4 Program Jaminan Dari BPJS Ketenagakerjaan Ini Cocok Buat Anak Muda Yang Ingin Mewujudkan Hidup Bahagia Di Hari Tua Sepertimu

4 Program Jaminan Dari BPJS Ketenagakerjaan Ini Cocok Buat Anak Muda Yang Ingin Mewujudkan Hidup Bahagia Di Hari Tua Sepertimu

Anak muda itu identik dengan sifat ambisiusnya dalam mengejar target yang ia tetapkan untuk dirinya sendiri, tujuannya cukup sederhana, mereka ingin memberikan usaha terbaiknya supaya target itu bisa mendekatkannya dengan impian yang selalu ia dambakan, impikan, dan ceritakan pada orang lain mengenai hidup berkualitas seperti apa yang ingin diraihmya.

Sebagaimana anak muda pada umumnya, mereka ingin mendapatkan kesempatan untuk tinggal lebih lama di dunia yang Tuhan ciptakan untuknya ini supaya ia bisa terus memberikan manfaat lebih banyak lagi untuk orang-orang terdekatnya seperti keluarga, sahabat, atau bahkan orang terkasih dalam hidupnya. 

Keinginan lainnya, ia ingin punya kesehatan yang prima supaya momen-momen penting dan menyenangkan dalam hidupnya tak terlewat begitu saja hanya karena ia jatuh sakit. Bila ia sehat, ia bisa terus bekerja, hasilnya bisa ia bagikan untuk adik-adiknya yang masih sekolah, membelikan makanan kesukaan ibunya, atau bahkan sekedar menghabiskan waktu berkualitas bersama teman-teman seperjuangannya.

Dan keinginan terakhirnya, ia ingin menjalani kehidupan yang bahagia. Ia ingin mendapatkan kebahagiaan yang berkelanjutan, baik itu bahagia di masa muda, bahagia saat membangun keluarganya kelak, atau bahkan bahagia di hari tua.

Selagi masih muda, ini saat yang tepat bagimu untuk segera bertindak dan merealisasikan semua keinginanmu itu. Pertanyaannya buat kamu yang masih muda, bagaimana caranya mewujudkan lifesytle atau gaya hidup yang membahagiakan, sehat, dan hidup layak dimana semua kebutuhan harianmu di masa tua terpenuhi dengan baik melalui tindakan nyata  yang bisa kamu upayakan saat ini?

Mungkin, mudah saja, kamu bisa menjawab pertanyaan itu dengan mengatakan kamu akan menyisihkan beberapa persen dari penghasilan bulananmu yang kelak bisa kamu gunakan untuk usia senja nanti.

Well, ide itu ada benarnya juga dan bisa kamu terapkan dalam hidupmu, kalau kamu tipe anak muda yang punya komitmen tinggi untuk menabung bertahun-tahun dan kosisten menjalaninya hingga usiamu kelak mencapai 56 tahun, saya ucapkan selamat, lanjutkan perjuanganmu dalam mewujudkan masa tua yang membahagiakan bersama orang-orang terdekatmu.

Jujur saja, anak muda tipe idealis seperti itu memang ada, namun tidak semua anak muda memiliki kualitas diri yang baik seperti itu, dalam artian, mereka bisa terus konsisten menabung hingga usia senja, biasanya, namanya juga anak muda, mereka pasti ingin membeli kebutuhan hariannya juga, tak apa memang kalau barang-barang yang dibeli itu masuk dalam list kebutuhannya, sayangnya anak muda cenderung mudah sekali menghabiskan uangnya untuk membeli barang-barang yang didorong keinginannya pribadi, padahal dia belum membutuhkannya. Misalnya, ia sudah memiliki smartphone canggih dengan prosesor dual-core, ram 1 GB, dan didukung kartu grafis yang mumpuni, namun begitu ada ponsel pintar keluaran terbaru, ia langsung membeli ponsel itu hanya karena ingin diterima oleh lingkungan pertemanannya kalau ia juga bisa sama-sama memiliki barang-barang berlabel brand terbaru bulan ini, kalau sudah seperti ini kejadiannya, masihkah ada harapan untuk anak-anak muda mewujudkan impian visionernya, yakni bahagia di hari tua?

