What is Simple Future Tense; Mengenal Simple Future Tense - Intermediate English Grammar #3

Mengenal Simple Future Tense - Intermediate English Grammar #3
Photo credit: Silvia Viñuales via Visual hunt / CC BY-NC-ND

Dalam hidup, kamu mungkin bertanya-tanya perihal kehidupan seperti apa yang akan kamu jalani di masa mendatang nanti, namun satu hal yang kita percaya tentang masa depan adalah kamu dan semua orang sama-sama sedang mengusahakan masa depan yang baik dan membahagiakan, benar, bukan?

Dalam artikel ini, saya ingin berbagi ilmu pengetahuan yang saya miliki dengan pembaca blog ini, iya, kamu. Lewat artikel ini, kamu akan diajak untuk mengenal lebih dekat lagi dengan salah satu tata bahasa Inggris, yaitu simple future tense.

Simple Future Tense

Kalau kamu memperhatikan paragraf pembuka artikel ini, kamu pasti tahu kegunaan tata bahasa ini, iya, kegunaan tata bahasa ini, menjelaskan peristiwa yang akan terjadi di masa depan.

Simple future tense punya dua pola kalimat loh.

Pertama, kamu akan menemui diksi "will" dalam kalimat simple future tense. Berikut bentuk kalimatnya;

"Fitri will be back soon - Fitri akan segera kembali
"Endah will be yours someday- Endah akan jadi milikmu suatu saat nanti

Kedua, kamu akan menemui diksi "be going to" dalam kalimat simple future tense. Sebelum saya menuliskan bentuk kalimatnya, izinkan saya klarifikasi kembali kalau diksi "be" maksudnya adalah is, am, dan are, dalam bahasa Inggris panggilannya itu to be. Well, berikut bentuk kalimatnya;

"Wina is going to be your girlfriend - Wina akan jadi kekasihmu
"Haslan is going to go to Riau - Haslan akan pergi ke Riau.

Apakah sebatas mengetahui simple future tense "will" dan "be going to" cukup untuk membuat kita lebih mengenalnya? Jawabannya, belum, kamu baru setengah jalan, itu berarti masih ada karakter dari simple future tense yang belum kamu ketahui sebelumnya. Well, setidaknya ada 4 karakter yang dimiliki oleh tata bahasa ini yang harus kamu ketahui, apa saja 4 karakter itu? Let's check it out! :)

Karakter pertama yang dimiliki oleh simple future tense, kamu bisa menggunakan will untuk menunjukkan tindakan sukarela ketika hendak menolong teman, sahabat, atau orang terdekatmu. Berikut bentuk kalimatnya;

"Zandy:  I am really thirsty - Saya haus sekali.
"Haslan: I will get you a drink - Saya akan ambilkan minuman untukmu.

Karakter kedua yang dimiliki simple future tense, kamu bisa menggunakan will untuk menyatakan janji pada teman, keluarga, atau bahkan kekasihmu. Berikut bentuk kalimatnya;

"I promise I will come to your birthday party - Saya berjanji saya akan datang di pesta ulang tahunmu.

Karakter ketiga yang dimiliki simple future tense, kamu bisa menggunakan be going to untuk menjelaskan rencana yang ingin kamu lakukan di esok hari, lusa, minggu depan, atau bahkan bulan depan.

"Kiki is going to spend her vacation in Bali - Kiki akan menghabiskan liburannya di Bali.

Karakter keempat yang dimiliki simple future tense, kamu bisa menggunakan will dan be going to untuk memprediksikan peristiwa yang mungkin saja terjadi di masa mendatang. Berikut bentuk kalimatnya;

"Nisrina will be the next president of English Debating Society - Nisrina akan menjadi ketua komunitas debat bahasa Inggris.
"Nisrina is going to be the next president of English Debating Society - Nisrina akan menjadi ketua komunitas debat bahasa Inggris.

Well, saya harap kamu bisa mengenal apa itu simple future tense lewat artikel ini. Semoga bermanfaat ya. :)

Bagaimana menurutmu?

Click to comment