Kuliner Sunda: Makan-Makan Sate Kambing Dan Nasi Goreng Kampung Khas Bumi Aki Bareng Temen Di Restoran Sunda Bumi Aki Bogor

Kuliner Sunda: Makan-Makan Sate Kambing Dan Nasi Goreng Kampung Khas Bumi Aki Bareng Temen Di Restoran Sunda Bumi Aki Bogor

Setahun sekali, saya dan teman-teman lain seringkali menyempatkan diri untuk main ke puncak, selain tujuan jalan-jalan, ada tujuan lain yang sering kami lakukan, yaitu menghadiri undangan acara pengkaderan dari adik kelas kami yang menjadi pengurus di himpunan mahasiswa bahasa Inggris. Entah, rasanya kangen aja sama suasana puncak beserta kulinernya, biasanya kalau di puncak gitu, kita-kita itu paling suka banget jajan ini dan itu. Tapi kan enggak mungkin keinginan main ke puncak itu harus ditunda dan nunggu lama sampai dapat undangan pengkaderan dari adik kelas di november atau akhir tahun 2017, terlalu lama nunggunya, kangennya kan sekarang. Hehe :)

Di awal bulan maret ini, saya googling tempat makan yang enggak hanya punya menu makanan enak tapi juga menyajikan suasana puncak gitu. Setelah browsing di beberapa web review kuliner, saya mendapatkan satu nama; Bumi Aki.  Bumi Aki menyajikan menu-menu makanan khas sunda dan bernuansa puncak. Oh well, akhrinya rasa kangen kulineran di puncak bisa terwujud.

Wait, where is Bumi Aki?

Oh well, sayangnya tempatnya itu bener-bener agak jauh dari Jakarta; di Cisarua dan Cianjur. Pengen kesana tapi kalau lagi masa-masa kuliah gini mana bisa, ditambah lagi banyak agenda di komunitas debat bahasa Inggris dan ngisi materi English Club di himpunan. Saya berasumsi kalau tempat makan yang besar seperti Bumi Aki ini seharusnya punya beberapa cabang, saya harap ada cabang yang dekat dengan Jakarta. Keinginan ini pun membuat saya mencari informasi terkait hal itu, saya mencarinya di instagram official bumi aki, dan benar saja, saya mendapati informasi yang saya cari dan butuhkan melalui akun itu;

Bumi Aki Official Instagram
Lucky! Beruntungnya, ada cabang yang lokasinya di bogor, jaraknya dekat dengan tempat tinggal saya, itu berarti saya bisa makan ke Bumi Aki sesegera mungkin, yeay, selain menyajikan menu makanan khas sunda dengan suasana ala puncak, harga makanannya terjangkau, dan bagian menariknya itu jaraknya juga dekat. Buat teman-teman pembaca blog ini yang domisilinya di Jakarta, kamu juga bisa loh ikutan makan-makan di Bumi Aki cabang bogor, ini lokasinya; Jl. Raya Pajajaran Bogor No 51, Bogor, Jawa Barat, Indonesia.
Benar saja, saya hanya membutuhkan waktu 1 jam 30 menit untuk sampai di restoran Bumi Aki, perjalanannya pun lancar dan tidak macet sama sekali. Begitu sampai di lokasi, kami diberi dua pilihan tempat, pertama; tempat makan lesehan. Kedua; tempat makan yang dilengkapi meja dan kursi selayaknya setting tempat pada umumnya.

Tempat Duduk Lesehan Bumi Aki Bogor
Tempat Duduk Lesehan Bumi Aki Bogor
Dokumentasi Pribadi

Saya dan alvin pun memilih tempat yang kedua, kami lebih suka setting tempat yang ada meja dan kursinya, ditambah ada bantal empuk yang bisa dijadikan sandaran untuk melepas lelah selama di perjalanan. Setelah duduk santai barang sebentar, pelayan restoran Bumi Aki pun menghampiri kami, selain memberikan menu makanan seperti pada umumnya restoran lain, uniknya, pengunjung diberikan teh hangat gratis, ya, lumayan, bisa milih menu makanan yang disuka sambil minum teh hangat, cuaca di bogor pun cukup dingin, teh hangat sangat cocok dijadikan menu pembuka. Sekarang, saatnya untuk memilih makakan yang disuka, kira-kira ada menu makanan khas sunda apa ya di restoran Bumi Aki? Yuk, kita lihat menunya satu persatu. :)

