Yeay, Jadi Juara 2 di Lomba Debat Bahasa Inggris UEDC 2016 - EDS UHAMKA #4

Yeay, Jadi Juara 2 di Lomba Debat Bahasa Inggris UEDC 2016 - EDS UHAMKA #4
UEDC 2016

Setelah memenangkan turnamen debat tingkat jabdetabek FESBA 2016, saya mencoba ikut berpartisipasi lagi dalam lomba debat bahasa Inggris yang dilaksanakan oleh kampus tempat saya menimba ilmu, iya, UHAMKA.

Dalam lomba ini, partner saya masih sama dengan lomba sebelumnya, ayu, karena memang sistem debatnya menggunakan sistem british parliamentary, jadi 1 tim harus terdiri dari 2 orang. Dalam lomba ini, pemenangnya akan dijadikan delegasi universitas untuk berpartisipasi lagi dalam ajang lomba debat tingkat KOPERTIS wilayah III, NUDC 2016.

Dalam lomba ini, pesertanya beragam dan banyak, ada mahasiswa asal keguruan, fisip, ekonomi, psikologi, farmasi, dan perbankan syariah. So, totalnya ada 6 fakultas yang berpartisipasi dalam lomba ini. Lomba ini dibagi menjadi 2 babak penyisihan dan 1 babak final.

Oh iya, dalam lomba ini, ada tiga mosi debat yang diperdebatkan, berikut bentuk mosi debatnya;

"1. This house would ban religion section on citizen identities card - Dewan setuju untuk menghapuskan kolom agama dalam ktp.

"2. This house will ban the owner of media to participate in political election - Dewan setuju untuk tidak mengizinkan pemilik media untuk berpartisipasi dalam pemilihan politik.

"3. This house regrets the rise of online date apps and website - Dewan menyesal dengan maraknya layanan situs dan aplikasi kencan online.

Alhamdulilah, tim saya berhasil maju hingga babak final. Itu berarti, kami mendebatkan mosi no 3, yups, kita berdebat mengenai persoalan maraknya aplikasi kencan online. Perdebatan yang cukup seru dan kompetitif, saya dan peserta yang lainnya menikmati atmosfer babak final itu, intinya, tunjukkan performa terbaik, kalau kita sudah berusaha sebaik mungkin, usaha kita itu pasti akan membuahkan hasil, benar saja, kami memenangkan juara 2 dalam lomba tersebut.

Last but not the least, tim yang menjadi delegasi sebagai debaters diambil dari juara 1, dan jurinya dari juara 2 mereka adalah; Siti, Ririn, dan Saya.

Yeay, Jadi Juara 2 di Lomba Debat Bahasa Inggris UEDC 2016 - EDS UHAMKA #4






Click to comment