Jawabannya, masih. Kamu masih memiliki harapan untuk bisa mewujudkan impianmu itu, well, faktanya tiap orang memiliki hak untuk membahagiakan dirinya, bukan? So, bagaimana caranya anak muda yang sedang membangun karirnya bisa berbahagia di hari tuanya kelak meski kini masih belum bisa konsisten menabung tiap bulan atau bahkan memiliki lifestyle yang boros karena terlalu sering membeli barang-barang kesukaan yang menarik hatinya? Simpel saja, kamu bisa mendaftarkan dirimu ke BPJS Ketenagakerjaan supaya kamu yang masih muda bisa menikmati gaji pertamamu dan bulan-bulan selanjutnya sekaligus menabung lewat program jaminan yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan, so kamu sudah tak harus pusing memikirkan masa tuamu, serahkan saja semuanya pada BPJS. :)


BPJS Ketenagakerjaan adalah badan publik yang ditugaskan negara untuk memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pekerja Indonesia. Itu berarti, anak muda yang baru memulai karirnya di dunia kerja, bisa merasa aman, terlindungi, dan nyaman dalam bekerja karena badan publik ini memastikan kamu mendapatkan jaminan perlindungan terbaik begitu kamu terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Pertanyaannya, siapa saja sih yang boleh mendaftarkan dirinya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan?


Pertama, pekerja formal, penjelasan mudahnya, kalau kamu bekerja dan mendapatkan upah atau penghasilan dari orang lain, itu berarti kamu termasuk kategori pekerja yang pertama. Pegawai perusahaan, buruh pabrik, dan pekerjaan lainnya yang mendapatkan upah dari orang lain.


Kalau kamu masuk kategori pekerja formal, kamu bisa mendaftarkan dirimu dengan cara mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi berkas-berkas perusahaan berupa fotocopy situ, siup, dan npwp perusahaan. Mudah, bukan?


Buat kamu anak muda yang bekerja di sektor formal, kamu bisa mengikuti keempat program jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan seperti jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun.


Pertanyaannya, kalau kamu bekerja di sektor formal, berapa persen penghasilan yang harus kamu bayar setiap bulannya?


Iuran pertama, jaminan kecelakaan kerja, enaknya bekerja di perusahaan atau instansi itu, ada sejumlah keringanan berupa bantuan dari perusahaan tempatmu bekerja termasuk membantu menanggung pegawainya dalam membayar iuran BPJS, setidaknya perusahaan akan menanggung 0,24%-1,74%, enak, bukan?


Iuran kedua, kamu hanya dikenakan 0,3% uang iuran dari upah dan ditanggung oleh perusahaan tempatmu bekerja.


Iuran ketiga, iuran hari tua memberlakukan bayaran sebesar 5,7% dari upah, 3,7% ditanggung perusahaan, dan 2% ditanggung oleh pekerja.


Iuran terakhir, iuran jaminan pensiun memberlakukan tarif iuran sebesar 3% dari upah, 2% ditanggung perusahaan, dan 1% ditanggung oleh pekerja.


Kedua, kalau kamu bekerja sebagai pekerja informal seperti dokter, pedagang, tukang ojek, atau nelayan, pekerja jenis ini tidak bekerja untuk orang lain sebagai pegawai melainkan bekerja dan mendapatkan penghasilan secara mandiri, itu berarti, kamu bisa juga bisa mendaftarkan dirimu menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.


Pendaftaran pekerja informal cukup mudah loh, kamu hanya tinggal mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan ktp saja, mudah bukan?


Buat kamu anak muda yang menjadi pekerja informal, kamu bisa mendaftarkan dirimu di 3 program BPJS Ketenagakerjaan seperti program jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan hari tua.


Pertanyaannya, kalau kamu bekerja di sektor informal, berapa persen penghasilan yang harus kamu bayar setiap bulannya?


Buat kamu anak muda yang bekerja sebagai pekerja informal, kamu hanya tinggal menyisihkan 1% dari penghasilanmu untuk iuran jaminan kecelakaan kerja, Rp.6800 untuk iuran jaminan kematian, dan 2% dari penghasilanmu untuk jaminan hari tua.