Menu makanan khas sunda dan minuman Bumi Aki Bogor
Dokumentasi Pribadi

So, setelah kamu membalik halaman pertama di buku menu restoran Bumi Aki, kamu akan diberikan banyak sekali menu pilihan makanan khas sunda. Ada apa saja? Ada menu Sop Bumi Aki Pilihan, Aneka Nasi Goreng, Aneka Nasi, Aneka Masakan Sayuran, Menu Ikan Pilihan, Sate Khas Bumi Aki, Menu-menu Pilihan Bumi Aki, Snack Bumi Aki, Minuman, dan Jus Buah-buahan Segar. Semua makanan dan minuman khas sunda ini bisa kamu cicipi kelezatannya hanya dengan datang dan makan di restoran Bumi Aki. :)


Aneka Sop Bumi Aki
Bumi Aki, Freepik, & Devian Art
Menu pertama, aneka sup khas Bumi Aki. Di menu pertama ini, kamu diajak untuk kenalan sekaligus memilih menu-menu aneka sup, buat kamu yang suka banget sup hangat, Bumi Aki siap memberikan menu terbaiknya supaya bisa memenuhi pilihan makanan favoritmu, di menu pertama ini, ada sop kambing, gulai kambing, Tongseng Ayam, Tongseng Kambing, Sop Buntut Spesial, Sop Buntut Goreng dan Bakar, Sop Ayam Kampung Telur Puyuh, Soto Bandung, Sayur Asem, Sop Ikan Nila, Dan Sop Ikan Gurame. Oh well, banyak banget pilihan menu sopnya, enak-enak lagi, begitu kamu selesai membaca menu pilihan menu pertama ini, kamu bisa memesan satu atau dua diantara menu sop yang sudah saya sebutkan barusan. Well, tak ada hal yang lebih menyenangkan selain makan makanan favorit kita, termasuk menu pilihan sop ala Bumi Aki.

Aneka Nasi Goreng Bumi Aki
Bumi Aki, Dokumentasi Pribadi, & Devian Art

Menu Kedua; Aneka Nasi Goreng Khas Bumi Aki. Hayo, siapa diantara kamu yang masuk katergori penggila menu nasi goreng? Hehe :)

Melalui menu aneka nasi goreng ini, Bumi Aki ingin memberikan pilihan terbaiknya buat kamu yang suka banget sama nasi goreng, pilihan menunya banyak loh, mulai dari nasi goreng kambing, nasi goreng spesial, nasi goreng pete, nasi goreng biasa, selain menu yang sudah saya sebutkan, ada dua menu nasi goreng lagi loh yang mungkin saja jarang kamu temui di tempat nasi goreng langgananmu. Iya, di Bumi Aki, kamu akan menemukan menu nasi goreng ikan asin dan nasi goreng kampung khas Bumi Aki, dijamin, rasanya enak banget loh. 

Ditambah lagi, kalau makan nasi goreng di bogor dengan suasana dingin ala puncak itu enak banget loh. So, tunggu apalagi, segera pesan nasi gorengnya dengan cara datang ke restoran Bumi Aki Bogor.

Aneka Nasi Bumi Aki
Bumi Aki, Freepik, & Devian Art

Menu ketiga; Aneka Nasi Khasi Bumi Aki. Orang Indonesia belum lengkap makannya kalau belum ditemani nasi. Di Bumi Aki, kamu akan mendapatkan banyak pilihan menu nasi yang bisa menemani makanmu, disini, kamu bisa memesan beragam nasi, seperti nasi putih, nasi beras merah, nasi gurih, nasi liwet, nasi liwet komplit 1, nasi liwet komplit 2, nasi liwet komplit 3, nasi timbel, nasi timbel komplit, dan nasi tutug oncom. Yummy, selain menjadi menu wajib yang enak, kamu juga bisa kenyang begitu selesai makan.

Penasaran dengan harga ketiga menu yang saya jelaskan sebelumnya? Pastinya dong, well, kamu bisa mengetahui harga pasti per-menu makanannya dengan melihat gambar daftar harga makanan Bumi Aki berikut ini;

Menu makanan Aneka Nasi, Sip, dan Nasi Goreng Bumi Aki
Dokumentasi Pribadi

Selain menu-menu aneka nasi goreng, sop, dan nasi khas Bumi Aki. Masih ada menu lainnya lagi loh, ada aneka masakan sayuran, menu ikan pilihan dan juga buat kamu yang suka sekali makan daging, kamu bisa memesan menu sate khas Bumi Aki. Penasaran ada makanan apa saja di tiap menu andalan Bumi Aki? Yuk dilanjut bacanya.

