Kini, Whatsapp Terasa Tak Begitu Menyenangkan Untuk Menghabiskan Waktu Berkualitasku Dengan Orang-orang Yang Kukenal

Kini, Whatsapp Terasa Tak Begitu Menyenangkan Untuk Menghabiskan Waktu Berkualitasku Dengan Orang-orang Yang Kukenal
Pinterest

Saya sudah lama menjadi pengguna platform sosial media whatsapp sedari tahun 2014, kala itu, saya menikmati momen-momen menyenangkan menjadi penggunanya. Kamu pastinya tahu kan, di whatsapp itu ada fitur mengenai status online seseorang, apakah orang yang kamu kenal sedang online saat ini juga atau kalaupun offline, pastinya ada informasi mengenai log terakhir waktu kapan temanmu online. Oh well, fitur ini sangat, sangat, sangat membantu saya.

Fitur lainnya, whatsapp memberitahumu pesanmu sudah terkirim dengan tanda cek list ganda, dan kalau pesanmu sudah dibaca oleh temanmu, cek list gandanya akan berubah warna dari abu-abu menjadi biru. Semua kemudahan ini membuat saya nyaman menggunakan whatsapp, namun semuanya berubah ketika tiap pengguna diberi akses untuk mengatur privasi akunnya masing-masing.

Oh well, berkat fitur hebat ini saya kehilangan semua kemudahan yang saya peroleh sebelumnya. Saya tidak tahu apakah orang yang sedang saya ajak chat sedang online atau tidak, notifikasi onlinenya aja enggak ada, mana saya tahu kalau dia sedang aktif sekarang, oleh karenanya saya tidak berkeinginan dan tidak mau mengirim chat ke orang yang tidak mau diajak ngobrol, lah toh dia sendiri yang mengatur akunnya supaya tidak bisa dilihat orang lain apakah dia sedang online atau tidak, saya tidak tahu dia online atau enggak, buat apa saya harus chat dia.

Fitur menjengkelkan lainnya adalah kamu enggak bisa tahu apakah pesanmu sudah dibaca atau belum karena melalui fitur privasi, orang-orang bisa menghilangkan tanda warna biru yang sering digunakan whatsapp untuk memberi tahu penggunanya, fitur ini memungkinkan kita untuk tahu apakah pesan yang kita kirim sudah dibaca oleh orang lain atau belum. Oh well, saya tidak tahu pesan saya sudah dibaca atau belum, jelas-jelas warnya tidak berubah menjadi biru, maka dari itu saya tidak mau berurusan dengan orang yang tidak mau diajak ngobrol dengan saya, as simple as that.

Kalau fitur sebelumnya masih agak baik dan bisa diterima, seperti kamu masih bisa tahu pesanmu sudah terkirim atau belum. Karena memang kamu masih bisa melihat notifikasi cek list ganda. Kenapa segala hal yang jelas-jelas tampak bisa dipermudah seperti semudah mengetahui temanmu sedang online, mengajaknya chat, mengetahui chatmu sudah terkirim dan dibaca olehnya malah dipersulit!

Ditambah lagi, kamu enggak bisa mengecek kapan pesanmu terkirim dan dibaca melalui fitur info pesan, kenapa enggak bisa? Karena orang lain bisa mengaturnya supaya kamu hanya bisa melihat tanda baca strip (-) di kolom diterima dan dibaca! Semua fitur yang memudahkan di whatsapp seperti hilang sekarang, I have to say sorry that, kini, media sosial yang sering saya gunakan ini tak lagi terasa menyenangkan lagi, orang-orang merasa tidak membutuhkan orang lain dan mengatur akunnya ke mode privasi dengan alasan pembenaran mereka masing-masing tanpa memikirkan dampaknya pada orang lain yang ingin menjalin silaturahmi. Oh well, saya tidak mau berurusan dengan seseorang yang akun whatsappnya diprivasi, bukannya saya tidak menyukai orangnya, namun, dia sendiri yang mencoba memberi batas jarak dengan cara merubah akunnya menjadi seperti akun sosial media mati yang tak bertuan.

Andai, segala hal yang sulit bisa dipermudah, mungkin kita bisa menjalani hidup yang baik dan menyenangkan. :)

1 komentar:

avatar

Lho, saya baru tau ada fitur yang bisa ngilangin tanda biru. Tapi jangan nyerah sampe di situ, Mas. Masih ada Line, Facebook, Twitter, Instagram buat menghubungi orang itu. \o/

Click to comment