Universitas Terbuka; 32 Tahun Membangun Pendidikan Untuk Negeri - Lomba Blog Dies Natalis Universitas Terbuka ke-32

Universitas Terbuka; 32 Tahun Membangun Pendidikan Untuk Negeri

Teman, kita sama-sama percaya jikalau pendidikan dapat merubah nasib seseorang, lingkungannya, atau bahkan negeri tanah airnya. Saya percaya, kamu dan semua orang di negeri ini punya hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Realitasnya, kamu seringkali dihadapkan dengan hambatan yang bisa saja meredupkan semangatmu untuk kuliah seperti biaya kuliah yang mahal. Kalau sudah begini, mau tak mau memilih bekerja untuk menabung biaya kuliahmu menjadi keputusan yang rasional.

Namun, sebelum kamu mengiyakan dan komitmen pada keputusanmu itu, saya pikir, kamu masih bisa loh kuliah sambil bekerja tanpa membuat jadwal rutinitas kerjamu menjadi berantakan. Stigma sosial yang mengatakan kalau kerja sambil kuliah itu tidak mungkin bisa kamu kesampingkan dahulu, karena tetap mempercayainya juga hanya akan menghentikanmu untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Maka dari itu, melampaui segala rintangan yang menghalangi jalanmu harus kamu atasi sedini mungkin demi menyegerakan meraih impianmu untuk bisa kuliah. Bekerja sambil kuliah itu bagus untuk membentuk diri menjadi pribadi yang mandri, bertanggungjawab, dan tentunya pandai mengatur waktu. Nah, kampus yang cocok buat kamu adalah Universitas Terbuka.

Teman, saya akan mengenalkanmu dengan Universitas Terbuka melalui artikel ini. Jadi, sejak awal mula pendiriannya di tahun 1984, Universitas Terbuka ingin merealisasikan mimpi negeri ini dimana setiap orang di Indonesia bisa memperoleh haknya untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas, termasuk kamu. 

Demi membuat kamu dan semua orang yang sedang bekerja bisa kuliah dengan nyaman, UT berinovasi dengan membuat program pembelajaran jarak jauh dan terbuka. Lebih jelasnya, kamu bisa belajar secara mandiri di rumah, perpustakaan umum di daerahmu, atau bahkan di tempat kerjamu dikala senggang. Fleksibel, bukan?

Kamu hanya tinggal mempelajari modulnya sendiri, jikalau kamu merasa kesulitan dalam proses mempelajarinya, kamu bisa loh belajar secara berkelompok bersama teman se-fakultasmu, atau bahkan kamu bisa menanyakan kesulitan yang kamu hadapi sewaktu mempelajari modul dengan tutor langsung di akhir pekan, yakni di hari sabtu dan minggu.

Teman, belajar di Universitas Terbuka itu tidak ada batasan usia loh, jadi kamu bisa mendaftarkan dirimu ke UT kapan saja. Well, satu-satunya syarat yang harus kamu penuhi kalau kamu berminat mendaftarkan diri menjadi mahasiswa di UT itu kamu hanya tinggal melampirkan ijazah SMA saja, simpel bukan?

Bagian terbaiknya adalah kamu tidak akan dikenai biaya administrasi diawal pendaftaran, tentu ini bisa menghemat pengeluaranmu dan menyimpannya untuk keperluan belajar di masa mendatang ketika kamu sudah benar-benar menjadi mahasiswa di Universitas Terbuka.