Kategori pekerjaan terakhir adalah pekerja jasa konstruksi, kalau kamu anak muda yang masuk dalam kategori pekerja yang ke-3, maka kamu juga berhak dan bisa mendaftarkan dirimu sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.


Pekerja yang masuk kategori pekerja jasa konstruksi bisa mendaftarkan dirinya dengan mudah, yakni penanggung jawab proyek bisa mengisi formulir pendaftaran proyek dengan melampirkan spk proyek.


Kalau kamu anak muda yang bekerja di jasa konstruksi, kamu bisa mengikuti program jaminan kecelakaan dan jaminan kematian. Sedangkan untuk iurannya disesuaikan dengan nilai proyek yang sedang kamu kerjakan.


Pekerja formal, informal, dan jasa konstruksi bisa mendaftarkan dirinya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui kantor cabang utama, kantor cabang perintis, SPO atau PPOB, dan bisa juga melalui website BPJS Ketenagakerjaan. Begitu kamu mendaftarkan dirimu menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, kamu pastinya ingin tahu dong apa saja isi dari tiap programnya secara detail, so program apa saja sih yang badan publik ini tawarkan pada anak-anak muda keren yang bakalan bergabung menjadi salah satu peserta layanan mereka?


BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat program unggulan yang bisa memastikan kehidupanmu berjalan dengan baik, programnya meliputi jaminan kecelakaan kerja, meninggal dunia, hari tua, dan pensiun. Apa sih keunggulan yang dimiliki dari tiap-tiap program BPJS Ketenagakerjaan? Yuk disimak penjelasannya lewat uraian selanjutnya. :)

 
Pertama, ada program jaminan kecelakaan kerja, melalui program ini, kamu akan diberikan perlindungan dari resiko kecelakaan kerja meliputi perjalanan dari rumah menuju tempat kerja, maupun sebaliknya.


Well, jika kamu terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, itu berarti keselamatanmu dari rumah menuju tempat kerja terjamin, selain kamu merasa aman bekerja, orang-orang terdekatmu seperti keluarga, rekan kerja, sahabat, pasanganmu atau bahkan calon pasanganmu di masa depan nanti tak perlu begitu teramat mengkhawatirkanmu, karena mereka tahu keselamatanmu sudah terjamin oleh program BPJS Ketenagakerjaan. :)


Manfaat lainnya dari program pertama ini adalah kamu juga akan mendapatkan pelayanan pengobatan sesuai kebutuhan medis tanpa batasan biaya dan biaya transportasi dari lokasi kecelakaan menuju rumah sakit ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.


Manfaat ketiga dari program janiman kecelakaan kerja yang bisa kamu dapatkan diantaranya adalah santunan sementara tidak mampu bekerja, santunan cacat, dan santunan meninggal dunia dengan santunan 48 bulan dengan gaji terlapor. Semua orang tentu saja ingin pulang ke rumah dengan selamat, namun, tak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi selama perjalanan dari tempat kerja menuju rumah kesayanganmu, bukan? Oleh karena itu, BPJS Ketenagakerjaan mengantisipasinya melalui program jaminan kecelakaan kerjanya sehingga kamu mendapatkan manfaat lebih ini bila kamu terdaftar menjadi bagian dari peserta BPJS.

 
Kabar baiknya juga, bila suatu hari nanti kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak pertamamu, kamu akan mendapatkan beasiswa sebesar 12 juta untuk 1 anak. Menarik, bukan? Semua kemudahan dan manfaat ini bisa kamu dapatkan hanya dengan cara mendaftarkan dirimu ke BPJS Ketenagakerjaan. :)


Manfaat terakhir yang BPJS Ketenagakerjaan berikan padamu adalah program tambahan bernama return to work, penjelasan mudahnya, kalau sewaktu-waktu kamu mengalami masalah kesehatan karena kecelakaan kerja, kamu akan diberikan pendampingan psikologis dan keterampilan sehingga kamu siap bekerja dengan performa terbaikmu seperti sedia kala.


