What is Present Perfect Tense; Mengenal Present Perfect Tense - Intermediate English Grammar #4

Mengenal Present Perfect Tense - Intermediate English Grammar #4
Credit: forum-animeindo.com

Buat kamu yang baru saja memulai studi S1-mu, kamu akan menemui begitu banyak tugas di semester awal, tugasnya tidak hanya satu mata kuliah saja, namun hampir semua dosen memberikanmu tugas mata kuliah yang diampunya. Kamu yang berstatus sebagai mahasiswa, sudah menjadi kewajiban untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut, dalam pengerjaannya, mungkin kamu merasa lelah dan tugas ini sepertinya tidak kunjung selesai, namun, begitu tugas-tugas yang menumpuk itu berhasil kamu selesaikan, kamu pastinya akan mendapatkan kepuasan batin tersendiri, kesenangan yang hanya kamu saja yang tahu rasanya.

Dalam artikel ini, saya ingin berbagi ilmu pengetahuan yang saya miliki mengenai salah satu tata bahasa Inggris yaitu present perfect tense.

Present Perfect Tense
Mengenal Present Perfect Tense - Intermediate English Grammar #4
Credit: englishcorner86.blogspot.com

Kalau kamu memperhatikan paragraf pembuka artikel ini, kamu pasti tahu kegunaan tata bahasa ini, iya, kegunaan tata bahasa ini, menjelaskan kegiatan yang sudah kamu selesaikan.

Present Perfect Tense punya satu formula sederhana yang bisa membantumu mengerti tentangnya loh, apa formulanya? Perhatikan uraian berikut ya:


"S + Have/Has + V3 (Past Participle)"


Formulanya terlihat mudah, namun buat kamu yang baru memulai mengenal tata bahasa ini, biar saya jelaskan lagi lebih detail dan ringkas supaya kamu bisa memahaminya lebih mudah lagi.

1. Apa makna S dalam formula present perfect tense?

Makna dari diksi huruf "S" dalam formula present perfect tense maksudnya ialah subjek dalam kalimat. Seperti apa sih subjek yang bisa digunakan dalam sebuah kalimat? Here we go:


Subjek: I, you, we, they, she, he, dan it.



2. Apa makna Have dan Has dalam formula present perfect tense?

Have dan Has dalam formula present perfect tense maknanya, dalam tata bahasa, mereka berperan sebagai helping verb alias kata kerja bantu, itu berarti kedua diksi ini bukan kata kerja utamanya. So, kapan sih kita menggunakan Have dan Has? Yuk, disimak uraian berikut:


Have: Diksi ini disandingkan dengan subjek I, you, we, dan they.

Has: Diksi ini disandingkan dengan subjek she, he, dan it.


3. Apa makna V3 atau Past Participle dalam formula present perfect tense?

Kamu enggak usah bingung ya sama peristilahan dalam bahasa inggris seperti diksi verb ke-3 dan past participle ini, soalnya maknanya sama kok, tata bahasa ini mengharuskan kamu menggunakan kata kerja bentuk ketiga. Sebagai uraian awal, kata kerja itu ternyata punya dua bentuk loh. Apa aja? Pertama, regular verb, kedua itu irregular verb, maksudnya apa? Yuk disimak penjelasan berikut:

Regular Verb: Mudahnya, regular verb itu bentuk kata kerjanya beraturan, polanya sama, dan mudah dimengerti, kira-kira seperti ini kata kerja yang masuk bentuk regular:


   V1            V2               V3
Allow      Allowed      Allowed - Mengizinkan
Agree      Agreed        Agreed   - Setuju


Irregular Verb: Simpelnya, irregular verb itu bentuknya enggak beraturan, bentuk kata kerja pertama, kedua, dan ketiganya bahkan tidak sama sekali, berbeda sekali dengan regular yang hanya ada penambahan huruf "ed dan d" di akhir kalimatnya. Mau tahu bagaimana bentuknya? Yuk disimak uraiannya:


   V1            V2               V3
   Eat           Ate             Eaten    - Makan
 Drive       Drove          Driven   - Mengemudi


Sampai sini, kamu sudah mengenal formula dari present perfect tense, apakah cukup? Tentunya belum, kamu baru setengah jalan berkenalan dengannya, yuk lanjutkan perjalananmu lagi untuk mengenalnya lebih dekat lagi. Caranya? Baca  terus uraian selanjutnya, dengan begitu, kamu akan mengenal tata bahasa ini seutuhnya.

Jadi, kapan sih kamu bisa menggunakan present perfect tense dalam keseharianmu?