Di UT, kamu bisa memilih 4 fakultas yang nantinya akan menjadi disiplin ilmumu loh, apa saja? Ada FKIP, FMIPA, FISIP, dan FEKON. Teman, tahukah kamu kalau tahun ini UT menjadi tuan rumah pelaksanaan UMB-PT yang bertempat di UT Convention Center, Pondok Cabe, Jakarta. Kabar baiknya, tahun ini, banyak sekali calon mahasiswa baru yang menuliskan UT sebagai 3 pilihan universitas negeri pertama yang mereka minati, jumlahnya ada sebanyak 604 calon mahasiswa baru! Sebut saja Arbi Fajar, ia memilih UT sebagai 3 universitas negeri pilihan pertamanya, ia mengenal UT itu bagus dari orangtuanya sendiri, ia sangat tertarik dengan sistem pembelajaran jarak jauh dan terbuka yang menjadi program unggulan UT karena memang benar-benar sesuai dengan kondisinya saat ini.

See? UT mampu memenuhi kebutuhan calon mahasiswanya. Tidak hanya itu, di tahun 2014, UT memperluas jaringannya hingga ke Hongkong, target UT adalah memberikan akses pendidikan berkualitas untuk tenaga kerja Indonesia (TKI). UT benar-benar peduli membangun pendidikan untuk negeri ini. Teman, ibu saya sendiri juga berkuliah di UT, rutinitas ibu saya sebagai guru sekolah dasar tentunya banyak sekali, melihat kondisi keluangan waktu yang terbatas, tidak mungkin ibu saya mengambil kuliah S1 dengan status reguler, maka dari itu, pilihan terbaik yang cocok dengan kondisi ibu saya adalah kuliah di UT. Syukurlah, saat ini ibu saya sudah mendapatkan gelar sarjananya di program studi PGSD. Terimakasih Universitas Terbuka.

Teman, demi memfasilitasi pembelajaran yang nyaman dan berkualitas UT telah menyediakan perpustakaan online, toko buku online, layanan pembelajaran via siaran seperti ITV-UT, modul beserta kaset CD-nya, dan tutorial online. Wah, lengkap sekali bukan fasilitasnya? Ditambah fasilitas UT menawarkan pembelajaran dengan teknologi tinggi berbasis internet. Oh well, tidak hanya itu, UT bahkan mendapatkan award langsung dari Microsoft karena UT mampu menerapkan aplikasi Microsoft Office 365 dalam pendidikan jarak jauh dan terbuka, hebat bukan? Ini dokumentasinya:

Universitas Terbuka; 32 Tahun Membangun Pendidikan Untuk Negeri
Universitas Terbuka Menerima Award Dari Microsoft - Credit: Universitas Terbuka

Sebagai penutup, saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-32 untuk Universitas Terbuka. 4 windu bukan waktu yang sebentar dalam membangun pendidikan untuk negeri ini, banyak manfaat yang telah UT berikan untuk negeri ini, terimakasih dan teruslah berkarya untuk memajukan pendidikan Indonesia.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-32. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

http://www.ut.ac.id/2016/dies/lomba-blog/

6 komentar

avatar

Ternyata UT itu keren banget, ya Gung. Gue baru bener-bener tau dari blog lo ini. Wah... Begitu banyak hal keren yang dilakukan UT. Termasuk pemanfaatan teknologi untuk membantu memudahkan dalam pembelajaran para mahasiswanya.

Bte, selamat ulang tahun yang ke-2 buat Universitas Terbuka. Sekses selalu untuk inovasinya.

avatar

Heru Arya:

Iya, UT emang keren banget ru, bagian yang gue suka itu cara UT menjangkau warga negara kita yang jadi TKI di negeri orang buat dapet pendidikan yang layak dan berkualitas, gue cuma bisa terkagum dengan pencapaian itu. Oh well, what a wonderful contribution. :)

avatar

UT memang universitas sejuta umat ya mas...

avatar

wah UT keren yah, ga perlu datang ke kelas. Hanya perlu komputer dan koneksi internet bisa belajar. Singkat pula waktunya :D keren.

avatar

Iya setuju, kuliahnya bisa dijangkau oleh banyak orang.

avatar

?: Yagitu deh, konsep belajarnya menggunakan teknologi internet jadi bisa belajar dimana aja. Thanks udah maen kesini ran.

Click to comment