4 Kalimat Bahasa Inggris Ini Bisa Membuat Diskusimu Kondusif Dan Berjalan Dengan Baik - English Club Ulul al-Bab Institute #4

4 Kalimat Bahasa Inggris Ini Bisa Kamu Gunakan Untuk Membuat Diskusimu Kondusif Dan Berjalan Dengan Baik - English Club Ulul al-Bab Institute #4

Masih di pertemuan yang sama, selain mengajarkan cara membuka dan menyampaikan topik diskusi dalam bahasa Inggris, saya juga mengenalkan kalimat yang bisa digunakan oleh teman-teman komunitas diskusi Ulul al-Bab untuk membuat diskusi mereka menjadi kondusif dan berjalan dengan baik. Apa saja kalimatnya? Let's check this out:


Membuat Diskusimu Kondusif Dan Berjalan Dengan Baik - Keeping the discussion moving
1. Next, let’s talk about . . .
2. Let’s go on another topic discussion.
3. Where were we?
4. Okay everyone, let’s get back to our main topic discussion.


Penjelasan mudahnya, kalimat pertama dan kedua bisa kamu gunakan kalau kamu dan temanmu sudah selesai membahas satu topik dan kalian ingin membahas topik lainnya supaya diskusinya bisa terus berlanjut. Berikut contohnya:

We have discussed organization on campus. Next, let’s talk about how our vice rector facilitates their college students who want to get achievement through participating on competition.

Kita telah membahas organisasi di kampus. Selanjutnya, mari kita bicara tentang bagaimana cara wakil rektor kita memfasilitasi mahasiswanya yang ingin mendapatkan prestasi melalui berpartisipasi di kompetisi.  

We have discussed organization on campus. Let’s go on another topic discussion such as, how our vice rector facilitates their college students who want to get achievement through participating on competition.

  
Kita telah membahas organisasi di kampus. Mari kita pergi diskusi topik yang lain seperti, bagaimana wakil rektor kita memfasilitasi mahasiswanya yang ingin mendapatkan prestasi melalui berpartisipasi di kompetisi.


Kalimat ketiga dan keempat bisa kamu gunakan untuk mengajak teman-temanmu supaya fokus kembali ke topik diskusi, well, pada prakteknya, terkadang ada saja orang-orang yang kurang fokus ketika sedang diskusi, oleh karenanya kamu harus mengingatkannya kembali untuk fokus kembali pada materi diskusi yang sedang dibahas bersama sehingga ia bisa mendapatkan manfaat dari diskusi tersebut.


Where were we? - Kita sudah bahas sampai mana ya?

Okay everyone, let’s get back to our main topic discussion. - Baiklah semuanya, ayo fokus kembali pada materi diskusinya.


Mudah, bukan? Saya ucapkan selamat padamu. Kini, kamu sudah mengenal dan mengetahui kosakata yang digunakan untuk membuat diskusimu berjalan dengan kondusif dalam bahasa Inggris.

Terimakasih juga kepada teman-teman komuntias diskusi Ulul al-Bab Institute yang telah memberikan kesempatan pada saya untuk berbagi ilmu bahasa Inggris saya dengan teman-teman, saya harap ilmu yang saya bagikan bisa bermanfaat ya untuk teman-teman komunitas diskusi.

Bagaimana artikel cara membuat diskusi menjadi kondusif dan berjalan dengan baik dalam bahasa Inggris ini menurutmu?

Click to comment