Menu makanan Aneka sate dan ikan  Bumi Aki
Instagram Bumi Aki
Menu keempat, sate khas Bumi Aki. Menu ini jadi salah satu menu andalan dari restoran sunda yang diminati banyak pengunjungnya, termasuk saya sendiri. :)

Menu makanan Aneka sate Bumi Aki
Bumi Aki & Devian Art

Buat kamu yang hobi banget makan sate, saya saranin deh buat nyobain sensasi makan sate kambing khas Bumi Aki, rasanya enak banget loh. Bedanya sate kambing di Bumi Aki dengan tempat lain yang sudah pernah saya coba adalah tekstur daging kambingnya yang empuk, dagingnya juga masih fresh, dan ditambah sambal kacang kecap manisnya itu loh yang nambah cita rasanya jadi bikin nagih pengen nambah. : )

Varian menu sate lainnya yang bisa kamu pesan itu ada sate jeroan kambing, sate ayam, dan sate daging kambing. Well, if you like sate, whether it is chicken or goat satai, you should choose, buy, and try to eat the sate menu once in Bumi Aki to get the best yummy delicious taste ever.   : D

Menu makanan Aneka ikan Bumi Aki
Bumi Aki (web), Instagram Bumi Aki & Devian Art
Menu kelima. menu ikan pilihan khas Bumi Aki. Salah satu menu andalan ikan yang sering dipesan oleh pelanggan di restoran sunda Bumi Aki itu ikan gurame. Kamu bisa memesan ikan gurame dengan ukuran kecil, sedang, dan besar serta kamu bisa memilih mau dimasak dengan cara dibakar atau digoreng, silahkan pilih sesuai selera. Kalau kamu ingin mencoba gurame dengan variasi rasa selain goreng dan bakar, kamu bisa memesan gurame asam manis dan gurame cobek.

Menu ikan pilihan lainnya yang tak kalah enaknya dengan ikan gurame yang sering dipesan oleh banyak pengunjung restoran sunda Bumi Aki itu ikan mas. Ada dua menu yang bisa kamu pesan untuk ikan mas. Pertama, ikan mas bakar / goreng. Kedua, ikan mas balita goreng.

Masih ada satu menu ikan pilihan lagi loh yang Bumi Aki siapkan untuk kamu, apa itu? Yup, ikan nila goreng / bakar, menu ini bisa menemanimu momen makanmu kalau memang ingin mencoba alternatif pilihan lain selain ikan gurame dan ikan mas.

Menu makanan Aneka Sayur Bumi Aki
Bumi Aki & Devian Art

Menu keenam, menu pilihan sayuran khas Bumi Aki. Makan daging sate dan ikan gurame memang enak, nah, biar kamu nambah sehat lagi, tak ada salahnya memesan menu pilihan sayuran sebagai menu pelengkap, selain sayurannya fresh, sayuran juga bermanfaat banget loh buat kesehatanmu. :)

Kira-kira ada menu sayuran apa aja sih yang bisa kamu nikmati di restoran sunda Bumi Aki? Jawabannya, banyak. Kamu bisa memilih tumis tauge tahu, tumis tauge ikan asin, tumis kangkung, tumis genjer, capcay goreng, karedok, karedok lauenca, gado-gado, oncom launca, peuncak kacang, lalap sambel, dan mixed salad. Mau makan enak dan sehat? Pesen aja menu pilihan sayuran di restoran sunda Bumi Aki. :)

Melalui gambar dibawah ini, kamu bisa tahu harga pastinya dari tiap menu yang nantinya akan kamu pesan dan makan bersama orang-orang terdekatmu, silahkan dilihat dulu, siapa tahu tertarik ingin membeli, kalau tertarik, kunjungi saja restorannya langsung, dimana lagi kalau bukan di restoran sunda Bumi Aki.

Menu makanan Aneka Sayur, Ikan, dan Sate Bumi Aki

Selain enam menu yang telah saya kenalkan padamu, masih ada beberapa menu lainnya loh yang sayang buat kamu lewatkan, siapa tahu kamu ketagihan sama rasanya dan berkeinginan menjadikan restoran sunda Bumi Aki sebagai tempat makan favoritmu bersama orang-orang terdekatmu, siapa tahu kamu ingin mengadakan event gathering bersama keluarga besarmu, so, kamu bisa menjadikan Bumi Aki sebagai nominasi restoran keluarga yang cocok buat momen kumpul bersama yang tak terlupakan.

Menu makanan Aneka Lainnya Bumi Aki
Bumi Aki & Devian Art

Menu ketujuh, aneka menu lezat pilihan lainnya di Bumi Aki. Masih ada 27 aneka menu lezat pilihan yang sudah Bumi Aki siapkan untukmu, Bumi Aki ingin memeberikan keleluasaan pada pelanggan dalam memilih menu makanan kesukaan yang ingin disantap di restorannya, menarik, bukan?

