konten di blog bisa jadi semacam sinyal yang bisa dibaca oleh pembaca apakah kamu cukup aktif menulis atau malah menghilang tidak aktif menulis lagi di dunia blogging alias hiatus.

Dalam perjalanan blogging, semua orang punya cara uniknya sendiri dalam mengelola blognya. Menyoal judul artikel ini, saya sering bertanya-tanya, apakah hanya dengan fokus menulis konten di blog cukup untuk meningkatkan jaringan pembaca? Jawabannya bisa ya dan tidak.

Pertama, skema ini bisa mendatangkan pembaca yang sama sekali belum pernah kenal dengan blogmu. Ketika kamu berhasil mendatangkan pembaca barumu, kamu punya kesempatan untuk membangun loyalitas pembaca lewat konten-konten bermanfaat yang dibutuhkan oleh para pembaca atau bahkan kalau pembaca tersebut termasuk dalam kategori active reader, dia akan memberikan tanggapan terhadap tulisanmu melalui kotak komentar, kalau kamu mendapati pembaca seperti ini, jangan disia-siakan ya, sambut dia dengan balasan komentarmu.

Kedua, kalau kamu merasa tidak setuju, itu berarti skema ini memang bisa mendatangkan pembaca baru namun kesulitannya adalah bagaimana cara mempertahankan pembaca baru ini, karena kita tahu bahwa faktanya tidak ada fitur yang memungkinkan blogger untuk mengenali jenis pembaca apakah pembaca ini pembaca lama atau baru yang digolongkan berdasarkan IP unik dari tiap komputer pembaca. Jadi, hanya fokus pada menulis konten saja belumlah cukup, kamu perlu membagikan kontenmu di jejaring sosial dan terlibat aktif di dalamnya, kamu juga bisa melakukan blogwalking, siapa tahu pembaca dari blog lain melihat komentarmu dan tertarik juga ingin membaca tulisanmu.

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu setuju dengan hanya fokus menulis konten di blog untuk meningkatkan jaringan pembacamu? Nyatakan pendapatmu lewat kotak komentar yang sudah saya sediakan ya. :)