What Is Adjective: Kenalan Yuk Dengan Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris - Basic English Grammar #10

Konten yang kamu baca gratis! Tapi kamu boleh kok, kasih tip donasi sebagai bentuk apresiasi untuk kreator agar website ini bisa terus aktif hingga 1 tahun mendatang;
10k 20k 25k 50k 100k 150k

What Is Adjective: Kenalan Yuk Dengan Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris - Basic English Grammar #10
Credit:Weheartit.com - Arashi
Mau Skill English Grammar Milikmu Bisa Membantu Menaikan Skor TOEFL dan IELTS? Baca Artikel Ekslusif DBP Berisi Rekomendasi Buku Bahasa Inggris di My-Best.id: 9 Buku Hebat agar Fresh Graduate Sukses Berkarya Rekomendasi Lifestyle Blogger Agung Kharisma

Kalau kamu ingin meningkatkan kualitas tulisanmu dalam bahasa Inggris, saya pikir kamu harus menambahkan tata bahasa adjective dalam tulisanmu, kenapa? Karena tata bahasa ini bisa menjelaskan detail lebih yang bisa memudahkan pembacamu dalam memahami tulisan keren buatanmu. :)




Apa itu Adjective Dalam Bahasa Inggris?

Adjective adalah kata sifat yang menerangkan kata benda. 




Bagaimana Cara Mengenali Adjective Dalam Kalimat Bahasa Inggris?

Penjelasan mudahnya, ada dua tips mudah nih gimana caranya kamu bisa mengenali adjective dengan cepat tanpa menghabiskan waktu yang banyak.

Adjective itu biasanya nongkrong asyik setelah kata kerja dan sebelum kata benda. Mudah, bukan? Supaya lebih jelas, ini contohnya:

1. Adjective Setelah Kata Kerja

Farhan is clever.

Reading a book is fun.

This fried chicken is delicious.

Penjelasan: kata dengan format miring adalah kata kerja dan kata yang ditebalkan adalah kata sifatnya. Dalam bentuk pertama ini, adjective ada setelah kata kerja (verb), coba deh kamu perhatikan, ada kata lain sebelum kata kerja, bukan? 

Misal: Farhan is clever.

Dalam kalimat diatas, adjective memang letaknya ada setelah kata kerja, namun, bukan berarti adjective disini menerangkan kata kerja "is". Kenapa? Kamu sudah membaca pengertian adjective, bukan? Iya, adjective fungsinya menjelaskan kata benda dalam kalimat, sebelum kata kerja dalam kalimat diatas ada satu kata lagi, yaitu Farhan, si Farhan disini dalam tata bahasa dikategorikan sebagai kata benda, jadi kita sama-sama tahu kalau kata "clever" menerangkan kualitas diri yang ada pada diri "Farhan". Kesimpulannya Farhan itu cerdas. Simpel, bukan?




2. Adjective Sebelum Kata Benda

A delicious food.

A cute cat.
Rintan is a diligent student.

Penjelasan mudahnya, kata yang tebal adalah adjective dan kata yang miring adalah kata benda. Dalam kalimat diatas, kita sama-sama tahu ada tiga adjective yaitu delicious, cute, dan diligent. Ketiga kata sifat ini menjelaskan kata benda setelahnya yakni food, cat, dan student. Mudah, bukan?



Ada Enggak Sih Daftar List Adjective Selain Contoh Diatas?

Jawabannya: Ada.

Saya sudah merangkum kata-kata mana saja yang dikategorikan sebagai kata sifat dalam bahasa Inggris. Here they are:


Daftar Adjective Dalam Bahasa Inggris


Kata Sifat Umum Benda
Happy,  sad, smart, cool, clever, diligent, delicious, fun, short, tall, small, big, handsome, beautiful, careful, dan helpful.

Kata Sifat Warna Benda

Red, blue, yellow, white, black, dan green.

Kata Sifat Bentuk Benda 

Circle, flat, square, dan triangle.

Mau Skill English Grammar Milikmu Bisa Membantu Menaikan Skor TOEFL dan IELTS? Baca Artikel Ekslusif DBP Berisi Rekomendasi Buku Bahasa Inggris di My-Best.id: 9 Buku Hebat agar Fresh Graduate Sukses Berkarya Rekomendasi Lifestyle Blogger Agung Kharisma

Cie udah ngerti nih apa itu adjective. Saya ucapkan selamat, kni kamu sudah mengerti apa itu adjective, mengenali adjective dalam kalimat, dan contoh adjective. Semoga bermanfaat ya artikelnya. :)

Bagaimana artikel tata bahasa ini?

Suka dengan konten ini? Yuk kasih rating & kirim tip donasi untuk kreator agar website ini bisa aktif hingga 1 tahun mendatang;


10k 20k 25k 50k 100k 150k

Disclaimer untuk pembaca;

Hak Cipta Konten & Aturan Berkomentar

Semua lisensi hak cipta kepemilikan konten yang ada di website ini adalah milik Daily Blogger Pro. Dilarang keras menjiplak (Copy-Paste), Mencuri Konten, atau Diterbitkan Ulang di Website, blog, karya ilmiah (jurnal, skripsi, buku komersil). Aturan berkomentar mudah, cukup komentar sesuai topik artikel, semua komentar akan dimoderasi, komentar yang relevan & tidak SPAM akan diterbitkan.