27 pilihan makanan itu banyak banget loh, ada apa aja sih? Ada ayam goreng mentega, ayam goreng / bakar kampung, ayam penyet, ati ampela goreng, empal gepuk, telor dadar, telor dadar pete, fu yung hai, ikan asin gabus, ikan peda goreng, udang goreng tepung, cumi goreng tepung, tahu / tempe, tempe penyet, tempe / tahu mendoan, sambel cobek, sambel beledag, sambel kencur, pete goreng / bakar, mie goreng spesial, indomie rebus, indomie rebus telor, emping, dan kerupuk kampung. Wah, makanannya enak-enak ya, jadi pengen balik lagi dan nyobain menu lainnya yang belum pernah dicoba. Hehe :)

Menu makanan Aneka Snack Enak Bumi Aki
Bumi Aki & Devian Art

Menu selanjutnya ini cocok banget buat kamu yang hobi ngemil cemilan ini itu, ya, faktanya, orang-orang tidak hanya butuh makanan wajib harian sehari tiga kali, mereka juga butuh makan cemilan enak yang bisa menemani aktifitas harian seperti membaca buku, menulis artikel di blog, ngobrol bareng temen, atau bahkan bersantai di pagi hari ditemani kopi hangat dan cemilan.

Bumi Aki tahu persis kebutuhanmu akan cemilan, oleh karena itu, restoran ini menyajikan beragam menu cemilan enak yang bisa menjadi makanan penutup setelah puas menyantap menu-menu makan khas sunda yang mengenyangkan perut. :)

Menunya beragam, mulai dari ice cream by scoup, waffle, waffle special, kue cubit green tea, buah potong, bandros, pisang goreng, pisang goreng keju, pisang goreng cokelat, pisang bakar keju, pisang bakar cokelat, pisang goreng pasir, roti bakar keju, roti bakar cokelat, kentang goreng, pancake special, popertjes, singkong goreng, tape goreng, dan banana split. Tertarik untuk membeli cemilan enak di Bumi Aki? Berikut daftar harganya:

Menu makanan Aneka Snack Enak Bumi Aki dan Lainnya
Menu makanan Aneka Snack Enak Bumi Aki dan Lainnya
Dokumentasi Pribadi

Tak lengkap rasanya kalau sudah makan enak dengan menu khas sunda di bumi aki kalau enggak ngerasain aneka minuman yang menyegarkan, benar, bukan? Kira-kira ada minuman apa aja sih di Bumi Aki?

Menu makanan Aneka Minuman Bumi Aki
Bumi Aki & Devian Art

Menu terakhir di Bumi Aki, aneka menu minuman dan jus buah-buahan. Selain memesan makanan kesukaanmu, jangan lupa pesan juga minuman segar yang bisa memenuhi dahaga hausmu, makan sudah, minum sudah, lengkap deh. Tenang saja, Bumi Aki sudah menyediakan banyak menu minuman, jadi kamu tinggal pilih saja satu menu minuman yang paling kamu sukai, minumannya ada es teh manis, es teh tawar, es lemon tea, es jeruk, es kopi, cappucino ice / hot, coffee latte ice / hot, kelapa muda, es kelapa jeruk, avocado mocca float, es ovaltine, teh susu, kopi susu, kopi tubruk, kopi jahe, hot lemon tea, jeruk panas, wedang jahe, bandrek, bandrek susu, teh manis, teh manis jahe, teh poci, hot chocolate, cappucino, Bumi Aki's Healthy Juice, fresh orange juice, jus jeruk, jus jambu, jus strawberry, jus melon, jus tomat, jus sirsak, jus belimbing, jus wortel, jus alpukat, jus timun, jus mangga, jus nanas, mix juice, soda susu / fanta susu, soda marquisa, orange lemon squash, fruit punch, coke, fanta, sprite, teh botol, aqua, milk shake vanilla, milk shake strawberry, dan milk shake coklat.

Semua kesenangan kuliner khas sunda ini bisa kamu dapatkan hanya dengan mengunjungi satu restoran saja, dimana lagi kalau bukan di restoran sunda Bumi Aki Bogor.

Menu makanan Aneka Minuman Bumi Aki
Dokumentasi Pribadi

Selanjutnya, saya akan memberikan ulasan mengenai fasilitas apa saja sih yang di tawarkan oleh restoran sunda ini untuk kamu, iya kamu, the next customer of Bumi Aki. :)

Fasilitas Keren Bumi Aki
Freepik & Devian Art

Melalui ulasan ini, saya harap kamu jadi bisa mengenal restoran sunda Bumi Aki lebih dekat lagi, dengan begitu, kamu sudah punya rencana bagus seperti ingin menghabiskan hari sambil ditemani makanan, minuman, dan aktifitas menyenangkan bersama orang-orang terdekatmu. :)

Fasilitas Keren Bumi Aki - Parkir Luas
Bumi Aki
Tempat parkir, seperti restoran pada umumnya, Bumi Aki juga menyediakan halaman parkir yang luas untuk pengunjung yang mengendarai kendaraan pribadi baik itu mobil dan motor, so, buat kamu yang ingin berkunjung untuk makan siang bersama rekan kerja, teman kuliah, atau bersama keluarga, kamu tak usah risau mengenai apakah ada tempat parkir untuk kendaraanmu nanti karena Bumi Aki tahu jikalau fasilitas parkir wajib ada, maka dari itu restoran ini pun menyiapkannya dengan baik demi kenyamanan pelanggannya.