Klaim kecelakaan kerja di tempat kerja bisa kamu ajukan ke kantor cabang BPJS terdekat dengan melengkapi berkas berupa formulir kasus laporan kecelakaan tahap 1 (Formulir 3 KK1), fotokopi kartu BPJS Ketenagakerjaan, fotokopi ktp / passport peserta, daftar hadir, kronologis kejadian, surat lembur / surat tugas, buku rekening tabungan. Untuk kasus kecelakaan kerja lainnya, kamu bisa menghubungi kantor cabang terdekat.


Jaminan kematian adalah program jaminan perlindungan kematian bukan karena kecelakaan kerja. Kalau kamu terdaftar dalam program jaminan ini, itu berarti kamu akan mendapatkan santunan kematian dan santunan berkala selama 24 bulan yang bisa meringankan beban keluargamu kelak.


Manfaat lainnya adalah kamu akan mendapatkan biaya pemakaman secara gratis yang ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan melalui program jaminan kematian yang kamu daftarkan diawal pendaftaran.


Manfaat lainnya dari program jaminan kematian adalah beasiswa untuk 1 anak dengan manfaat masimal sebesar 36 juta rupiah.


Kamu bisa melakukan klaim program jaminan kematian  melalui kantor cabang BPJS terdekat dengan melengkapi berkas berikut: formulir pengajuan pembayaran jaminan kematian (formulir 4), kartu BPJS Ketenagakerjaan, fotokopi ktp peserta, fotokopi ktp ahli waris, fotokopi buku nikah atau surat keterangan belum nikah dari pejabat berwenang, fotokopi rekening tabungan, fotokopi surat keterangan meninggal dari pejabat berwenang, surat keterangan ahli waris dari pejabat berwenang, dan surat keterangan dari perusahaan.


Program ketiga, yakni Jaminan Hari Tua, penjelasan mudahnya, kalau kamu terdaftar dalam program ini, iuran penghasilan bulananmu akan diakumulasikan ditambah hasil pengembangan dalam bentuk tabungan yang bisa kamu ambil sekaligus. Itu berarti, program ini sama saja dengan menabung, hanya saja, kamu baru bisa mengambil uangnya dengan klaim pada BPJS Ketenagakerjaan saat usiamu menjelang 56 tahun. Buat anak muda yang boros atau kesulitan menyisihkan beberapa persen penghasilannya tentu ini merupakan kabar baik untuk mereka karena uang iuran pada program ini tidak bisa mereka ambil begitu saja, jadi program ini meminimalisir pengeluaran di usia muda dan bisa digunakan untuk hari-hari membahagiakan di usia tua sehingga kamu tidak akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhanmu tanpa harus bekerja keras seperti masa muda dulu.


Ada dua cara melakukan klaim program jaminan hari tua. Pertama, kamu bisa melakukan E-claim melalui website resmi BPJS di alamat: www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Kedua, kamu juga bisa mengajukan klaim ke kantor cabang terdekat dengan melengkapi berkas-berkas berikut: formulir pengajuan jaminan hari tua (formulir 5), kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan, fotokopi ktp atau passport peserta, fotokopi kartu keluarga, surat pengalaman kerja dari perusahaan, surat keterangan berhenti bekerja dari perusahaan kepada dinas tenaga kerja setempat.


Program keempat, program pensiun, penjelasan mudahnya, program ini memberikan jaminan atas hlangnya penghasilan di masa tua berupa manfaat uang pensiun setiap bulannya. Itu berarti, meskipun kamu sudah berhenti bekerja, kamu akan tetap mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan bulananmu di usia senja.


Kamu bisa melakukan klaim program jaminan pensiun dengan cara melengkapi berkas-berkas berikut: formulir pengajuan jaminan pensiun (formulir 7),  kartu peserta pensiun BPJS, fotokopi ktp / passport peserta, fotokopi kartu keluarga, fotokopi rekening tabungan, dan SK pensiun.