Pertama, kamu bisa menggunakan present perfect tense ketika kamu baru saja selesai mengerjakan sesuatu, tentu dalam mengerjakannya, kamu menghabiskan waktu yang tidak sebentar, bukan? Namun dalam tata bahasa ini, waktunya tidak begitu penting. Berikut bentuk kalimatnya:


I have eaten breakfast - Saya sudah selesai sarapan

Subjek: I
Helping verb: Have
Verb 3: Eaten (Irregular)
Object: Breakfast

He has already paid the rent - Dia sudah membayar sewa

Subjek: He
Helping verb: Has
Verb 3: Paid (Regular)
Object:The rent


Kedua, kamu bisa menggunakan present perfect tense ketika temanmu menanyaimu pertanyaan yang biasanya lebih mengharuskanmu menjawabnya dengan jawaban singkat "ya" atau "tidak", biasanya pertanyaannya mengenai pengalaman dalam keseharianmu. Berikut bentuk kalimatnya:


Haslan: Have you ever eaten Ramen Chicken Katsu at Gokana? - Kamu pernah enggak makan ramen chicken katsu di Gokana?

Zandy: No, I haven't. How about you?

Haslan: Yes, I have.


See, pertanyaan yang menghampirimu lebih seringnya bersinggungan dengan pengalamanmu mencoba sesuatu seperti contoh kalimat diatas yang menerangkan pernah atau tidaknya kamu makan ramen chicken katsu di Gokana.

Ketiga, kamu bisa menggunakan present perfect tense ketika temanmu menanyakan seberapa lama kamu tinggal di kotamu, sudah sejak kapan kamu berteman dengan temanmu, atau bahkan bisa saja kamu ditanyai kapan terakhir kali pergi ke London. Kamu bisa menjawabnya dengan menggunakan 2 diksi "since" dan "for", yuk disimak bentuk kalimatnya biar kamu tahu bagaimana penggunaan since dan for dalam tata bahasa ini.


Since: Zayn has ever been to London 5 times since 2010 - Zayn sudah pernah mengunjungi London lima kali sejak tahun 2010.

Makna dari since menjelaskan padamu kapan Zayn pergi ke London untuk pertama kalinya, dalam kalimat kita tahu kalau Zayn mengunjungi London semenjak tahun 2010.

For: Desi has taught Biology for 5 years - Desi sudah mengajar biologi selama 5 tahun.

Makna dari for menjelaskan padamu seberapa lama Desi sudah mengajar mata pelajaran biologi, dalam kalimat kita tahu bahwa Desi sudah mengajar mata pelajaran biologi selama 5 tahun.


Keempat, kamu bisa menggunakan present perfect tense ketika kamu ingin menjelaskan dengan pasti bahwa kegiatan yang sedang kamu lakukan seperti mengerjakan tugas akhir benar-benar sudah selesai dengan menggunakan diksi "already". Lalu, kamu bisa bertanya kepada temanmu untuk memastikan apakah temanmu sudah selesai mengerjakan tugas akhirnya atau belum dengan menggunakan diksi "yet".


Already: Fajar has eaten lunch already - Fajar sudah makan siang.

Makna already dalam kalimat diatas menjelaskan padamu bahwa Fajar memang benar-benar sudah makan siang.

Yet: Has Fajar eaten lunch yet? - Sudahkan Fajar makan siang?

Makna yet dalam kalimat diatas menjelaskan padamu bahwa kamu bisa menanyai fajar apakah ia sudah makan siang atau belum.


Yeay, kamu sekarang sudah mengenal present perfect seutuhnya, kamu tahu formulanya dengan detail dan kapan kamu bisa menggunakan tata bahasa ini.

Bagaimana materi tata bahasa present perfect tense ini menurutmu?

6 komentar

avatar

Yeah... ternyata saya lebih jago pakai bahasa jawa dari pada bahasa inggris. Wakakakak...

avatar

Ahi hi hi sepertinya ini bisa digunakan nih kang, okeh juga dan sepertinya cukup mudah untuk dipelajarinya.

avatar

Haris L. Hakim:

Lebih bagus lagi kalau mulai belajar bahasa Inggris juga pak, biar bisa ngerjain tugas bareng gitu sama anaknya pak haris. Hehe

avatar

Kang Nurul Iman:

Glad to hear that. :)

semoga bermanfaat ya.

avatar

Hohoo, perfect tense kdang suka ketuker2 mulu aku XD
Terutama kalo bikin kalimat Tanya tuhh. Hmm...

Nice post nih! Sering2 apdet grammar, ya! Nanti aku skalian bljar dan bkin kalimat jg. Hehe.

avatar

Lulu Andhita:

Makasih buat masukannya yah lu, ntar gue update lagi deh post tentang grammar, ditunggu aja ya. :)

Click to comment