Fasilitas Keren Bumi Aki - Wahana Bermain Anak
Credit to: Evrinasp
Tempat bermain anak, karena restoran sunda Bumi Aki ini mengusung tema yang ramah keluarga, maka dari itu, buat kamu yang sudah berkeluarga dan mengajak si kecil, kamu bisa mengajaknya bermain di fasilitas bermain yang sudah Bumi Aki siapkan untuk buah hatimu.

Fasilitas Keren Bumi Aki - Wi-fi Gratis Berkecepatan Tinggi
Dokumentasi Pribadi
Wi-fi gratis dan cepat, oh well, semua orang baik remaja, anak muda, orang dewasa pasti akan setuju kalau fasilitas ini benar-benar sangat wajib harus ada di restoran yang mereka datangi, enaknya makan-makan di Bumi Aki itu ada fasilitas wi-fi gratis untuk pelanggan yang menghabiskan waktu makannya di restoran ini. So, sambil nunggu pesanannya datang, kamu bisa membaca artikel di blog, membaca berita di website, atau untuk sekedar main game online yang lagi hits pun bisa. Mau makan enak sambil internetan gratis? Datang saja ke restoran sunda Bumi Aki. :)

Fasilitas Keren Bumi Aki - Live Music
Bumi Aki

Live Music, siapa diantara kamu yang enggak bisa lepas dari kehadiran musik? Mendengar alunan musik yang indah kala menyantap makanan khas sunda yang enak bisa membuatmu lebih rileks dan nyaman. Setiap akhir pekan, mulai hari jumat hingga minggu, kamu akan mendapati live musik keren yang bisa menemani waktu makanmu, menarik, bukan?

Fasilitas Keren Bumi Aki - Tempat Duduk Lesehan
Bumi Aki
Fasilitas Keren Bumi Aki - Tempat Duduk Kursi
Bumi Aki
Tempat duduk lesehan dan tempat duduk kursi, begitu kamu datang di restoran sunda ini, kamu akan disambut oleh para staf Bumi Aki, mereka akan menawarkanmu dua pilihan tempat, pertama, tempat duduk lesehan, sebagaimana restoran khas sunda, kamu akan menemui fasilitas jenis tempat duduk seperti lesehan karena fasilitas inilah yang membuatnya unik. Pilihan kedua, kamu bisa memilih tempat duduk kursi yang dilengkapi dengan bantal empuk yang bisa kamu gunakan untuk menyandarkan badanmu, lumayanlah untuk menghilangkan penat dan lelah selama bekerja seharian. Yang manapun pilihanmu, kedua fasilitas ini bisa membuatmu nyaman saat menyantap hidangan favoritmu.

Fasilitas Keren Bumi Aki - Miniatur Taman Khas Bumi Aki
Bumi Aki
Miniatur taman khas Bumi Aki, fasilitas ini dibuat untuk memberikan panorama penyejuk mata sekaligus menjadi ikon khusus restoran sunda Bumi Aki, jadi, kamu bisa  makan sambil memandangi taman kecil nan indah.

Fasilitas Keren Bumi Aki - Tempat Ibadah
Dokumentasi Pribadi
Fasilitas Keren Bumi Aki - Tempat Ibadah
Dokumentasi Pribadi
Tempat beribadah sholat, buat kamu muslim traveler, kamu enggak usah repot-repot mencari-cari tempat beribadah di luar restoran yang mengharuskanmu berjalan cukup jauh karena Bumi Aki sudah menyediakan fasilitas ini demi kenyamanan beribadah pengunjungnya, selain makan kenyang, kamu pun bisa beribadah dengan nyaman. Well, semua fasilitas ini bisa kamu nikmati hanya dengan datang dan makan di restoran sunda Bumi Aki. :)

Gimana fasilitas yang ada di restoran sunda Bumi Aki Bogor? Keren dan bagus banget kan pastinya. :)

Lokasi sudah dibahas, menu makanannya juga sudah, begitu juga dengan fasilitas yang ada di restoran sunda ini. Sekarang, saya ingin menceritakan pengalaman pribadi mengenai bagaimana pelayanan di restoran sunda Bumi Aki. So, how the way they treat us as their customer?

“Building a business is all about building relationship”Anonymous

Mana yang kamu pilih: restoran sunda yang karyawannya melayanimu dengan senyuman yang bersahabat, sapaan ramah dan sopan saat membawakan pesanan makananmu, atau restoran sunda yang karyawannya selalu cemberut, tanpa senyum, dan kaku layaknya robot saat melayani pesananmu?

