Blogging; Apakah Hanya Fokus Menulis Konten Di Blog Cukup Untuk Meningkatkan Jaringan Pembacamu?

Blogging; Apakah Hanya Fokus Menulis Konten Di Blog Cukup Untuk Meningkatkan Jaringan Pembacamu?
Photo credit: Garrett Gill via VisualHunt.com / CC BY

Menulis konten blog sudah menjadi tugas keseharian bagi para blogger. Kenapa? Konten di blog bisa jadi semacam sinyal yang bisa dibaca oleh pembaca apakah kamu cukup aktif menulis atau malah menghilang tidak aktif menulis lagi di dunia blogging alias hiatus.

Dalam perjalanan blogging, semua orang punya cara uniknya sendiri dalam mengelola blognya. Menyoal judul artikel ini, saya sering bertanya-tanya, apakah hanya dengan fokus menulis konten di blog cukup untuk meningkatkan jaringan pembaca? Jawabannya bisa ya dan tidak.

Pertama, skema ini bisa mendatangkan pembaca yang sama sekali belum pernah kenal dengan blogmu. Ketika kamu berhasil mendatangkan pembaca barumu, kamu punya kesempatan untuk membangun loyalitas pembaca lewat konten-konten bermanfaat yang dibutuhkan oleh para pembaca atau bahkan kalau pembaca tersebut termasuk dalam kategori active reader, dia akan memberikan tanggapan terhadap tulisanmu melalui kotak komentar, kalau kamu mendapati pembaca seperti ini, jangan disia-siakan ya, sambut dia dengan balasan komentarmu.

Kedua, kalau kamu merasa tidak setuju, itu berarti skema ini memang bisa mendatangkan pembaca baru namun kesulitannya adalah bagaimana cara mempertahankan pembaca baru ini, karena kita tahu bahwa faktanya tidak ada fitur yang memungkinkan blogger untuk mengenali jenis pembaca apakah pembaca ini pembaca lama atau baru yang digolongkan berdasarkan IP unik dari tiap komputer pembaca. Jadi, hanya fokus pada menulis konten saja belumlah cukup, kamu perlu membagikan kontenmu di jejaring sosial dan terlibat aktif di dalamnya, kamu juga bisa melakukan blogwalking, siapa tahu pembaca dari blog lain melihat komentarmu dan tertarik juga ingin membaca tulisanmu.

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu setuju dengan hanya fokus menulis konten di blog untuk meningkatkan jaringan pembacamu? Nyatakan pendapatmu lewat kotak komentar yang sudah saya sediakan ya. :) 

2 komentar

avatar

Secara konsep. Memang konten yang mampu meningkatkan pengunjung. Tapi, secara sudut pandang lain, ada banyak faktor yang meningkatkan jumlah visitor di blog.

Tapi, gue tegaskan dulu. Yang paling utama tetep : KONTEN YANG MENARIK DAN BERMANFAAT. Sisanya hanya sebagai pendukung. Memang, ada ahli SEO mengatakan, yang penting bukan kontennya, tapi SEO-nya. Maksudnya, tulisan sebagus apapun, tapi gak berada di Page One google. Itu sama saja bohong. Tapi, biarlah tulisannya biasa. Tapi di Page One google, itu luas biasa. Begitulah kurang lebih anggapannya.

Artinya, setiap blogger punya cara masing-masing untuk meningkatkan pengunjungnya. Terlepas dari membagikan ke Sosmed sendiri masih belum mampu untuk meningkatkan jumlah pengunjung secara stabil. Yang paling baik dari mesin pencarian. Karena itu Murni. Orang mencari dan menemukan kita. Begitulah siklusnya.

Tapi, dari sisi pandang gue sendiri. Konten tetep No.1 Soal SEO dan segala macamnya adalah pendukung. Memang, Blogger Personal seperti gue gak perlu mikir SEO. Tapi, kalo gak mau ngerti, itu sama saja seperti mainan kelinci. Hanya lari di tempat. Gak akan berkembang. Mungkin bisa, tapi butuh bertahun-tahun bahkan puluhan tahun jika tidak dioptimalkan dengen SEO.

Terus, untuk mengetahui pengunjung baru atau lama aslinya udah ada sejak zaman dulu. Ada Google Analytics, Histats, dll yang bisa ngecek mana yg lama dan baru. Memang, cuman IP. Tapi bedasarkan itu kalo konten kita menarik. Visitor pasti akan kembali.

Nah... Intinya kembali ke konten. Jadi, sampe sekarang sih, gue masih percaya Konten yang baik mampu meningkatkan jumlah pengunjung.

avatar

Heru Arya:

Seperti biasa, komentar dari ka heru selalu berkualitas, isinya membangun. Iya sih, mau pake teknik seo sebagus apapun kalo blog artikelnya cuma ada 3 doang, ya sama aja bohong, pengunjung yang nyasar ke blog itu malah bakalan jengah karena enggak ada konten baru yang unik dan bermanfaat.

so, kesimpulannya konten yang bisa menjawab pertanyaan dari pengguna mesin pencarilah yang bisa menaikkan jumlah pembaca blog. Thanks buat diskusinya.

Click to comment