4 Manfaat Program BPJS Untuk Anak Muda Yang Ingin Mewujudkan Hidup Bahagia Di Hari Tua

Pertama, melalui program jaminan kecelakaan kerja, keselamatanmu bisa terjamin dengan baik. Kamu tidak akan tahu apakah esok hari akan ada kecelakaan yang menimpamu atau tidak, oleh karena itu, mencegah lebih baik daripada menyesal dikemudian hari, setidaknya selagi masih muda, kamu peduli dengan keselamatanmu, dan bila kamu bisa terhindar dari kecelakaan yang tidak perlu, itu berarti kamu bisa mendapatkan kesempatan menikmati usia senja yang membahagiakan, semua manfaat ini ada karena kamu mendaftarkan dirimu di program BPJS Ketenagakerjaan semenjak masih muda.

Kedua, melalui program jaminan kematian, kamu tak usah merasa risau dengan orang-orang tedekatmu yang kamu tinggalkan, karena ada santunan kematian, santunan berkala selama 24 bulan atau 2 tahun penuh, dan biaya pemakaman.

Ketiga, kalau kamu mendaftar di program jaminan hari tua, kamu bisa tenang dan merasa aman di hari tuamu, kenapa? Karena semua orang tahu jikalau usia tua tidak akan se-produktif usia muda dahulu, beruntung bagi orang-orang yang masih bisa mendapatkan penghasilan melalui usaha passive income, mereka bisa membeli ini dan itu di usia tua mereka, jalan-jalan dengan keluarga besar beserta cucu mereka. Sedangkan, bagaimana orang-orang yang tak bernasib baik seperti tipe sebelumnya, untungnya BPJS mengerti dengan kebutuhan masyarakat di hari tua, oleh karena itu, hadirlah program jaminan hari tua dimana kamu bisa mengambil semua uang tabungan yang sering kamu bayarkan tiap bulannya, setidaknya kamu jadi merasa nyaman menjalani hidupmu di usia lanjut, semua manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan mendaftarkan dirimu ke BPJS Ketenagakerjaan sesegera mungkin selagi masih muda.

Keempat, melalui program pensiun, kamu bisa mendapatkan penghasilan bulanan, tentu hal ini sangat menyenangkan, kamu tidak harus bekerja lagi tapi kamu tetap mendapatkan penghasilan tiap bulannya melalui program jaminan pensiun.

Keempat program ini bisa saling berkolaborasi untuk mengantarmu yang masih muda menyiapkan masa tua yang membahagiakan semenjak masih muda, karena hari tua yang bahagia itu perlu direncanakan, oleh karena itu, BPJS Ketenagakerjaan bisa jadi salah satu pilihan tepatmu untuk mewujudkannya.

Photo Credit: BPJS Ketenagakerjaan, Freepik 1, Freepik 2.

10 komentar

avatar

Aku ikut nih. udah pengaduan 2 kali. Karena aku pernah bayar buat 4 orang, eh masuknya atas namaku aja selama 3 bulan. Alhasil nama yg lain hangus. Nyeseg banget. kmr mo bayar juga nomor malah nggak terdeteksi atau salah. Kutelpon kantornya malah udah kebayar dan ada sisa dana. Aku bingung..

avatar

Itu bayar 4 orang buat siapa aja mbak wahyu?

Mungkin kalau nomornya enggak terdeteksi sedang ada kesalahan jaringan.

Oh iya, mbak wahyu ikut program apa aja di BPJS?

avatar
This comment has been removed by the author.
avatar

aku punya bpjs ketenagakerjaan waktu kerja di pt, tiap gajiannya kan di potong, terus gimana tuh ka? uang yang ada di bpjs itu bisa aku ambil gak? toh uang2 aku sendiri. sekarang aku udah gak kerja di pt itu lagi

avatar

Bpjs ketenagakerjaan repot yaaa urusan administrasinya

avatar

Kalau mau melakukan pencairan, coba deh ami hubungin customer servicenya.

avatar

Well, kalau menurut saya, manfaat program bpjs lebih besar dibanding ribet ngurus administrasinya ka. Hehe :D

avatar

program bpjs ketenagakerjaan ada 4 program. klo mau ikut 2 program langsung bisa gak?? klo bisa gmn caranya??

avatar

Kalau untuk pekerja yang berpenghasilan rendah itu bisa atau tidak ka ikut bpjs ketenagakerjaan? Itu sistem potongan gaji nya bgmn jg?

avatar

eh iya ya, gak kepikiran hehe
oke deh, thankyu ka ^^

Click to comment