Saya tidak tahu apa jawabanmu, namun jikalau saya harus memilih, saya akan memilih restoran sunda yang pertama. Oh well, saya lebih senang datang ke tempat makan yang bisa melayani pengunjungnya dengan senyuman hangat dan sapaan ramah, rasanya saya betah berlama-lama menghabiskan waktu luang saya di restoran seperti ini. Dan saya menemukan pelayanan pelanggan yang baik di restoran sunda Bumi Aki Bogor.


Dan sepertinya, saya akan kembali berkunjung di tempat ini lagi untuk makan bersama orang terdekat di bulan april, tepatnya sama si dhee, my best friend. Dia ngambek gara-gara saya main ke Bumi Aki duluan di bulan maret, ya, abisnya, dia main rubah jadwal dadakan, yaudah, saya main duluan aja ke Bumi Aki, lah toh, kalaupun si dhee pengen makan-makan ke Bumi Aki, ya, saya hanya tinggal mengajaknya, ditambah saya enggak harus mapping lagi dengan google map karena memang sudah pernah ke restoran sunda ini di bulan maret. Dugaan saya rupanya benar, dia mau nyobain makan makanan khas sunda di Bumi Aki, rencananya di hari biasa (weekday), bulan april.

Melihat-lihat menu makanan dan minuman di Bumi Aki
Dokumentasi Pribadi

Let's get back to our main point, yuk balik lagi bahas pelayanan pelanggan di Bumi Aki. Ketika saya dan alvin ke tempat ini untuk pertama kalinya, kami langsung disambut oleh karyawan restoran Bumi Aki, mereka menawarkan tempat pada kami dengan senyuman dan sapaan ramah, ada dua tempat yang ia tawarkan pada kami, pertama, tempat duduk lesehan, kedua, tempat duduk kursi. Dan, kami memilih tempat duduk kursi.

Bagian yang paling tidak bisa saya lupakan dari restoran sunda ini adalah pelayanan dari karyawannya, jadi ceritanya, saya dan adik kelas saya ini, alvin, baru selesai makan, dan saya pergi ke kasir untuk membayar makanan yang sudah kami makan, saya membayar sejumlah uang sesuai dengan nota, sampai sini, belum ada hal aneh yang terjadi, sampai saya kembali ke meja makan saya, ada seorang karyawan yang mendekati saya, dia karyawan kasir yang barusan saya temui saat membayar makanan.

Pegawai Kasir Bumi Aki: "Mas, uangnya jatuh ya?"

Saya: "(Saya langsung memeriksa saku di celana saya, saya memang sering menyimpan uang di saku celana dibandingkan di dompet), mm... tadi kembaliannya Rp.31.000, ada, lengkap. (Saya pun bertanya berapa nominal uang yang ditemukan jatuh di depan meja kasir itu) berapa total uang yang jatuh itu mbak?"

Pegawai Kasir: Rp.100.000 mas.

Saya: "(begitu pegawai kasirnya menyebut nominalnya, saya baru ingat dan menyadari kalau sebelum berangkat ke bumi aki saya baru mengambil uang di atm, totalnya Rp.100.000, dan uang itu jatuh setelah saya membayar makanan saya di kasir tadi) Oh iya, itu uang saya mbak, tadi jatuh rupanya, makasih ya mbak udah nganterin uangnya lagi ke saya."

Pegawai Kasir: "(Pegawai kasir itu pun memberikan uang itu pada saya) Iya, sama-sama mas."


Oh well, saya memang punya kebiasaan kalau sedang lelah pasti suka lupa ini itu dan ceroboh termasuk menjatuhkan uang di depan kasir begitu selesai membayar dan tidak sadar kalau uang saya itu jatuh ke lantai. Momen ini masih saya ingat sampai saat ini, sampai tulisan ini saya tulis di blog ini, well, pelayanan dari pegawai restoran ini benar-benar bagus, saya senang sekali, terlebih perlakuan pegawai kasirnya terhadap pelanggan restorannya seperti saya, I have to say; Big Thanks. :)

Testimoni Mengenai Restoran Sunda Bumi Aki
Bumi Aki
Setelah membahas pelayanan pelanggan Bumi Aki yang bagus dan memuaskan. Saya ingin memberikan data mengenai bagaimana pendapat orang-orang yang sudah pernah makan di restoran sunda yang satu ini. Penasaran bagaimana tanggapan orang-orang mengenai Bumi Aki? Kamu bisa mengetahuinya dengan cara melihat infografis berikut ini:

Testimoni Mengenai Restoran Sunda Bumi Aki
Credit: Indra Bekti, Michela Angelina, Evrina, Hamidah Mantiri

Rata-rata pengunjung restoran sunda Bumi Aki mulai dari Indra Bekti, Michela, Evrina, dan Hamidah memberikan tanggapan positif terhadap rumah makan yang satu ini, mereka merasa senang dan puas selama berwisata kuliner di restoran sunda Bumi Aki. Well, orang-orang sudah banyak yang main dan makan kesini, kamu kapan main ke Bumi Aki? Hehe :)

Popularitas Restoran Sunda Bumi Aki di Internet
Bumi Aki & Freepik
Di era digital seperti sekarang ini, bisnis kuliner sudah tidak bisa lagi hanya mengandalkan pemasaran offline semata, bisnis kuliner juga harus melakukan digital marketing yang mengandalkan berbagai macam platform sosial media seperti facebook, twitter, dan instagram.

Popularitas Restoran Sunda Bumi Aki di Internet - Sosial Media Facebook, Twitter, dan Instagram

Melihat fakta ini, sepertinya Bumi Aki sudah melakukan digital marketing yang cukup baik, buktinya, Bumi Aki memiliki banyak follower di dua dari tiga platform sosial media miliknya semacam facebook dan instagram. Sedangkan untuk platform sosial media twitter harus ditingkatkan lagi publikasinya supaya bisa menggaet banyak follower.


Setelah membahas banyak hal mengenai restoran sunda Bumi Aki, mulai dari lokasi cabang Bumi Aki yang di Bogor, menu-menu makanan dan minumannya, fasilitasnya, pelayanannya, testimoni, dan segmentasi follower di platform sosial media Bumi Aki, kini saatnya saya membagikan cerita menarik mengenai pengalaman kuliner saya di restoran sunda yang satu ini: Bumi Aki.

Setelah membaca menu yang isinya banyak pilihan menu makanan enak dan minuman yang menyegarkan, saya memilih untuk makan sate kambing dan nasi putih, karena memang disini menu sate kambing cukup terkenal dan diminati oleh pengunjung, alasan lain memilih menu sate kambing itu karena saya suka banget sama yang namanya sate, termasuk sate kambing. :)

Sedangkan teman saya, alvin, karena dia hobi banget makan nasi goreng, dia memesan menu itu, mengingat menu nasi goreng biasa, nasi goreng pete, dan nasi goreng kambing sudah sering ia makan, alvin punya dua pilihan. Pertama, memesan nasi goreng ikan asin. Kedua, memesan nasi goreng kampung khas Bumi Aki. Dan pada akhirnya dia memilih pilihan yang kedua: nasi goreng kampung khas Bumi Aki.

Untuk minumnya, selain mendapatkan teh hangat gratis diawal kedatangan kami, kami memesan minuman bersoda seperti sprite dan fanta. Now, it's time for eat the food and drink, selamat makan. :)

Sate Kambing dan Nasi Goreng Kampung Khas Bumi Aki
Dokumentasi Pribadi
Sate Kambing dan Nasi Goreng Kampung Khas Bumi Aki
Dokumentasi Pribadi
Sate Kambing dan Nasi Goreng Kampung Khas Bumi Aki
Dokumentasi Pribadi
Sate Kambing dan Nasi Goreng Kampung Khas Bumi Aki
Dokumentasi Pribadi
Sate Kambing dan Nasi Goreng Kampung Khas Bumi Aki
Dokumentasi Pribadi

So, how does it taste?

Penilaian pertama, sate kambing khas Bumi Aki. Ketika memakan sate kambing ini, rasanya berbeda dengan sate kambing yang seringkali saya makan di tempat lain, sate kambing disini rasanya lebih fresh, itu artinya dagingnya tidak diawetkan di es batu atau alat pendingin yang bisa mengurangi rasa dan tekstur dagingnya, selain itu, dagingnya terasa empuk, jadi mudah untuk dikunyah, coba deh tambahin bumbu kacang dan kecap manisnya, berasa banget enaknya pas di mulut, trust me, it tastes good. :)

Penilaian kedua, nasi goreng kampung khas Bumi Aki. Menurut alvin, karena ini pertama kalinya ia mencoba menu nasi goreng kampung, ia penasaran dengan rasanya, ditambah lagi, kalau nasi goreng kampung itu enggak diberi kecap melainkan garam dan bumbu rempah lainnya, dan jangan lupa, topping bawang goreng renyah yang enak buat di cemilin. So far, menurutnya, nasi gorengnya enak, penambahan bumbunya pas sehingga rasa asinnya gurih gitu, saking enaknya, itu nasi goreng habis dilahap sama si alvin seketika, oh well, ini anak kalo udah nemu makanan enak langsung dihabisin dalam waktu singkat, yeah, that's his habit.

Ngeblog di Bumi Aki
Dokumentasi Pribadi

Kamu masih ingat kan dengan fasilitas wi-fi internet di restoran sunda ini yang saya kenalkan di pembahasan sebelumnya? Nah, jadi ceritanya, seusai makan dan minum minuman soda such as sprite and fanta. Saya memutuskan untuk menulis artikel baru di blog, why I do so? Alasannya mudah saja, ada pembaca yang request, pembaca ini teman kuliah saya juga, ia punya murid yang kebetulan akan mengikuti lomba debat bahasa Inggris pertamanya, oleh karena itu saya menulis artikel mengenai 16 hal yang bisa kamu persiapkan untuk memenangkan lomba debat bahasa Inggris. Saya mulai menulis itu jam setengah 6 sore, kebiasaan saya saat menulis di blog itu harus ada minuman yang bisa menemani aktifitas ngeblog, saya pun memesan es kopi dan coca cola, karena saya keasikan, saya baru sadar begitu selesai menulis artikel itu, udah jam 9.55, oh well, wi-finya cepet banget sih, makanya lupa waktu pas lagi asyik nulis di Bumi Aki. Hehe :)

Diskon 5% di Bumi Aki
Dokumentasi Pribadi


Mengingat waktunya sudah malam, saya memutuskan untuk membayar makanan yang sudah saya makan dan bersiap untuk pulang. But before that, sebelum itu, ada hal penting yang ingin saya beritahu padamu, apa itu? Diskon! Iya, jadi itu, kalau kamu foto sambil makan di Bumi Aki dan diupload ke akun instagram pribadimu, kamu bakalan potongan harga sebesar 5%, lumayanlah. Selain makanannya enak, ada diskonnya lagi, coba itu, kurang keren apalagi ini tempat makan. Hehe :)

My Instagram Update Post in Bumi Aki
Dokumentasi Pribadi
Sebagai penutup artikel ini, saya ingin memberikan pendapat saya terkait tempat kuliner ini. Menurut saya, restoran sunda Bumi Aki ini cocok banget buat dijadiin restoran keluarga dimana kamu dan keluarga besarmu bisa mengadakan event kumpul bareng setahun sekali atau hari-hari spesial keluarga besarmu. Selain itu, Bumi Aki juga bagus untuk dijadikan tempat kumpul bareng temen dan orang-orang terdekatmu. Fasilitas restoran sunda Bumi Aki ini terbilang lengkap, ada wifi, tempat ibadah, pilihan tempat duduk untuk makannya ada dua versi, lesehan dan kursi, dilengkapi dengan taman dan tempat bermain anak serta ada live music dan juga parkirannya luas. Dan bagian terpentingnya, pelayanannya sangat bagus. Ini cerita saya di Bumi Aki, bagaimana ceritamu? Belum pernah ke Bumi Aki? Datang saja kunjungi cabang Bumi Aki terdekat.

Lokasi 5 Cabang Bumi Aki
Pendapat saya mengenai Bumi Aki Bogor

10 komentar

avatar

Wah, pelayanan pegawai bumi aki keren banget ya bro. Baik banget sampe pas uang lu jatoh dibalikin. Boleh nih tempat gue masukin list kunjungan kuliner gue selanjutnya.

avatar

Wuih keren nih tempat kaya.y, ada wifinya lagi. Lumayan, abis makan bisa nulis postingan baru di blog gw.

Harga.y juga terjangkau, keren deh review lu bos.

avatar

Makasih yah bang udah diajak maen ke bumi aki kemaren. Enak makanannya sama tempatnya bagus.

avatar

Weh, makanan sunda gini paling enak kalo pake sambel. Kuy lah nanti ke bumi aki. Thanks reviewnya ya, berkat review dari blog ini gue jadi tau bumi aki. Hehe

avatar

Yes, ada seafood nih, boleh ah nyobain menu udang sama cumi goreng tepungnya. Wuenak kayanya. hehe ;)

avatar

Waaa gila pembahasanya super duper lengkap.
sampe ga semua tulisanya aku baca, sory ya :(
Tapi lihat makananya ena-ena semua. Kecuali kambing karna aku ga suka kambing muehe.
Mungkin aku harus ke Padjajaram juga nih buat cobain makan di Bumiaki :)

avatar

Menu aneka minumannya enak dan seger kaya nya ya. :)

avatar

Sebanding ya sama harganyaa... Tempatnya kayaknya emang nyaman banget, apalagi kalo ada Wifi, blogger betah hahaha.. kalau sunda biasanya ada lalapannya tuh, enak :D.

avatar

Bakalan suka nih sama tempat makannya, soalnya ada diskonnya, fasilitasnya juga banyak, ada wifi dan live music, sama enak deh kalo makannya di lesehan gtu. :D

avatar

Mau dong makan dibumi aki. :D

Click to comment